Ciri Khusus Lalat dan Fungsinya- Lalat adalah jenis serangga dari ordo Diptera (berasal dari bahasa Yunani di berati dua dan ptera berarti sayap). Perbedaan yang paling jelas antara lalat dan ordo serangga lainnya adalah lalat memiliki sepasang sayap terbang dan sepasang halter, yang berasal dari sayap belakang, pada metatoraks (kecuali beberapa spesies lalat yang tidak dapat terbang). Satu-satunya ordo serangga lain yang memiliki dua sayap yang benar-benar berfungsi dan memiliki halter adalah Strepsiptera. Tetapi, berbeda dengan lalat, halter Strepsitera berada di mesotoraks dan sayap di metatoraks.Ordo Diptera adalah ordo yang besar, diperkirakan mencakup 240.000 spesies nyamuk, ngengat, agas, dan lain-lain, meskipun hanya kurang dari setengahnya (sekitar 120.000 spesies) yang telah dideskripsikan. Tubuh lalat biasanya pendek dan ramping, telah beradaptasi dengan gerakan udara. Tagma pertama dari lalat, kepala, terdiri atas ocelli, antena, mata majemuk, dan bagian-bagian mulut (labrum, labium, mandibula, dan maksila). Tagma kedua, toraks, menahan sayap dan memiliki otot-otot terbang pada ruas kedua, yang bentuknya membesar. Ruas pertama dan ketiga bentuknya lebih kecil. Pada ruas ketiga toraks terdapat halter, yang membantu menyeimbangkan lalat selama terbang. Adaptasi lebih lanjut untuk terbang adalah pengurangan jumlah ganglion saraf dan konsentrasi jaringan saraf di toraks, suatu ciri yang paling berbeda pada infraordo Muscomorpha.Lalat memiliki kepala yang dapat begergerak dengan mata dan sebagian besar memiliki mata majemuk yang besar di sisi kiri dan kanan kepalanya, dengan tiga ocelli kecil di atasnya. Untuk pengendalian arah pandangan, wilayah jangkauan optik dianalisis oleh sekumpulan neuron yang sensitif terhadap gerakan.satu bagian dari neuron-neuron ini diduga digunakan untuk mengestimasi parameter-parameter gerakan sendiri, seperti mengoleng, berguling, dan berbelok.Neuron-neuron lainnya diduga digunakan untuk menganalisis materi penglihatan itu sendiri, seperti mengidentifikasi bentuk suatu figur di tanah dengan menggunakan paralaks gerak. Bentuk antena beragam, tapi seringnya pendek untuk mengurangi beban saat terbang.Tidak ada spesies lalat yang memiliki gigi atau atau organ lainnya yang memungkinkan mereka untuk memakan makanan padat. Lalat hanya mengonsumsi makanan cair atau butiran-butiran kecil, seperti serbuk sari, dan bagian-bagian mulut dan pencernaan mereka menunjukkan modifikasi yang bervariasi sesuai dengan jenis makanannya. Tabanidae betina menggunakan mandibula dan maksila seperti pisau use untuk membuat sayatan menyilang di kulit inang dan mengisap darahnya. Perut tabanidae termasuk divertikula besar, memungkinkan serangga tersebut menyimpan sejumlah kecil cairan setelah makan.Reproduksi dan perkembanganAlat kelamin lalat perempuan diputar sampai tingkat tertentu dari posisi yang ditemukan pada serangga lainnya. Dalam beberapa lalat, ini adalah rotasi sementara selama kawin, tetapi di lain, itu adalah torsi permanen organ yang terjadi selama tahap kepompong. Torsi ini dapat menyebabkan anus yang terletak di bawah alat kelamin, atau, dalam kasus 360 ° torsi, pada saluran sperma yang melilit usus, meskipun organ eksternal berada di posisi yang biasa mereka. Ketika lalat kawin, jantan awalnya terbang di atas perempuan, menghadap ke arah yang sama, tapi kemudian berbalik untuk menghadapi dalam arah yang berlawanan. Hal ini akan memaksa laki-laki untuk berbaring di punggungnya untuk alat kelaminnya tetap menempel di kelamin lalat betina, atau torsi dari alat kelamin laki-laki memungkinkan pasangan laki-laki untuk sementara tetap tegak. Hal ini menyebabkan lalat memiliki kemampuan reproduksi lebih dari sebagian besar serangga, dan pada tingkat yang jauh lebih cepat. Lalat terjadi pada populasi yang besar karena kemampuan mereka untuk kawin secara efektif dan dalam waktu singkat selama musim kawin.Betina meletakkan telur-telurnya dekat dengan sumber makanan (seperti pada buah yang hampir matang), memungkinkan larva mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin dalam waktu singkat sebelum berubah menjadi dewasa. Telur menetas segera setelah diletakkan, atau lalat yang ovoviviparous, dengan penetasan larva dalam tubuh induk.Larva lalat tidak memiliki kaki yang benar. Beberapa larva Dipteran, seperti spesies Simuliidae, Tabanidae, dan Vermileonidae, memiliki proleg disesuaikan dengan fungsi seperti berpegangan pada substrat dalam air yang mengalir, memegang jaringan inang, atau memegang mangsa Secara kasar., Ada beberapa perbedaan anatomi antara larva dari Nematocera dan Brachycera , terutama di Brachycera, ada demarkasi yang sedikit antara dada dan perut, meskipun demarkasi mungkin sangat terlihat di Nematocera banyak, seperti nyamuk , di Brachycera, kepala larva ini tidak jelas dibedakan dari bagian tubuh lainnya, dan ada sedikit, jika ada, sclerites. Secara informal, seperti Brachyceran larva disebut belatung, tetapi istilah ini sering digunakan nonteknis dan acuh tak acuh untuk terbang larva atau larva serangga pada umumnya. Mata dan antena larva Brachyceran yang berkurang atau tidak ada, dan perut juga tidak memiliki pelengkap seperti Cerci. Kurangnya fitur merupakan adaptasi terhadap makanan seperti bangkai, membusuk detritus, atau host jaringan sekitarnya endoparasit larva Nematoceran umumnya memiliki mata terlihat dan antena, meskipun biasanya kecil dan fungsi yang terbatas..Kepompong memiliki berbagai bentuk, dan dalam beberapa kasus berkembang di dalam kepompong sutra. Setelah muncul dari pupa, lalat dewasa jarang hidup lebih dari beberapa hari, dan berfungsi terutama untuk mereproduksi dan untuk membubarkan mencari sumber makanan baru.
Ordo Diptera adalah ordo yang besar, diperkirakan mencakup 240.000 spesies nyamuk, ngengat, agas, dan lain-lain, meskipun hanya kurang dari setengahnya (sekitar 120.000 spesies) yang telah dideskripsikan.
Tubuh lalat biasanya pendek dan ramping, telah beradaptasi dengan gerakan udara. Tagma pertama dari lalat, kepala, terdiri atas ocelli, antena, mata majemuk, dan bagian-bagian mulut (labrum, labium, mandibula, dan maksila). Tagma kedua, toraks, menahan sayap dan memiliki otot-otot terbang pada ruas kedua, yang bentuknya membesar. Ruas pertama dan ketiga bentuknya lebih kecil. Pada ruas ketiga toraks terdapat halter, yang membantu menyeimbangkan lalat selama terbang. Adaptasi lebih lanjut untuk terbang adalah pengurangan jumlah ganglion saraf dan konsentrasi jaringan saraf di toraks, suatu ciri yang paling berbeda pada infraordo Muscomorpha.
Lalat memiliki kepala yang dapat begergerak dengan mata dan sebagian besar memiliki mata majemuk yang besar di sisi kiri dan kanan kepalanya, dengan tiga ocelli kecil di atasnya. Untuk pengendalian arah pandangan, wilayah jangkauan optik dianalisis oleh sekumpulan neuron yang sensitif terhadap gerakan.satu bagian dari neuron-neuron ini diduga digunakan untuk mengestimasi parameter-parameter gerakan sendiri, seperti mengoleng, berguling, dan berbelok.Neuron-neuron lainnya diduga digunakan untuk menganalisis materi penglihatan itu sendiri, seperti mengidentifikasi bentuk suatu figur di tanah dengan menggunakan paralaks gerak. Bentuk antena beragam, tapi seringnya pendek untuk mengurangi beban saat terbang.
Tidak ada spesies lalat yang memiliki gigi atau atau organ lainnya yang memungkinkan mereka untuk memakan makanan padat. Lalat hanya mengonsumsi makanan cair atau butiran-butiran kecil, seperti serbuk sari, dan bagian-bagian mulut dan pencernaan mereka menunjukkan modifikasi yang bervariasi sesuai dengan jenis makanannya. Tabanidae betina menggunakan mandibula dan maksila seperti pisau use untuk membuat sayatan menyilang di kulit inang dan mengisap darahnya. Perut tabanidae termasuk divertikula besar, memungkinkan serangga tersebut menyimpan sejumlah kecil cairan setelah makan.
Baca Juga
- Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas IV (Empat) Kurikulum 2013_KI dan KD kurikulum 2013 ini berdasarkan lampiran ke-5 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Dasar Pelajaran pada K13 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Download KI dan KD IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 sesuai Isi Lampiran kelima Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.I. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermainB. Kompetensi Dasar 3.1. Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya3.3. Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar3.5. Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran3.7. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannyaII. Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaB. Kompetensi Dasar4.1. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.4.3. Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.4.4. Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.4.7. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.4.8. Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
- Arsip Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 4 SD/MI Semester 2 _Soal dan kunci jawaban UKK IPA kelas empat semester dua ini bisa digunakan oleh kelas 4 tahun pelajaran 2017/2018 sebagai bahan latihan soal-soal dalam persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas (UKK) tahun 2018. Soal UKK ini terdiri dari: tiga puluh lima soal bentuk pilihan ganda, sepuluh soal esay, dan 5 soal jawab singkat. Dokar via http://www.kompasiana.com/ Arsip Soal UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 I. Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan atau D!1. Tarikan atau dorongan yang mempengaruhi keadaan suatu benda disebut ....a. gayab. gerakc. usahad. tenaga2. Mobil mogok akan bergerak jika didorong. hal ini gaya mempengaruhi ....a. bentuk suatu bendab. benda bergerak makin lambatc. benda diam menjadi bergerakd. benda bergerak makin cepat3. Semakin kuat bola ditendang, maka gerakan bola ....a. semakin lambatb. semakin cepatc. tidak terarahd. tidak berubah4. Alat yang digunakan untuk mengukur gaya disebut ....a. stetoskopb. hidrometerc. thermometerd. dinamometer5. Contoh kegiatan yang menunjukkkan bahwa gaya mempengaruhi bentuk benda .....a. bermain plastisinb. bermain kelerengc. bermain mobil-mobiland. bermain lompat tali6. Laju sepeda yang direm kecepatannya menjadi berkurang karena pengaruh ....a. gaya dorongb. gaya gravitasic. gaya tarikd. gaya gesek7. Sumber energi utama bagi bumi adalah ....a. panasb. anginc. mataharid. air8. Tubuh manusia memperoleh energi dari ....a. makananb. minumanc. minerald. vitamin9. Bara api, solder, dan setrika menghasilkan energi ....a. kimiab. gerakc. listrikd. panas10. Setiap benda yang mengeluarkan bunyi disebut ....a. energi bunyib. sumber bunyic. alat bunyid. asal bunyi11. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ....a. bergetarb. bergerakc. berpindahd. diam12. Banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik disebut ....a. amplitudob. peredam bunyic. resonansid. frekuensi13. Hewan yang dapat mendengar bunyi infrasonik adalah ....a. lumba-lumbab. kupu-kupuc. jangkrikd. kelelawar14. Bunyi yang getarannya lebih dari 20.000 getaran per detik disebut .....a. infrasonikb. ultrasonikc. audiosonikd. supersonik15. Kita dapat mendengar suara lonceng dari dalam kelas, karena bunyi merambat melalui ....a. jendelab. udarac. gentingd. lantai16. Bahan yang digunakan sebagai peredam bunyi adalah ....a. busab. besic. kacad. alumunium17. Energi yang ketersediannya di alam tidak terbatas jumlahnya disebut energi ....a. alamib. kimiac. listrikd. alternatif18. Negara yang terkenal menggunakan kincir angin sebagai energi alternatif adalah ....a. Amerikab. Belandac. Jermand. Inggris19. Contoh pemanfaatan energi alternatif adalah ....a. menggunakan alat pemanas air energi mataharib. menggunakan solar untuk bahan bakar mobilc. mengeringkan ikan asin dengan ovend. memasak dengan kompor minyak tanah20. Berikut yang merupakan kelebihan energi alternatif adalah .....a. memerlukan biaya mahalb. jumlahnya sangat terbatasc. tidak menimbulkan polusid. jumlahnya akan habis21. Layang-layang dapat terbang lama di udara karena ....a. panas mataharib. tekanan udarac. cahaya mataharid. gaya gravitasi22. Prinsip kerja alat musik biola adalah peubahan ....a. energi gerak menjadi energi bunyib. energi bunyi menjadi energi gerakc. energi gerak menjadi energi gerakd. energi bunyi menjadi energi bunyi23. Alat musik yang memanfaatkan getaran dawai adalah ....a. pianob. genderangc. gitard. flute24. Alat musik yang membunyikannya dengan cara ditiup adalah ....a. harmonika, saksofon, dan biolab. saksofon, biola, dan serulingc. seruling, terompet, dan biolad. seruling, terompet, dan harmonika25. Berikut ini yang merupakan kenampakan daratan adalah ....a. dataran tinggi, dataran rendah, dan lautb. dataran tinggi, dataran rendah, dan pantaic. dataran rendah, danau, dan lautd. dataran rendah, danau, dan sungai26. Perubahan siang dan malam disebabkan oleh ....a. gerakan mataharib. gerakan bintangc. perputaran bumid. perputaran bulan27. Bintang yang suhunya paling rendah berwarna ....a. merahb. putihc. birud. kuning28. Bintang tidak dapat kita lihat pada waktu siang hari adalah .... a. cahaya bintang padamb. cahaya bintang tertutup awanc. cahaya bintang lebih terang dibanding cahaya mataharid. cahaya bintang kalah terang dibanding cahaya matahari29.Bulan purnama terjadi ... kali pada satu bulan.a. satub. duac. tigad. empat30. Faktor yang menyebabkan perubahan lingkungan fisik adalah ....a. cahayab. awanc. angind. mendung31. Air hujan yang mengalir deras di permukaan tanah akan menghanyutkan ....a. pasirb. kerikilc. humusd. debu32. Pengikisan tanah yang disebabkan oleh angin disebut ....a. erosib. deflasic. abrasid. reboisasi33. Usaha yang dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi adalah ....a. membuat wadukb. membuat tambak udangc. melestarikan terumbu karangd. menanami tumbuhan bakau di tepi pantai34. Di bawah ini yang termasuk sumber daya alam non hayati adalah ....a. udara, air, tanah, dan tumbuhanb. udara, air, tanah, dan besic. udara, air, tanah, dan hewand. udara, tanah, air, dan rotan35. Penggunaan mesin modern di bidang pertanian bertujuan untuk ....a. menambah tenaga kerjab. meningkatkan biayac. meningkatkan hasild. menambah lapangan kerjaII. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!36. Botol minuman yang penyok karena ditekan adalah sebagai contoh bahwa sifat gaya dapat ....37. Nama lain energi panas adalah ....38. Makin dekat dengan sumber bunyi, maka bunyi yang terdengar semakin ....39. Bunyi pantul yang terdengar jelas setelah bunyi asli disebut ....40. Baling-baling dapat digerakkan menggunakan energi ....41. Dram adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ....42. Bentuk bulan akan terlihat penuh pada fase ....43. Nelayan berangkat ke laut dengan memanfaatkan angin ....44. Untuk mencegah erosi, tanah yang miring sebaiknya dibuat ....45. Salah satu contoh hasil laut yang berupa tumbuhan adalah ....III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!46. Sebutkan 3 contoh peristiwa bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda!47. Sebutkan 3 manfaat panas matahari yang digunakan secara langsung oleh manusia!48. Sebutkan 3 fase bulan!49. Sebutkan 3 faktor penyebab perubahan lingkungan fisik!50. Sebutkan 3 sumber daya alam laut yang berupa hewan!Adapun untuk melihat kunci jawaban, silakan cek di Kunci Jawaban UKK IPA Kelas 4 Semester 2.Demikian tentang Arsip Soal dan Kunci Jawaban UAS/UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 . Semoga bermanfaat.Cek juga: Soal Latihan UKK IPA SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 Semester 2 Tahun 2018
- Latihan Soal PTS SMP Semester 1 Lengkap!
Alat kelamin lalat perempuan diputar sampai tingkat tertentu dari posisi yang ditemukan pada serangga lainnya. Dalam beberapa lalat, ini adalah rotasi sementara selama kawin, tetapi di lain, itu adalah torsi permanen organ yang terjadi selama tahap kepompong. Torsi ini dapat menyebabkan anus yang terletak di bawah alat kelamin, atau, dalam kasus 360 ° torsi, pada saluran sperma yang melilit usus, meskipun organ eksternal berada di posisi yang biasa mereka. Ketika lalat kawin, jantan awalnya terbang di atas perempuan, menghadap ke arah yang sama, tapi kemudian berbalik untuk menghadapi dalam arah yang berlawanan. Hal ini akan memaksa laki-laki untuk berbaring di punggungnya untuk alat kelaminnya tetap menempel di kelamin lalat betina, atau torsi dari alat kelamin laki-laki memungkinkan pasangan laki-laki untuk sementara tetap tegak. Hal ini menyebabkan lalat memiliki kemampuan reproduksi lebih dari sebagian besar serangga, dan pada tingkat yang jauh lebih cepat. Lalat terjadi pada populasi yang besar karena kemampuan mereka untuk kawin secara efektif dan dalam waktu singkat selama musim kawin.
Betina meletakkan telur-telurnya dekat dengan sumber makanan (seperti pada buah yang hampir matang), memungkinkan larva mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin dalam waktu singkat sebelum berubah menjadi dewasa. Telur menetas segera setelah diletakkan, atau lalat yang ovoviviparous, dengan penetasan larva dalam tubuh induk.
Larva lalat tidak memiliki kaki yang benar. Beberapa larva Dipteran, seperti spesies Simuliidae, Tabanidae, dan Vermileonidae, memiliki proleg disesuaikan dengan fungsi seperti berpegangan pada substrat dalam air yang mengalir, memegang jaringan inang, atau memegang mangsa Secara kasar., Ada beberapa perbedaan anatomi antara larva dari Nematocera dan Brachycera , terutama di Brachycera, ada demarkasi yang sedikit antara dada dan perut, meskipun demarkasi mungkin sangat terlihat di Nematocera banyak, seperti nyamuk , di Brachycera, kepala larva ini tidak jelas dibedakan dari bagian tubuh lainnya, dan ada sedikit, jika ada, sclerites. Secara informal, seperti Brachyceran larva disebut belatung, tetapi istilah ini sering digunakan nonteknis dan acuh tak acuh untuk terbang larva atau larva serangga pada umumnya. Mata dan antena larva Brachyceran yang berkurang atau tidak ada, dan perut juga tidak memiliki pelengkap seperti Cerci. Kurangnya fitur merupakan adaptasi terhadap makanan seperti bangkai, membusuk detritus, atau host jaringan sekitarnya endoparasit larva Nematoceran umumnya memiliki mata terlihat dan antena, meskipun biasanya kecil dan fungsi yang terbatas..
Kepompong memiliki berbagai bentuk, dan dalam beberapa kasus berkembang di dalam kepompong sutra. Setelah muncul dari pupa, lalat dewasa jarang hidup lebih dari beberapa hari, dan berfungsi terutama untuk mereproduksi dan untuk membubarkan mencari sumber makanan baru.