Media Pembelajaran Matematika_Dalam suatu proses belajar mengajar, kita ketahui ada dua unsur penting yakni metode mengajar dan media pembelajaran. Berbicara soal media pembelajaran, fungsi dari media pembelajaran itu sendiri adalah sebagai alat bantu di dalam mengajar agar siswa lebih memahami apa yang disampaikan oleh gurunya.Nah, pembahasan kita kali ini adalah mengenai media pembelajaran matematika yang meliputi syarat-syarat media pembelajaran, definisi, fungsi dan manfaat media pembelajaran matematika serta jenis-jenis media pembelajaran matematika. Langsung saja bertikut ini ulasan selengkapnya.A. Syarat-Syarat Media PembelajaranAdapun beberapa syarat media pembelajaran adalah sebagai berikut:1. Mampu memudahkan siswa untuk memahami konsep atau materi2. Bisa menjelaskan aturan serta cara pemakaiannya agar fungsi dari media pembelajaran bisa dicapai3. Bisa memperagakan konsep yang awalnya abstrak menjadi konkritB. Definisi Media Pembelajaran MatematikaMedia pembelajaran matematika yaitu alat-alat yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar mata pelajaran matematika supaya siswa bisa lebih paham mengenai materi yang sedang dipelajari.C. Fungsi Media Pembelajaran MatematikaAdapun fungsi dari media pembelajaran matematika adalah sebagai berikut:1. Konsep-konsep matematika yang awalnya abstrak bisa disajikan dalam bentuk yang konkrit2. Bisa membantu siswa agar lebih memahami hubungan antara benda-benda di alam sekitarnya dengan konsep matematika yang abstrak3. Bisa menjadi motivasi bagi siswa dalam proses belajar mengajarNah, dari ketiga fungsi media pembelajaran matematika di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa fungsi utama dari media pembelajaran matematika adalah untuk menurunkan keabstrakan suatu konsep, sehingga siswa bisa menangkap maksud yang sebenarnya dari konsep tersebut.D. Jenis-jenis Media Pembelajaran MatematikaMedia pembelajaran matematika bisa disajikan dalam bentuk informatif serta matematik.1. Media Pembelajaran Matematika InformatifMedia pembelajaran matematika yang informatif meliputi dua hal, yaknia. Diagram data yang disajikan hanya pada saat materi memang perlu menyajikan diagram seperti statistik.b. Peta konsep yang merupakan gambar untuk menunjukkan hubungan konsep-konsep tentang suatu topik dalam ilmu matematika.Penyusunan peta konsep tidak bisa dilakukan dengan serta merta, melainkan ada cara-caranya, antara lain sebagai berikut:Menentukan topik yang hendak dibahasMembuat daftar konsep dan menyesuaikannya dengan topik yang telah ditentukanMenyusun semua konsep tadi menjadi sebuah baganMenghubungkan semua konsep dengan kata-kata atau kalimat supaya semua konsep bisa terbentuk menjadi suatu proposisiMelakukan evaluasi sehubungan dengan semua konsep yang telah dibuat2. Media Pembelajaran Matematika MatematikSedangkan media pembelajaran matematika yang matematik antara lain:a. Lembar Kerja Siswa atau LKS yakni lembar kerja yang isinya adalah informasi serta perintah dari guru kepada siswa agar siswa mengerjakan soal, kerja, praktek ataupun yang lainnya sebagai bentuk penerapan dari hasil belajar yang telah dilakukan.b. Geometrik yang hanya digunakan pada materi tertentu seperti bangun-bangun ruangc. Konstruksi konsep yang banyak dimanfaatkan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep atau kalimat yang terlalu panjang pada soal yang diberikand. Algoritma yang merupakan kumpulan perintah yang menentukan cara-cara tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah atau mengerjakan suatu tugas.Nah, itulah pembahasan kami mengenai media pembelajaran matematika mulai dari syarat-syarat media pembelajaran, definisi media pembelajaran matematika, fungsi media pembelajaran matematika dan jenis-jenis media pembelajaran matematika.
Nah, pembahasan kita kali ini adalah mengenai media pembelajaran matematika yang meliputi syarat-syarat media pembelajaran, definisi, fungsi dan manfaat media pembelajaran matematika serta jenis-jenis media pembelajaran matematika. Langsung saja bertikut ini ulasan selengkapnya.
A. Syarat-Syarat Media Pembelajaran
Adapun beberapa syarat media pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Mampu memudahkan siswa untuk memahami konsep atau materi
2. Bisa menjelaskan aturan serta cara pemakaiannya agar fungsi dari media pembelajaran bisa dicapai
3. Bisa memperagakan konsep yang awalnya abstrak menjadi konkrit
B. Definisi Media Pembelajaran Matematika
Media pembelajaran matematika yaitu alat-alat yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar mata pelajaran matematika supaya siswa bisa lebih paham mengenai materi yang sedang dipelajari.
C. Fungsi Media Pembelajaran Matematika
Adapun fungsi dari media pembelajaran matematika adalah sebagai berikut:
1. Konsep-konsep matematika yang awalnya abstrak bisa disajikan dalam bentuk yang konkrit
2. Bisa membantu siswa agar lebih memahami hubungan antara benda-benda di alam sekitarnya dengan konsep matematika yang abstrak
3. Bisa menjadi motivasi bagi siswa dalam proses belajar mengajar
Nah, dari ketiga fungsi media pembelajaran matematika di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa fungsi utama dari media pembelajaran matematika adalah untuk menurunkan keabstrakan suatu konsep, sehingga siswa bisa menangkap maksud yang sebenarnya dari konsep tersebut.
D. Jenis-jenis Media Pembelajaran Matematika
Baca Juga
- Manfaat Facebook bagi Dunia Pendidikan_Fb merupakan jejaring sosial yang populer di dunia yang sudah terbukti bermanfaat di dunia pendidikan. Berdasarkan ranking situs web versi Alexa Traffic Rank, saat ini ( April 2017 ) situs Facebook menempati ranking ke-3 setelah situs Youtube.com (di posisi ke-2) dan Google.com (di urutan nomor 1). Dengan adanya fitur-fitur fb yang bagus dan praktis seperti fitur status facebook publik, fitur kirim pesan pribadi, halaman fb, grup facebook, percakapan inbox grup fb, dan fitur lainnya, memudahkan para pengguna facebook ( dalam hal ini pengguna fb di dunia pendidikan ) untuk saling berbagi informasi pendidikan dan berinteraksi sosial secara online.Berbagai Manfaat Facebook bagi Dunia Pendidikan Adapun beberapa manfaat facebook di dunia pendidikan antara lain sebagai berikut:1. Berbagi ilmu dan informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), siswa, komite sekolah, dinas pendidikan dapat berbagi ilmu atau informasi melalui fb, baik informasi tersebut diposting di status berupa informasi langsung maupun dikemas dan dikirim dalam bentuk file. He he, terbukti saat ini banyak surat pemberitahuan yang dikirim via fb, walaupun demikian biasanya print out surat resmi/dinasnya menyusul.2. Memudahkan interaksi sosial multi arahPenggunaan facebook untuk keperluan berinteraksi sosial multi arah dapat dilakukan dengan membuat grup fb dan halaman fb.3. Sebagai sarana penunjang untuk meningkatkan prestasi belajar siswaFb dapat dimanfaatkan oleh guru dan murid sebagai pendukung keberhasilan pembelajaran. Misalnya dengan memanfaatkan grup facebook untuk diskusi kelompok belajar. Hal ini bisa meningkatkan semangat siswa dalam belajar.4. Mempromosikan sekolah kepada masyarakat.Facebook dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan sekolah kepada masyarakat, misalnya dengan cara membuat halaman facebook kemudian mengeposkan kabar tentang kegiatan-kegiatan sekolah dilengkapi dengan foto kegiatan.5. Mempererat hubungan kekeluargaan warga sekolah dengan alumni dan masyarakat Grup fb bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk mempererat hubungan kekeluargaan warga sekolah dengan alumni dan masyarakat, misalkan dengan membuat grup komunitas sekolah tertentu yang anggotanya warga sekolah, alumni, komite sekolah, wali siswa, dan masyarakat. Demikian beberapa Manfaat Facebook di Dunia Pendidikan. Tentunya masih banyak manfaat fb bagi dunia pendidikan yang belum tertulis pada halaman ini, jadi silakan Anda tambahkan manfaat lain fb untuk dunia pendidikan di kolom komentar.
- Tujuan, Manfaat/Kelebihan, dan Kelemahan Pembelajaran di Luar Kelas_Belajar di dalam kelas, terkadang membuat siswa merasa bosan dengan kondisi kelas yang ada. Mereka mudah merasa jenuh, sehingga kegiatan belajar mengajar pun menjadi kurang maksimal. Pembelajaran sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan di dalam kelas, melainkan juga luar kelas.Tujuan, Manfaat, dan Kelemahan Pembelajaran di Luar KelasA. Tujuan pembelajaran di luar kelasBeberapa tujuan yang bisa didapatkan dalam melakukan pembelajaran di luar kelas antara lain adalah sebagai berikut.1. Mampu membuat tiap individu mengembangkan kreativitas serta inisiatif secara personal mereka.2. Mampu mewujudkan potensi yang dimiliki oleh tiap individu agar jiwa, raga serta spirit dan semangatnya menjadi lebih optimal.3. Memberi kesempatan untuk peserta didik dalam merasakan secara langsung pada materi yang tengah disampaikan.4. Membuat peserta didik mampu mengembangkan keterampilan mereka serta ketertarikan siswa pada kegiatan di luar kelas.5. Membantu mengembangkan hubungan di antara guru dan murid lebih baik dengan beragam pengalaman yang bisa ditemukan di alam bebas.6. Memberi kesempatan serta pengalaman belajar secara langsung bagi para siswa.7. Mampu memanfaatkan sumber yang ada di lingkungan luar serta komunitas sekitar sebagai media pembelajaran.8. Menanamkan pada peserta didik jika dunia merupakan wahana belajar yang mengasikkan.B. Manfaat pembelajaran di luar kelasBerbeda dengan belajar di dalam kelas, belajar di luar kelas, ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat. Berikut beberapa diantaranya.1. Pikiran menjadi lebih jernih.2. Sistem pembelajaran terasa lebih menyenangkan .3. Sistem pembelajaran menjadi lebih real dengan objek yang bisa secara langsung dilihat di luar.4. Sistem pembelajaran menjadi lebih kreatif.5. Peserta didik mampu mengenal dunia nyata secara lebih luas.C. Kelemahan pembelajaran di luar kelasMeski memberi banyak kelebihan yang bisa didapatkan bagi guru ataupun murid, namun pembelajaran yang dilakukan di luar kelas, juga memiliki kelemahan.1. Peserta didik menjadi kurang fokus. Hal ini disebabkan oleh banyaknya objek liar yang bisa menarik perhatian mereka secara berlebih dibandingkan dengan objek di dalam kelas yang terbatas.2. Pengolaan siswa yang menjadi lebih sulit. Hal ini bisa terjadi karena fokus siswa yang menjadi terpecah. Berada di luar tentu membuat mereka bisa secara lebih bebas mengeksplore lingkungan luar sehingga perhatian pada guru akan terpecah.3. Waktu lebih banyak tersita. Jika didalam kelas, waktu pembelajaran bisa lebih terstruktur sementara di luar kelas, waktunya bisa bertambah menjadi lebih lama.4. Munculnya minat siswa yang semu. Kondisi ini bisa terjadi karena ada beberapa objek di luar yang membuat siswa lebih merasa tertarik dibandingkan dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru.5. Guru yang membimbing harus lebih lebih intensif kala mengajar. Saat peserta didik timbul keinginan terhadap objek lain, maka guru harus memberikan bimbingan yang lebih supaya siswa bisa kembali fokus ke pembelajaran.6. Pembelajaran akan terpecah saat ada siswa lain atau kelompok lain di lingkungan tempat belajar. Ketika proses pembelajaran dilakukan di luar, tekadang ada siswa lain atau mungkin kelompok lain yang berada di tempat yang sama. Hal ini membuat siswa terpecah kosentrasinya sehingga materi ajar yang disampaikan oleh guru tidak sepenuhnya diserap oleh peserta didik.Dengan banyaknya manfaat belajar di luar ruangan, ada baiknya jika para guru sesekali melakukan pembelajaran di luar ruangan. Hal ini berguna untuk menambah wawasan siswa sekaligus menghindarkan siswa dari rasa bosan belajar di dalam kelas. Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk bisa menguasai keadaan supaya siswa tidak terpengaruh dengan kondisi luar.
- Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli_Media merupakan kata jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin yang berarti antara yaitu segala sesuatu yang membawa informasi antara sumber informasi dan penerima (Smaldino, et al., 2005: 9). Pernyataan tersebut dapat diartikan bahwa segala sesuatu yang dapat menjembatani informasi antara sumber informasi dan penerima dapat dikatakan sebagai media.Pendapat lain mengatakan bahwa media diartikan sebagai alat fisik dari komunikasi antara lain buku, modul cetak, teks terprogram, komputer, slide/pita presentasi, film, pita video, dan sebagainya (Gagne Briggs, 1979: 175).Dengan kata lain, media merupakan benda fisik yang dapat menjadi penghubung komunikasi dari sumber informasi kepada orang lain yang melihat, membaca, atau menggunakannya. Benda tersebut dapat berbentuk cetak maupun noncetak.Newby, et al. (2006: 308) menyatakan bahwa pembelajaran merupakan pemilihan dan pengaturan informasi, kegiatan, metode, dan media untuk membantu siswa mencapai tujuan belajar yang telah direncanakan.Dalam pembelajaran terjadi pengaturan siswa untuk dapat belajar melalui kegiatan yang akan dilaksanakan, pemilihan metode dan media yang akan digunakan, serta adanya target pengetahuan atau kemampuan yang akan diperoleh setelah mengikuti serangkaian kegiatan. Semua hal tersebut dilakukan atau digunakan agar dapat membantu siswa untuk mencapai target berupa tujuan belajar yang telah direncanakan sebelum pembelajaran dilaksanakan.Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli1. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Briggs (1977)Briggs menyatakan bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi-materi pembelajaran seperti : buku, film, dan video2. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Smaldino (2005)Media yang digunakan untuk menyampaikan pesan guna mencapai suatu tujuan pembelajaran didefinisikan sebagai media pembelajaran (Smaldino, et al., 2005: 9). Dengan demikian, media pembelajaran adalah segala alat yang dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran.3. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Newby (2006)Newby mendefinisikan bahwa media pembelajaran sebagai saluran dari komunikasi yang membawa pesan dengan tujuan yang berkaitan den gan pembelajaran yang dapat berupa cara atau alat lain yang dengannya informasi dapat disampaikan atau dialami siswa.Pernyataan tersebut dapat diartikan bahwa media pembelajaran juga dapat berupa cara atau alat untuk berkomunikasi dengan siswa. Segala sesuatu yang digunakan sebagai penyampai pesan pembelajaran diidentifikasi sebagai media pembelajaran. Dengan kata lain, media pembelajaran membantu siswa dalam mendapat atau membangun informasi atau pengetahuan.4. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Sadiman (2008)Menurut Sadiman, media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan. Dalam hal ini adalah proses merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga proses belajar dapat terjalin.Dari beberapa pendapat tersebut, media dapat diartikan sebagai alat fisik komunikasi yang berfungsi menyampaikan informasi (pengetahuan) dari sumber ke penerima informasi. Adapun media pembelajaran merupakan alat atau perantara untuk memfasilitasi komunikasi dari sumber belajar ke siswa dan mendukung proses belajar guna mencapai tujuan belajar.
1. Media Pembelajaran Matematika Informatif
Media pembelajaran matematika yang informatif meliputi dua hal, yakni
a. Diagram data yang disajikan hanya pada saat materi memang perlu menyajikan diagram seperti statistik.
b. Peta konsep yang merupakan gambar untuk menunjukkan hubungan konsep-konsep tentang suatu topik dalam ilmu matematika.
Penyusunan peta konsep tidak bisa dilakukan dengan serta merta, melainkan ada cara-caranya, antara lain sebagai berikut:
- Menentukan topik yang hendak dibahas
- Membuat daftar konsep dan menyesuaikannya dengan topik yang telah ditentukan
- Menyusun semua konsep tadi menjadi sebuah bagan
- Menghubungkan semua konsep dengan kata-kata atau kalimat supaya semua konsep bisa terbentuk menjadi suatu proposisi
- Melakukan evaluasi sehubungan dengan semua konsep yang telah dibuat
Sedangkan media pembelajaran matematika yang matematik antara lain:
a. Lembar Kerja Siswa atau LKS yakni lembar kerja yang isinya adalah informasi serta perintah dari guru kepada siswa agar siswa mengerjakan soal, kerja, praktek ataupun yang lainnya sebagai bentuk penerapan dari hasil belajar yang telah dilakukan.
b. Geometrik yang hanya digunakan pada materi tertentu seperti bangun-bangun ruang
c. Konstruksi konsep yang banyak dimanfaatkan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep atau kalimat yang terlalu panjang pada soal yang diberikan
d. Algoritma yang merupakan kumpulan perintah yang menentukan cara-cara tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah atau mengerjakan suatu tugas.
Nah, itulah pembahasan kami mengenai media pembelajaran matematika mulai dari syarat-syarat media pembelajaran, definisi media pembelajaran matematika, fungsi media pembelajaran matematika dan jenis-jenis media pembelajaran matematika.