Sebelum era pandemi melanda, beberapa perusahaan belajar online telah lebih dulu eksis terutama di kalangan pelajar. Namun, dengan adanya pandemi ini belajar online seakan terasa lebih berpengaruh pada kehidupan. Siswa tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke tempat kursus atau bimbingan belajar, cukup dengan menggunakan hp atau laptop saja. Berikut ini merupakan daftar 5 situs belajar online terbaik di indonesia terbaru:5 Situs Belajar Online Terbaik di Indonesia yang Masih Ada Sampai Sekarang1. RuangguruSiapa yang tidak mengenal ruangguru? Salah satu situs belajar online terbaik di Indonesia ini sedang gencar-gencarnya dalam melakukan promosi. Ruangguru juga menggaet artis-artis muda ternama untuk menjadi brand ambassador ruangguru. Apalagi dikala pandemi seperti ini, kehadiran dari ruangguru semakin terasa. Ruangguru sendiri telah memiliki aplikasi yang telah bisa di unduh baik di playstore maupun app store.2. QuipperQuipper merupakan salah satu dari situs belajar online yang populer di Indonesia dan juga merupakan sebuah perusahaan milik anak bangsa. Jadi Quipper menghadirkan layanan belajar online yang memfasilitasi siswa dari SD sampai SMA. Sistem pembelajarannya pun cukup simple, karena siswa hanya perlu memilih materi apa yang akan dipelajari, kemudian akan muncul video mengenai materi yang dijelaskan oleh guru-guru profesional.3. ZeniusSalah satu pioneer di industri pembelajaran online sekaligus menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia, apalagi kalau bukan zenius. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2007 dengan menyediakan layanan rekaman atau video mengenai materi-materi pembelajaran di sekolah. Materi yang disediakan sudah banyak mulai dari SD, SMP, SMA hingga persiapan menjelang UNBK.Salah satu keunggulan dari zenius dari dulu ialah pembahasan materi yang mendalam dari dasar. Contohnya pada bidang mata pelajaran matematika dan fisika, dimana di zenius sering menjelaskan sampai ke penurunan rumus yang biasanya di platform lain atau di sekolah hanya dijelaskan rumus jadi. Harga-harga layanan belajar yang ditawarkan oleh zenius pun terbilang sangat terjangkau untuk kebanyakan masyarakat Indonesia.4. Kelas PintarJika masih kurang dengan 3 platform tadi, masih ada situs belajar online terbaik di Indonesia lainnya yaitu Kelas Pintar. Website ini dimiliki oleh PT Extramarks Education yang menghadirkan fitur-fitur untuk menunjang pembelajaran. Dimulai dari materi kelas 1 Sekolah dasar hingga kelas 12 Sekolah Menengah Atas. Free Trial akan diberikan selama 7 minggu untuk masa percobaan, ketika dirasa cocok bisa melanjutkannya dengan cara berlangganan.5. BrainlyTerakhir ada situs yang mungkin sudah dikenal hampir seluruh siswa di Indonesia yaitu brainly. Tidak seperti keempat situs belajar online tadi, brainly mengadopsi sistem tanya jawab untuk membantu pembelajaran online siswa. Seseorang dapat bertanya di website ini dengan melakukan login terlebih dahulu di situs brainly, kemudian pertanyaan tersebut akan dijawab oleh pengguna brainly yang lain.Menggunakan layanan dari brainly tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Pengguna hanya cukup mendaftar menggunakan email pribadi seperti layaknya media sosial. Pengguna yang telah mendaftar, dapat mengajukan pertanyaan seputar materi belajar ataupun membantu menjawab pertanyaan dari pengguna lain.Meskipun pandemi sedang melanda negeri ini, para pelajar tidak boleh meninggalkan kegiatan belajar. Karena kini belajar dapat dengan mudah dilakukan dimana pun dan kapan pun. Tidak perlu menunggu guru untuk hadir, tidak perlu datang ke suatu tempat. Perlu diingat, masa sekolah itu singkat, maka gunakan sebaik-baiknya waktu untuk mempersiapkan masa depan kelak dengan cara belajar.
Sebelum era pandemi melanda, beberapa perusahaan belajar online telah lebih dulu eksis terutama di kalangan pelajar. Namun, dengan adanya pandemi ini belajar online seakan terasa lebih berpengaruh pada kehidupan. Siswa tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke tempat kursus atau bimbingan belajar, cukup dengan menggunakan hp atau laptop saja. Berikut ini merupakan daftar 5 situs belajar online terbaik di indonesia terbaru:
![]() |
5 Situs Belajar Online Terbaik di Indonesia yang Masih Ada Sampai Sekarang |
1. Ruangguru
Siapa yang tidak mengenal ruangguru? Salah satu situs belajar online terbaik di Indonesia ini sedang gencar-gencarnya dalam melakukan promosi. Ruangguru juga menggaet artis-artis muda ternama untuk menjadi brand ambassador ruangguru. Apalagi dikala pandemi seperti ini, kehadiran dari ruangguru semakin terasa. Ruangguru sendiri telah memiliki aplikasi yang telah bisa di unduh baik di playstore maupun app store.
2. Quipper
Quipper merupakan salah satu dari situs belajar online yang populer di Indonesia dan juga merupakan sebuah perusahaan milik anak bangsa. Jadi Quipper menghadirkan layanan belajar online yang memfasilitasi siswa dari SD sampai SMA. Sistem pembelajarannya pun cukup simple, karena siswa hanya perlu memilih materi apa yang akan dipelajari, kemudian akan muncul video mengenai materi yang dijelaskan oleh guru-guru profesional.
3. Zenius
Salah satu pioneer di industri pembelajaran online sekaligus menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia, apalagi kalau bukan zenius. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2007 dengan menyediakan layanan rekaman atau video mengenai materi-materi pembelajaran di sekolah. Materi yang disediakan sudah banyak mulai dari SD, SMP, SMA hingga persiapan menjelang UNBK.
Salah satu keunggulan dari zenius dari dulu ialah pembahasan materi yang mendalam dari dasar. Contohnya pada bidang mata pelajaran matematika dan fisika, dimana di zenius sering menjelaskan sampai ke penurunan rumus yang biasanya di platform lain atau di sekolah hanya dijelaskan rumus jadi. Harga-harga layanan belajar yang ditawarkan oleh zenius pun terbilang sangat terjangkau untuk kebanyakan masyarakat Indonesia.
- Enam Syarat Mencari Ilmu-Menurut Ali Bin Abi Thalib ada 6 syarat mencari ilmu yakni cerdas, giat/rajin ( semangat ), sabar, bekal ( biaya ), petunjuk dari guru, dan waktu yang lama. Enam sayarat tersebut disampaikan oleh Ali Bin Abi Thalib via syairnya yang terjemahannya " Tidak akan berhasil seseorang dalam mencari ilmu kecuali dengan enam syarat, maka akan saya sampaikan kepadamu keseluruhan syarat-syarat tersebut dengan jelas. Cerdas, giat, sabar, mempunyai biaya, adanya petunjuk dari seorang guru, dan dalam waktu yang lama".Syarat-syarat tersebut berlaku untuk syarat mencari ilmu agama maupun ilmu umum. Untuk lebih jelasnya simak sedikit penjelasan di bawah ini :1. Cerdas-Menurut Hasan Sadily, dkk, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdikbud, Jakarta, 1997, halaman 186,cerdas dapat diartikan sebagai sempurna dalam perkembangan akal dan budi (untuk berpikir, mengerti ). Anak/Orang yang cerdas juga dapat diartikan sebagai manusia yang tajam pikirannya, sehingga dapat mengingat, menghafal, dan memahami apa yang dipelajarinya dengan cepat. Selain definisi di atas, Muhammad Said Mursi,pada Op.Cit, halaman 207 menjelasakan bahwa kecerdasan ( intellegensi ) adalah kemampuan untuk memahami keterkaitan antara berbagai hal, kemampuan untuk mencipta, memperbaharui, mengajar, berpikir, memahami, mengingat, merasakan, berimajinasi, memecahkan permasalahan, dan kemampuan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan dalam berbagai tingkat kesulitan. Dari definisi tersebut sangatlah tepat apa yang dikemukakan oleh Ali Bin Abi Thalib, di mana cerdas ditempatkan pada syarat yang pertama dalam menuntut ilmu. Jika anak/orang memiliki kecerdasan yang tinggi maka akan cepat menyerap ilmu yang sengaja dipelajari maupun yang tidak sengaja dipelajari, sebaliknya jika seseorang memiliki kecerdasan yang rendah maka akan lebih membutuhkan waktu lama dalam menyerap suatu ilmu.2. Giat ( Rajin; Semangat )- Giat dalam hal ini diartikan sebagai kegigihan dan keuletan/ketekunan dalam menghadapi problem-problem yang ada dalam proses belajar.3. Sabar-Ada beberapa definisi/pengertian sabar sebagai berikut:Sabar adalah tahan dalam menghadapi cobaan, tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, dan tidak patah hati. ( Ibid halaman 158-160 )Sabar ialah tetap dan teguhnya dorongan keagamaan dalam menghadapi dorongan hawa nafsu. ( Imam Muhyidin An-Nawawi, Al Adzkar, Darul Ihya; Indonesia, hal 4 ).Definisi sabar menurut bahasa adalah bahwa sabar berasal dari bahasa Arab yakni " Shobaro " yang sudah menjadi bentuk infinitif ( masdar ) " Shobron ". Dari segi bahasa sabar berarti menahan atau mencegah. Kata sabar sudah menjadi istilah dalam bahasa Indonesia.Menurut istilah, sabar adalah menahan diri dari sifat kegundahan dan rasa emosi, kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah.( http://islamiyyah.mywibes.com/ )4. Mempunyai biaya- Mempunyai biaya di sini diartikan sebagai ongkos yang mencukupi untuk biaya hidup, sekiranya orang yang mencari/menuntut ilmu tidak lagi membutuhkan pertolongan dari orang lain dalam masalah rejeki. Jika pencari ilmu, dalam hal ini para siswa yang masih duduk di bangku SD, SLTP, dan SLTA mungkin masalah biaya sudah ditanggung oleh orang tuanya atau walinya, dengan demikian maka seorang pelajar dapat fokus dalam setiap harinya untuk belajar. Apalagi saat sekarang banyak siswa yang menerima BSM.Seseorang yang sedang mencari ilmu disyaratkan untuk mempunyai biaya (ongkos). Dimaksudkan supaya orang tersebut bisa berkonsentrasi secara penuh dalam mencari ilmu (belajar) sehingga tidak terganggu dengan pemikiran-pemikiran yang lain yang bisa mengganggu dalam proses belajarnya, seseorang tidak mungkin bisa menuntut ilmu dengan baik apabila dia tidak mempunyai biaya untuk membeli alat-alat kebutuhan belajar, seperti buku pelajaran misalnya, atau seseorang tidak akan bisa belajar dengan tenang apabila dia kekurangan uang untuk kebutuhan sehari-hari, seperti halnya kebutuhan untuk makan. Jadi, kalau secara logika tidak mungkin seseorang bisa belajar dengan baik apabila konsentrasinya masih terpecah dalam masalah biaya kehidupannya, kalaupun orang tersebut bisa menutupi kekurangannya dalam hal biaya (ongkos) ini dengan bekerja sambilan, tetap saja akan mempengaruhi konsentrasinya dalam belajar, sebab orang tersebut konsentrasinya terpecah antara bagaimana cara mencari biaya hidup dengan bagaimana agar pelajaran yang dia dapat bisa dikuasai dengan baik.Orang Jawa mengatakan jer basuki mowo beo, kesuksesan atau kejayaan tidak akan pernah bisa tercapai kecuali dengan adanya biaya. Kiranya hal ini tepat adanya bila dicocokkan dengan persyaratan bulghoh/bekal,sebagaimana ongkos (biaya) mempunyai andil yang sangat besar dalam mencapai kesuksesan atau kejayaan.5. Adanya petunjuk dari guru-Guru adalah orang yang bertanggung jawab terhadap upaya perkembangan jasmani dan rohani peserta didik agar mencapai tingkat kedewasaan, sehingga ia mampu menunaikan tugas-tugas kemanusiaannya (baik sebagai khalifah maupun ‘abd). Guru bertanggung jawab tidak sebatas dinding sekolah, tetapi juga di luar sekolah. Hal ini mau tidak mau menuntut guru agar selalu memperhatikan sikap, tingkah laku, dan perbuatan anak didiknya tidak hanya di lingkungan sekolah, tapi juga di luar sekolah. Dengan kata lain, tugas guru adalah melahirkan atau membentuk manusia yang pandai dan berbudi mulia serta taat kepada Tuhan,sehingga mereka (anak didik) menjadi manusia yang berguna, baik untuk dirinya maupun untuk orang lain, serta yang tidak kalah pentingnya ialah manfaat untuk agamanya sehingga mereka mampu mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.Guru mempunyai peranan sangat penting dalam proses belajarnya para siswa/pelajar, memang benar ada sesorang yang dapat belajar tanpa guru ( otodidak ), akan tetapi model belajar tanpa guru sangatlah rentan dengan kekeliruan. Menurut saya, jika Anda ingin belajar otodidak tentang kajian ilmu positif apapun dengan sumber buku, internet, dan lain-lain sebaiknya apa yang telah Anda pelajari dan pahami, tanyakanlah tentang kebenarannya kepada seseorang/guru yang ahli di bidangnya.6. Waktu yang lama- Yang dimaksud dengan waktu yang lama adalah bahwasanya di dalam mencari ilmu apabila seseorang menginginkan agar benar-benar menguasai suatu ilmu maka haruslah mempelajari ilmu tersebut dalam waktu yang relatif lama, sebab hal-hal yang berhubungan dengan ilmu tersebut sangat banyak sehingga tidak bisa ditempuh dalam waktu yang singkat. Coba Anda hitung berapa banyak disiplin ilmu yang ada dari jenjang pendidikan yang terendah sampai yang tertinggi baik di jenjang pendidikan formal maupun non formal. Mungkin semakin banyak kita belajar maka kita akan semakin merasa bodoh karena begitu banyaknya ilmu yang sebelumnya kita belum pernah mengetahuinya.Demikian 6 syarat mencari ilmu, semoga kita bisa meniru Ilmu Padi, yang mana semakin berisi maka semakin menunduk. Semoga bermanfaatSumber bacaan : http://library.walisongo.ac.id/
- Apakah semua Guru wajib memiliki website/blog ?- Sahabat Pembaca, pertanyaan tersebut muncul ketika saya membaca di kisi-kisi soal/materi UKG ( khususnya kisi-kisi UKG Guru SD ), di mana pada kompetensi utama "profesional", kompetensi inti guru "memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri, kompetensi guru " 24.1. memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi", dengan indikator " 24.1.2 menggunakan web/blog sebagai sarana komunikasi antar peserta KKG".Sahabat, jika memahami kata "menggunakan web-blog" berarti jelas kan bahwa Guru tidak wajib memiliki web/blog, namun wajib bisa menggunakannya sebagai sarana komunikasi antar peserta KKG. Jadi bagi Guru yang saat ini belum memiliki blog, sebaiknya tidak perlu pusing karena kita dapat membuat blog secara gratis selamanya kok. Banyak penyedia blog gratisan, diantaranya wordpress dan blogger.com/blogspot.com/blogspot.co.id. Silakan baca Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot ( 5 menit jadi dan langsung bisa diisi artikel ).Apakah blog gratisan bisa digunakan untuk lebih dari 1 Orang pengguna ?Sahabat, blog gratisan juga bisa dimanfaatkan sebagai blog untuk ramai-ramai, dalam artian 1 blog bisa dengan beberapa Admin blog. Dengan cara ini, dalam 1 gugus bisa menggunakan hanya 1 blog sebagai media komunikasi antar peserta KKG, malahan di UPTD Dikpora Unit Kecamatan kami, rencananya akan menggunakan 1 blog untuk banyak gugus, dan blog tersebut baru dibuat untuk keperluan Informasi dan berbagi Ilmu Pengetahuan. Silakan kunjungi UPTD Dikpora Unit Kecamatan Buayan
- Alamat Website Universitas Pendidikan Indonesia UPI Bandung- Universitas Pendidikan Indonesia disingkat UPI adalah salah satu univesitas di Indonesia yang didirikan di Bandung pada tanggal 20 Oktober 1954, UPI diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin. Dulu Universitas Pendidikan Indonesia bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG),yang didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa dan menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. Beberapa alasan didirikannya PTPG antara lain: setelah Indonesia mencapai kemerdekaannya, bangsa Indonesia sangat haus pendidikan, perlunya disiapkan guru yang bermutu dan bertaraf universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang akan merintis terwujudnya masyarakat yang sejahtera.Villa Isola UPI Bandung saat ini via https://upload.wikimedia.org/wikipedia/ Gedung utama Universitas Pendidikan Indonesia bermula dari puing sebuah villa yang bernama Villa Isola, merupakan gedung bekas peninggalan masa sebelum Perang Dunia II. (Pada masa perjuangan melawan penjajah, gedung ini pernah dijadikan markas para pejuang kemerdekaan). Puing puing itu dibangun kembali dan kemudian menjelma menjadi sebuah gedung bernama Bumi Siliwangi yang megah dengan gaya arsitekturnya yang asli. Villa Isola UPI Bandung Zaman Dulu via http://ex-smpk-bahureksa-ex-smak-dago.blogspot.co.id/ Di Villa Isolalah untuk pertama kalinya para pemuda mendapat gemblengan pendidikan guru pada tingkat universitas, sebagai realisasi Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nomor 35742 tanggal 1 September 1954 tentang pendirian PTPG/Perguruan Tinggi Pendidikan Guru).Pada mulanya PTPG dipimpin oleh seorang Dekan yang membawahi beberapa jurusan dan atau balai, yakni:Ilmu PendidikanIlmu Pendidikan Jasmani;Bahasa dan Kesusastraan Indonesia;Bahasa dan Kesusastraan Inggris;Sejarah Budaya;Pasti Alam;Ekonomi dan Hukum Negara; danBalai Penelitian Pendidikan.Sejalan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No. 40718/S pada waktu itu, yang menyatakan bahwa PTPG dapat berdiri sendiri menjadi perguruan tinggi atau perguruan tinggi dalam universitas, maka seiring dengan berdirinya Universitas Padjadjaran (UNPAD), pada tanggal 25 November 1958 PTPG diintegrasikan menjadi fakultas utama Universitas Padjadjaran dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).Untuk memantapkan sistem pengadaan tenaga guru dan tenaga kependidikan, berbagai kursus yang ada pada waktu itu, yaitu pendidikan guru B I dan B II, diintegrasikan ke dalam FKIP melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 1961. Selanjutnya FKIP berkembang menjadi FKIP A dan FKIP B. Pada saat yang sama, berdiri pula Institut Pendidikan Guru (IPG), yang mengakibatkan adanya dualisme dalam lembaga pendidikan guru. Untuk menghilangkan dualisme tersebut, pada tanggal 1 Mei 1963 dikeluarkan Keputusan Presiden Nomor 1 tahun 1963, yang melebur FKIP dan IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) sebagai satu satunya lembaga pendidikan guru tingkat universitas. FKIP A/FKIP B dan IPG yang ada di Bandung akhirnya menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandung (IKIP Bandung).IKIP Bandung saat itu telah memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan Sastra dan Seni, Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta, dan Fakultas Keguruan Ilmu Teknik.Kebutuhan akan tenaga guru kian mendesak, demikian pula tumbuhnya hasrat untuk meningkatkan dan memeratakan kemampuan para guru. Hal ini mendorong IKIP Bandung membuka ekstension, antara tahun 1967 1970 IKIP Bandung membuka ekstension di hampir seluruh kabupaten di Jawa Barat.Peranan IKIP Bandung di tingkat nasional semakin menonjol, setelah pemerintah menetapkan bahwa IKIP Bandung menjadi IKIP Pembina yang diserahi tugas membina beberapa IKIP di luar Pulau Jawa, yaitu IKIP Bandung Cabang Banda Aceh, Palembang, Palangkaraya, dan Banjarmasin. Sesuai dengan kebijaksanaan Departemen P dan K, pada awal tahun 1970 an, secara bertahap ekstension tersebut ditutup dan cabang cabang IKIP di daerah menjadi fakultas di lingkungan universitas di daerah masing masing.Untuk meningkatkan mutu tenaga pengajar, pada tahun 1970 IKIP Bandung membuka program Pos Doktoral melalui pembentukan Lembaga Pendidikan Pos Doktoral (LPPD) PPS yang mengelola Program S2 dan S3. Pada tahun 1976 LPPD diubah namanya menjadi Sekolah Pasca Sarjana, pada tahun 1981 berubah menjadi Fakultas Pasca Sarjana dan tahun 1991 menjadi Program Pascasarjana (PPS).Penataan program pendidikan tinggi yang dilakukan oleh pemerintah dengan menerapkan multiprogram dan multistrata, ditindaklanjuti IKIP Bandung dengan membuka Program Diploma Kependidikan. Untuk meningkatkan kualifikasi guru SD menjadi lulusan D II, tahun ajaran 1990/ 1991, diselenggarakan Program D II Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Selain diselenggarakan di Kampus Bumi Siliwangi program ini juga diselenggarakan di Unit Pelaksana Program (UPP) pada beberapa sekolah eks SPG yang diintregarasikan ke IKIP. Guna meningkatkan kualifikasi Guru Taman Kanak-kanak atau play group pada tahun 1996/1997 IKIP Bandung membuka Program D II PGTK.Seiring dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan tinggi yang memberikan perluasan mandat bagi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang harus mampu mengikuti tuntutan perubahan serta mengantisipasi segala kemungkinan dimasa datang , IKIP Bandung diubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia melalui Keputusan Presiden RI No. 124 tahun 1999 tertanggal 7 Oktober 1999.Untuk memperluas jangkauan dalam mendukung pembangunan nasional, UPI harus mampu berdiri sendiri dan berkiprah. Kebulatan tekad ini menumbuhkan keyakinan akan kemampuan yang telah dimilikinya. Tekad ini memberi keyakinan kepada pemerintah bahwa UPI telah dapat bediri sendiri dan dapat diberikan tanggung jawab yang lebih besar. Dengan kepercayaan ini, melalui Peraturan Pemerintah No. 6 tahun 2004. UPI diberi otonomi dan menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN)Pengembangan dan peningkatan UPI tidak saja berorientasi pada bidang akademik, tetapi juga dalam berbagai bidang, termasuk pemantapan konsep dan rencana pembangunannya. Melalui bantuan Islamic Development Bank (IDB) tengah merancang dan menata pembangunan gedung kampus yang megah, modern dan representatif sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Bermodalkan kemampuan yang dimiliki Universitas Pendidikan Indonesia bertekad menjadikan lembaga pendidikan ini terdepan dan menjadi Universitas Pelopor dan Unggul (a Leading and Outstanding University). ( Sejarah UPI Bandung )A. Visi Misi dan Tujuan Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) Bandung1. Visi UPI BandungUPI tampil menjadi satu-satunya lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang secara konsisten berkiprah dalam bidang pendidikan. Dalam menanggapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, tuntutan masyarakat dan perubahan global. UPI tampil mengambil inisiatif mengembangkan inovasi pendidikan. Dengan segenap potensi dan sumber daya yang dimiliki, UPI menetapkan visi untuk menjadi:Universitas Pelopor dan Unggul (a leading and outstanding university)2. Misi UPI BandungMenyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik profesional dan tenaga profesional lainnya yang berdaya saing global.Mengembangkan teori-teori pendidikan dan keilmuan lain yang inovatif serta penerapannya, untuk menjadi landasan dalam penetapan kebijakan pendidikan nasional.Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah n asional baik dalam bidang pendidikan, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.Menyelenggarakan internasionalisasi pendidikan melalui pengembangan dan pengokohan jejaring dan kemitraan pada tingka t nasional, regional, dan internasional. 3. Tujuan UPI BandungSecara umum tujuan pendidikan UPI bermuara pada upaya pengembangan manusia yang beriman, bertaqwa, bermoral, berakhlak mulia, berilmu, profesional, religius, dan memiliki integritas dan cinta terhadap bangsa dan negara kesatuan Republik Indones ia. Secara rinci tujuan itu adalah:Membina dan mengembangkan mahasiswa untuk menjadi ilmuwan, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan tenaga profesional la innya yang beriman, bertaqwa, profesional, berkompetensi tinggi dan berwawasan kebangsaan.Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, dan seni.Mendukung pengembangan, kehidupan politik, ekonomi, sosial dan budaya, dan pendidikan dengan berperan sebagai kekuata n moral yang mandiri.Mendukung pembangunan masyarakat yang religius, demokratis, cinta damai, cinta ilmu, dan bermartabat.B. Multi Kampus UPI BandungKampus utama UPI terletak di Jalan Dr. Setiabudi 229, Bandung, dengan luas 75 hektar. Di kampus utama ini bernaung Sekolah Pascasarjana dan lima fakultas. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) masih berlokasi di Jalan Ahmad Yani km.6, Padasuka, Bandung. FPOK akan segera dipindahkan ke kampus utama setelah segala pembangunan fasilitas dan infrastruktur penunjang lainnya dapat digunakan.Untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, UPI telah mendirikan beberapa kampus daerah yang terletak di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang. Keberadaan kampus-kampus ini memungkinkan UPI untuk memberagamkan program-programnya dan memperluas jangkauannya. Seluruh kampus daerah terhubung jaringan internet berkapasitas 5Mbps (4 Mbps International Link dan 1,5 Mbps Local Link). Jaringan internet tersebut dikelola secara terpusat oleh UPI-Net yang berkedudukan di kampus utama. Dengan daya dukung teknologi seperti itu, UPI sangat memungkinkan melakukan pembelajaran jarak jauh (distance learning) dengan seluruh kampus yang tersebar di daerah.Mulai tahun akademik 2006/2007, Kampus UPI Serang, Purwakarta, dan Tasik membuka Program Pendidikan Jenjang S-2 (Magister) untuk Program Studi Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Luar Sekolah, Bimbingan Konseling, Administrasi Pendidikan, Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Untuk mendukung program tersebut, UPI memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana kampus-kampus daerah secara menyeluruh.C. Alamat UPI BandungKampus utama UPI terletak di Jalan Setiabudi 229 Bandung dengan luas 615.766 m2 ( +/- 61 hektar), kini sedang diperluas ke arah barat hingga mencapai 75 hektar. Di kampus utama, UPI memiliki 8 fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana (SPs). Ketujuh fakultas tersebut dan alamat websitenya sebagai berikut:Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS)Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA (FPMIPA),Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK )Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK)Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB)Fakultas Pendidikan Seni dan Desain ( FPSD ) Sekolah Pascasarjana UPIUntuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat UPI mengembangkan sistem multikampus, dengan mendirikan beberapa kampus daerah yang berlokasi di Cibiru (Kabupaten Bandung), Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang. Adapun daftar alamat dan website UPI sebagai berikut:1. Kampus Utama (Bumi Siliwangi)Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - IndonesiaTelp. +62-22-2013161-2013162-2013163-2013164Fax. +62-22-2013651Website: http://www.upi.edu/ 2. Kampus UPI CibiruJl. Raya Cibiru KM 15, BandungWebsite: http://kd-cibiru.upi.edu/id/ 3. Kampus UPI Tasikmalaya Jl. Dadaha No. 18 TasikmalayaWebsite: http://kd-tasikmalaya.upi.edu/ 4. Kampus UPI Sumedang Jl. Mayor Abdurahman No. 221 SumedangWebsite: http://kd-sumedang.upi.edu/ 5. Kampus UPI Purwakarta Jl. Veteran No. 8 PurwakartaWebsite: http://kd-purwakarta.upi.edu/ 6. Kampus UPI Serang Jl. Ciracas - SerangTelp/Fax. (0254) 200277Website: http://kd-serang.upi.edu/ D. Pengembangan Kampus UPI BandungMulai Februari 2006, di kampus utama UPI dilakukan pembangunan besar-besaran. Pembangunan tersebut dilakukan dalam rangka pemenuhan sarana dan prasarana kampus berstandar internasional. Pembangunan fasilitas pendidikan yang didanai dari bantuan Islamic Development Bank (IDB) ini diberi judul Upgrading and Development of Indonesia University of Education (UPI), Bandung. Tujuan pembangunan ini adalah sebagai berikut.Mengembangkan status akademik dan peran akademik baru bagi UPI sebagai suatu universitas modern yang memiliki kualitas, efisiensi, akuntabilitas, dan aksesibilitas yang tinggi.Membangun secara khusus gedung dengan ruang kuliah, ruang kerja dosen, ruang kerja tenaga administrasi, fasilitas belajar, dan peralatan administrasi.Membangun infrastruktur yang mendukung keberadaan kampus modern.Lingkup pembangunan sarana dan prasarana kampus ini meliputi (1) Gedung Fakultas Perndidikan Bahasa dan Seni, (2) Gedung Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, (4) Gedung Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan, (5) Gedung Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, (6) Gedung Pascasarjana, (7) University Centre yang di dalamnya terdapat kantor Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Unit Bisnis, UPT PPL, Pendilkom, P3MP, Humas, Studio Rekaman, dan Studio Radio, (8) Centre for Research dan Comunity Service, (9) Training Centre, (10) Islamic Tutorial Centre, (11) Poliklinik dengan Ruang Inap, (12) Asrama Putra, (13) Asrama Putri, dan (14) Infrastruktur (Jalan, listrik, dan pertamanan). Demikian tentang Sejarah, Visi Misi, dan Alamat Website Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) Bandung. Semoga bermanfaat.
4. Kelas Pintar
Jika masih kurang dengan 3 platform tadi, masih ada situs belajar online terbaik di Indonesia lainnya yaitu Kelas Pintar. Website ini dimiliki oleh PT Extramarks Education yang menghadirkan fitur-fitur untuk menunjang pembelajaran. Dimulai dari materi kelas 1 Sekolah dasar hingga kelas 12 Sekolah Menengah Atas. Free Trial akan diberikan selama 7 minggu untuk masa percobaan, ketika dirasa cocok bisa melanjutkannya dengan cara berlangganan.
5. Brainly
Terakhir ada situs yang mungkin sudah dikenal hampir seluruh siswa di Indonesia yaitu brainly. Tidak seperti keempat situs belajar online tadi, brainly mengadopsi sistem tanya jawab untuk membantu pembelajaran online siswa. Seseorang dapat bertanya di website ini dengan melakukan login terlebih dahulu di situs brainly, kemudian pertanyaan tersebut akan dijawab oleh pengguna brainly yang lain.
Menggunakan layanan dari brainly tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Pengguna hanya cukup mendaftar menggunakan email pribadi seperti layaknya media sosial. Pengguna yang telah mendaftar, dapat mengajukan pertanyaan seputar materi belajar ataupun membantu menjawab pertanyaan dari pengguna lain.
Meskipun pandemi sedang melanda negeri ini, para pelajar tidak boleh meninggalkan kegiatan belajar. Karena kini belajar dapat dengan mudah dilakukan dimana pun dan kapan pun. Tidak perlu menunggu guru untuk hadir, tidak perlu datang ke suatu tempat. Perlu diingat, masa sekolah itu singkat, maka gunakan sebaik-baiknya waktu untuk mempersiapkan masa depan kelak dengan cara belajar.