Soal Latihan USP 2021 Kelas 6 SD/MI Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)_Soal yang terdiri dari 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian ini dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan, sehingga memudahkan para siswa/orang tua murid/guru dalam mengoreksi hasil latihan Ujian Satuan Pendidikan/USP IPA ini.I. Berilah tanda silang (X) pada salah satu jawaban A, B, C, atau D yang dianggap paling benar pada lembar jawaban yang disediakan!1. Di sawah terdapat padi, wereng, dan burung pipit. Hubungan antarmakhluk hidup yang dapat terbentuk adalah ....A. padi diuntungkan karena wereng membantu proses penyerbukanB. burung pipit diuntungkan karena mendapat makanan dari werengC. padi dirugikan karena wereng merusak tanaman padiD. wereng dirugikan karena mendapat makanan dari burung2. Perhatikan hubungan antara makhluk hidup berikut! (1) Bunga mawar dengan kupu-kupu (2) Ikan hiu dengan ikan remora (3) Tumbuhan paku dengan tumbuhan yang ditumpanginya (4) Burung jalak dengan kerbauHubungan makhluk hidup yang membentuk simbiosis mutualisme adalah ....A. (1) dan (2)B. (2) dan (3)C. (2) dan (4)D. (1) dan (4)3. Tujuan tumbuhan jagung menggulungkan daunnya pada musim panas adalah ....A. memperbesar penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari lebarB. memperbesar penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari sempitC. memperkecil penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari sempitD. memperkecil penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari lebar4. Pencemaran sungai akibat limbah pabrik di kawasan industri sangat merugikan. Cara melestarikan lingkungan di daerah tersebut adalah ....A. melakukan penghijauan agar pencemaran air dapat dicegahB. melakukan reboisasi di tepi sungai untuk menyerap limbah pabrikC. mengolah limbah pabrik dengan baik sebelum dibuang ke sungaiD. membersihkan hulu sungai agar aliran air menjadi lancar5. Burung pelatuk mempunyai bentuk paruh yang panjang, kuat, dan runcing berguna untuk ….A. melindungi diri dari predatorB. memudahkan memperoleh makananC. menarik perhatian lawan jenisD. membantu mengenali mangsanya6. Perhatikan gambar!Hewan yang mengalami daur hidup sesuai gambar adalah ....A. jangkrik dan belalangB. kumbang dan lalatC. lebah dan nyamukD. capung dan kupu-kupu7. Perhatikan gambar!Bagian rangka yang berfungsi melindungi paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya adalah ....A. 1 dan 2B. 2 dan 3C. 3 dan 4D. 1 dan 48. Proses yang terjadi pada selaput lendir di rongga hidung adalah ….A. penyaringan udara dari debuB. pemisahan oksigen dan uap airC. penyesuaian suhu dan kelembapanD. pelepasan karbon dioksida ke luar tubuh9. Perhatikan gambar!Organ yang ditunjuk huruf Z pada gambar menghasilkan asam klorida yang berfungsi untuk ….A. menggumpalkan susuB. mencerna proteinC. membunuh bibit penyakitD. mengubah zat tepung menjadi gula10. Perhatikan gambar berikut!Cara perkembangbiakan tumbuhan seperti pada gambar berturut-turut adalah ….A. umbi akar dan akar tinggalB. umbi batang dan akar tinggalC. umbi akar dan setek batangD. biji dan setek batang11. Pernyataan berikut ini yang menjelaskan tentang perkembangan manusia adalah ....A. Proses menghasilkan individu baru yang sifatnya sama atau menyerupai induknya.B. Proses menumbuhkan kembali bagian tubuh manusia yang rusak atau lepas.C. Proses yang menandai perkembangan sejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya.D. Proses perubahan dalam pertumbuhan manusia yang dipengaruhi tingkat kematangan fisik.12. Seiring berjalannya waktu biasanya daya kerja otak akan mengalami kemunduran. Untuk itu otak membutuhkan stimulasi atau olahraga otak agar dapat bekerja sebagaimana mestinya.Berikut ini kegiatan yang dapat melatih kinerja otak agar berjalan dengan baik adalah ....A. membaca buku dan melakukan hal-hal baru.B. berolahraga dan menghindari tempat-tempat ramai.C. mengonsumsi makanan berlemak.D. menghindari makanan yang mengandung zat besi.13. Perhatikan pernyataan berikut! (1)tidak dipengaruhi wadahnya (2)mengikuti bentuk wadahnya (3) menekan ke segala arah (4) mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya (5) dapat diubah (6) terdapat di segala tempat.Yang termasuk sifat benda padat adalah nomor ....A. (1) dan (2)B. (3) dan (4)C. (5) dan (6)D. (1) dan (5)14. Kegiatan berikut yang memanfaatkan proses perubahan wujud benda cair menjadi gas adalah ....A. memasak agar-agar kemudian didinginkanB. mengeringkan baju basah dengan panas matahariC. membuat mainan bentuk binatang dari bahan plastikD. pembuatan es krim15. Pagar besi yang tidak dicat akan lebih mudah mengalami perkaratan dibanding pagar besi yang dicat. Hal ini diakibatkan adanya ....A. Pelapukan oleh CO2B. antara besi H2O dan O2C. Pembusukan oleh bakteriD. Pemanasan akibat sinar matahari16. Perhatikan gambar berikut!Alat memasak seperti pada gambar menggunakan bahan yang bersifat ....A. berat dan tidak mudah pecahB. ringan dan tidak berkaratC. elastis dan penghantar panasD. keras dan penghantar panas17. Kelompok benda berikut ini yang termasuk isolator adalah . . . .A. ember, panci, solderB. piring plastik, panci, tekoC. pensil, setrika, sendok logamD. sendok kayu, pensil, ranting pohon18. Perhatikan percobaan berikut!Pada saat air mendidih serpihan kertas bergerak naik turun, karena terjadi perpindahan panas secara ...A. konveksiB. radiasiC. konduksiD. induksi19. Perhatikan gambar!Permainan seperti pada gambar memanfaatkan ….A. gaya otot dan gaya gesekB. gaya pegas dan gaya gesekC. gaya otot dan gaya pegasD. gaya gravitasi dan gaya magnet20. Kegiatan berikut yang menunjukkan gaya dapat mengubah arah gerak benda adalah ....A. Rahman memblok bola voli yang dismes lawanB. Kiper melakukan tendangan gawangC. Beberapa orang mendorong lemariD. Sari membuat hiasan dari kertas origami21. Perhatikan gambar berikut!Kegiatan seperti pada gambar memanfaatkan energi ...A. listrik dan panasB. cahaya dan kimiaC. kimia dan panasD. cahaya dan panas22. Perhatikan contoh-contoh energi berikut! (1) Matahari (2) Angin (3) Batu bara (4) Panas bumi (5) Biogas (6) Minyak bumi (7) Avtur (8) AirContoh energi alternatif ditandai nomor ....A. (1), (2), (4), dan (8)B. (3), (5), (6), dan (8)C. (1), (2), (3), dan (8)D. (3), (4), (7), dan (8)23. Energi alternatif yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar adalah ….A. spiritus dan premiumB. biosolar dan biogasC. biodiesel dan geotermalD. panas matahari dan angin24. Perhatikan ilustrasi berikut!Paku di dalam gelas yang berisi air selalu mengikuti gerakan magnet yang digeser-geserkan pada dinding gelas. Hal tersebut membuktikan bahwa ....A. air mempunyai gaya tarikB. gaya magnet dapat menembus dinding gelas dan airC. dinding gelas menjadi magnetD. paku mempunyai sifat kemagnetan25. Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut!Jika sakelar dibuka, keadaan lampu-lampu yang terjadi adalah ….A. L1, L2 menyala dan L3, L4 padamB. L1, L4 menyala dan L2, L3 padamC. L2 menyala dan L1, L3, L4 padamD. L1, L3, L4 menyala dan L2 padam26. Perhatikan gambar berikut!Sumber bunyi alat musik pada gambar adalah ….A. 4B. 3C. 2D. 127. Perhatikan gambar berikut!Percobaan pada gambar di atas menunjukkan bahwa cahaya mempunyai sifat ...A. dapat dibiaskanB. menembus benda beningC. merambat lurusD. dapat dipantulkan28. Kegiatan melestarikan sumber daya alam yang benar adalah ....A. reboisasi, penanaman sejuta pohon, dan peladangan berpindahB. reboisasi, pembakaran hutan, dan tebang pilihC. pembuatan terasering, penanaman sejuta pohon, dan tebang pilihD. pembuatan terasering, peladangan berpindah, dan pembakaran hutan29. Dampak negatif penambangan pasir di sungai secara terus menerus adalah ....A. hilangnya tempat hidup ikanB. tanah menjadi tandusC. terjadinya longsorD. terjadinya banjir30. Akibat pengambilan terumbu karang untuk diperjualbelikan sebagai hiasan adalah ....A. kualitas air laut menurun karena jumlah oksigen berkurangB. ekosistem laut terganggu karena habitat hewan laut rusakC. kualitas air laut menurun karena tanah dan lumpur mengendapD. ekosistem laut terganggu karena populasi ikan bertambah31. Kegiatan berikut yang dapat membantu menjaga siklus air dengan baik adalah ....A. membuang sampah plastik ke sungaiB. mendirikan bangunan di lahan yang kosongC. membuat sumur bor di seluruh pemukiman wargaD. menanami halaman dengan pohon yang rindang32. Planet yang 2/3 permukaannya terdiri dari perairan adalah ….A. YupiterB. UranusC. VenusD. Bumi33. Terjadinya perbedaan waktu di berbagai tempat diakibatkan oleh ....A. revolusi bumiB. revolusi bulanC. rotasi bumiD. rotasi bulan34. Peristiwa berikut ini yang diakibatkan revolusi bumi adalah ….A. pergantian siang dan malamB. perubahan fase-fase bulanC. gerak semu tahunan matahariD. gerak semu harian matahari35. Perhatikan gambar berikut!Gerhana bulan total terjadi apabila bulan berada pada nomor ....A. IB. IIC. IIID. IVII. Soal latihan USBN IPA SD/MI 2019 Bentuk Uraian36. Perhatikan ilustrasi berikut!Rino mengalami kesulitan melepaskan dua buah gelas plastik P dan Q yang melekat seperti gambar I. Untuk memudahkan melepas kedua gelas tersebut, Rino memasukkannya ke dalam air panas seperti gambar II.Jelaskan mengapa kedua gelas tersebut dapat terlepas setelah dimasukkan ke dalam air panas!37. Pembangunan perumahan yang berkembang pesat membutuhkan kayu yang banyak sehingga mengancam kelestarian hutan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan upaya-upaya agar kelestarian hutan dapat terjaga.Sebutkan 3 (tiga) upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan!38. Perhatikan gambar berikut!Buatlah skema peredaran darah kecil dan peredaran darah besar berdasarkan gambar!39. Sebutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya secara berurutan dari yang terkecil ke yang terbesar!40. Perhatikan gambar berikut!Sebutkan tahapan proses daur air secara berurutan berdasarkan gambar!Demikian tentang Soal Latihan Ujian Sekolah IPA SD/MI 2021. Adapun paket soal lengkap kunci jawaban beserta jawabannya, silakan Download.
I. Berilah tanda silang (X) pada salah satu jawaban A, B, C, atau D yang dianggap paling benar pada lembar jawaban yang disediakan!
1. Di sawah terdapat padi, wereng, dan burung pipit. Hubungan antarmakhluk hidup yang dapat terbentuk adalah ....
A. padi diuntungkan karena wereng membantu proses penyerbukan
B. burung pipit diuntungkan karena mendapat makanan dari wereng
C. padi dirugikan karena wereng merusak tanaman padi
D. wereng dirugikan karena mendapat makanan dari burung
2. Perhatikan hubungan antara makhluk hidup berikut!
(1) Bunga mawar dengan kupu-kupu
(2) Ikan hiu dengan ikan remora
(3) Tumbuhan paku dengan tumbuhan yang ditumpanginya
(4) Burung jalak dengan kerbau
Hubungan makhluk hidup yang membentuk simbiosis mutualisme adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (1) dan (4)
3. Tujuan tumbuhan jagung menggulungkan daunnya pada musim panas adalah ....
A. memperbesar penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari lebar
B. memperbesar penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari sempit
C. memperkecil penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari sempit
D. memperkecil penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari lebar
4. Pencemaran sungai akibat limbah pabrik di kawasan industri sangat merugikan. Cara melestarikan lingkungan di daerah tersebut adalah ....
A. melakukan penghijauan agar pencemaran air dapat dicegah
B. melakukan reboisasi di tepi sungai untuk menyerap limbah pabrik
C. mengolah limbah pabrik dengan baik sebelum dibuang ke sungai
D. membersihkan hulu sungai agar aliran air menjadi lancar
5. Burung pelatuk mempunyai bentuk paruh yang panjang, kuat, dan runcing berguna untuk ….
A. melindungi diri dari predator
B. memudahkan memperoleh makanan
C. menarik perhatian lawan jenis
D. membantu mengenali mangsanya
6. Perhatikan gambar!
Hewan yang mengalami daur hidup sesuai gambar adalah ....
A. jangkrik dan belalang
B. kumbang dan lalat
C. lebah dan nyamuk
D. capung dan kupu-kupu
7. Perhatikan gambar!
Bagian rangka yang berfungsi melindungi paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
8. Proses yang terjadi pada selaput lendir di rongga hidung adalah ….
A. penyaringan udara dari debu
B. pemisahan oksigen dan uap air C. penyesuaian suhu dan kelembapan
D. pelepasan karbon dioksida ke luar tubuh
9. Perhatikan gambar!
Organ yang ditunjuk huruf Z pada gambar menghasilkan asam klorida yang berfungsi untuk ….
A. menggumpalkan susu
B. mencerna protein
C. membunuh bibit penyakit
D. mengubah zat tepung menjadi gula
10. Perhatikan gambar berikut!
Cara perkembangbiakan tumbuhan seperti pada gambar berturut-turut adalah ….
A. umbi akar dan akar tinggal
B. umbi batang dan akar tinggal
C. umbi akar dan setek batang
D. biji dan setek batang
11. Pernyataan berikut ini yang menjelaskan tentang perkembangan manusia adalah ....
A. Proses menghasilkan individu baru yang sifatnya sama atau menyerupai induknya.
B. Proses menumbuhkan kembali bagian tubuh manusia yang rusak atau lepas.
C. Proses yang menandai perkembangan sejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya.
D. Proses perubahan dalam pertumbuhan manusia yang dipengaruhi tingkat kematangan fisik.
12. Seiring berjalannya waktu biasanya daya kerja otak akan mengalami kemunduran. Untuk itu otak membutuhkan stimulasi atau olahraga otak agar dapat bekerja sebagaimana mestinya.
Berikut ini kegiatan yang dapat melatih kinerja otak agar berjalan dengan baik adalah ....
A. membaca buku dan melakukan hal-hal baru.
B. berolahraga dan menghindari tempat-tempat ramai.
C. mengonsumsi makanan berlemak.
D. menghindari makanan yang mengandung zat besi.
13. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)tidak dipengaruhi wadahnya
(2)mengikuti bentuk wadahnya
(3) menekan ke segala arah
(4) mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya
(5) dapat diubah
(6) terdapat di segala tempat.
Yang termasuk sifat benda padat adalah nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (5) dan (6)
D. (1) dan (5)
14. Kegiatan berikut yang memanfaatkan proses perubahan wujud benda cair menjadi gas adalah ....
A. memasak agar-agar kemudian didinginkan
B. mengeringkan baju basah dengan panas matahari
C. membuat mainan bentuk binatang dari bahan plastik
D. pembuatan es krim
15. Pagar besi yang tidak dicat akan lebih mudah mengalami perkaratan dibanding pagar besi yang dicat. Hal ini diakibatkan adanya ....
A. Pelapukan oleh CO2
B. antara besi H2O dan O2
C. Pembusukan oleh bakteri
D. Pemanasan akibat sinar matahari
16. Perhatikan gambar berikut!
Alat memasak seperti pada gambar menggunakan bahan yang bersifat ....
A. berat dan tidak mudah pecah
B. ringan dan tidak berkarat
C. elastis dan penghantar panas
D. keras dan penghantar panas
17. Kelompok benda berikut ini yang termasuk isolator adalah . . . .
A. ember, panci, solder
B. piring plastik, panci, teko
C. pensil, setrika, sendok logam
D. sendok kayu, pensil, ranting pohon
18. Perhatikan percobaan berikut!
Pada saat air mendidih serpihan kertas bergerak naik turun, karena terjadi perpindahan panas secara ...
A. konveksi
B. radiasi
C. konduksi
D. induksi
19. Perhatikan gambar!
Permainan seperti pada gambar memanfaatkan ….
A. gaya otot dan gaya gesek
B. gaya pegas dan gaya gesek
Baca Juga
- Soal IPA Kelas 5 SD Bab Organ Tubuh Manusia dan Hewan dan Kunci Jawaban
- Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas IV (Empat) Kurikulum 2013_KI dan KD kurikulum 2013 ini berdasarkan lampiran ke-5 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Dasar Pelajaran pada K13 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Download KI dan KD IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 sesuai Isi Lampiran kelima Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.I. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermainB. Kompetensi Dasar 3.1. Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya3.3. Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar3.5. Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran3.7. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannyaII. Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaB. Kompetensi Dasar4.1. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.4.3. Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.4.4. Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.4.7. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.4.8. Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
- Arsip Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 4 SD/MI Semester 2 _Soal dan kunci jawaban UKK IPA kelas empat semester dua ini bisa digunakan oleh kelas 4 tahun pelajaran 2017/2018 sebagai bahan latihan soal-soal dalam persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas (UKK) tahun 2018. Soal UKK ini terdiri dari: tiga puluh lima soal bentuk pilihan ganda, sepuluh soal esay, dan 5 soal jawab singkat. Dokar via http://www.kompasiana.com/ Arsip Soal UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 I. Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan atau D!1. Tarikan atau dorongan yang mempengaruhi keadaan suatu benda disebut ....a. gayab. gerakc. usahad. tenaga2. Mobil mogok akan bergerak jika didorong. hal ini gaya mempengaruhi ....a. bentuk suatu bendab. benda bergerak makin lambatc. benda diam menjadi bergerakd. benda bergerak makin cepat3. Semakin kuat bola ditendang, maka gerakan bola ....a. semakin lambatb. semakin cepatc. tidak terarahd. tidak berubah4. Alat yang digunakan untuk mengukur gaya disebut ....a. stetoskopb. hidrometerc. thermometerd. dinamometer5. Contoh kegiatan yang menunjukkkan bahwa gaya mempengaruhi bentuk benda .....a. bermain plastisinb. bermain kelerengc. bermain mobil-mobiland. bermain lompat tali6. Laju sepeda yang direm kecepatannya menjadi berkurang karena pengaruh ....a. gaya dorongb. gaya gravitasic. gaya tarikd. gaya gesek7. Sumber energi utama bagi bumi adalah ....a. panasb. anginc. mataharid. air8. Tubuh manusia memperoleh energi dari ....a. makananb. minumanc. minerald. vitamin9. Bara api, solder, dan setrika menghasilkan energi ....a. kimiab. gerakc. listrikd. panas10. Setiap benda yang mengeluarkan bunyi disebut ....a. energi bunyib. sumber bunyic. alat bunyid. asal bunyi11. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ....a. bergetarb. bergerakc. berpindahd. diam12. Banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik disebut ....a. amplitudob. peredam bunyic. resonansid. frekuensi13. Hewan yang dapat mendengar bunyi infrasonik adalah ....a. lumba-lumbab. kupu-kupuc. jangkrikd. kelelawar14. Bunyi yang getarannya lebih dari 20.000 getaran per detik disebut .....a. infrasonikb. ultrasonikc. audiosonikd. supersonik15. Kita dapat mendengar suara lonceng dari dalam kelas, karena bunyi merambat melalui ....a. jendelab. udarac. gentingd. lantai16. Bahan yang digunakan sebagai peredam bunyi adalah ....a. busab. besic. kacad. alumunium17. Energi yang ketersediannya di alam tidak terbatas jumlahnya disebut energi ....a. alamib. kimiac. listrikd. alternatif18. Negara yang terkenal menggunakan kincir angin sebagai energi alternatif adalah ....a. Amerikab. Belandac. Jermand. Inggris19. Contoh pemanfaatan energi alternatif adalah ....a. menggunakan alat pemanas air energi mataharib. menggunakan solar untuk bahan bakar mobilc. mengeringkan ikan asin dengan ovend. memasak dengan kompor minyak tanah20. Berikut yang merupakan kelebihan energi alternatif adalah .....a. memerlukan biaya mahalb. jumlahnya sangat terbatasc. tidak menimbulkan polusid. jumlahnya akan habis21. Layang-layang dapat terbang lama di udara karena ....a. panas mataharib. tekanan udarac. cahaya mataharid. gaya gravitasi22. Prinsip kerja alat musik biola adalah peubahan ....a. energi gerak menjadi energi bunyib. energi bunyi menjadi energi gerakc. energi gerak menjadi energi gerakd. energi bunyi menjadi energi bunyi23. Alat musik yang memanfaatkan getaran dawai adalah ....a. pianob. genderangc. gitard. flute24. Alat musik yang membunyikannya dengan cara ditiup adalah ....a. harmonika, saksofon, dan biolab. saksofon, biola, dan serulingc. seruling, terompet, dan biolad. seruling, terompet, dan harmonika25. Berikut ini yang merupakan kenampakan daratan adalah ....a. dataran tinggi, dataran rendah, dan lautb. dataran tinggi, dataran rendah, dan pantaic. dataran rendah, danau, dan lautd. dataran rendah, danau, dan sungai26. Perubahan siang dan malam disebabkan oleh ....a. gerakan mataharib. gerakan bintangc. perputaran bumid. perputaran bulan27. Bintang yang suhunya paling rendah berwarna ....a. merahb. putihc. birud. kuning28. Bintang tidak dapat kita lihat pada waktu siang hari adalah .... a. cahaya bintang padamb. cahaya bintang tertutup awanc. cahaya bintang lebih terang dibanding cahaya mataharid. cahaya bintang kalah terang dibanding cahaya matahari29.Bulan purnama terjadi ... kali pada satu bulan.a. satub. duac. tigad. empat30. Faktor yang menyebabkan perubahan lingkungan fisik adalah ....a. cahayab. awanc. angind. mendung31. Air hujan yang mengalir deras di permukaan tanah akan menghanyutkan ....a. pasirb. kerikilc. humusd. debu32. Pengikisan tanah yang disebabkan oleh angin disebut ....a. erosib. deflasic. abrasid. reboisasi33. Usaha yang dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi adalah ....a. membuat wadukb. membuat tambak udangc. melestarikan terumbu karangd. menanami tumbuhan bakau di tepi pantai34. Di bawah ini yang termasuk sumber daya alam non hayati adalah ....a. udara, air, tanah, dan tumbuhanb. udara, air, tanah, dan besic. udara, air, tanah, dan hewand. udara, tanah, air, dan rotan35. Penggunaan mesin modern di bidang pertanian bertujuan untuk ....a. menambah tenaga kerjab. meningkatkan biayac. meningkatkan hasild. menambah lapangan kerjaII. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!36. Botol minuman yang penyok karena ditekan adalah sebagai contoh bahwa sifat gaya dapat ....37. Nama lain energi panas adalah ....38. Makin dekat dengan sumber bunyi, maka bunyi yang terdengar semakin ....39. Bunyi pantul yang terdengar jelas setelah bunyi asli disebut ....40. Baling-baling dapat digerakkan menggunakan energi ....41. Dram adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ....42. Bentuk bulan akan terlihat penuh pada fase ....43. Nelayan berangkat ke laut dengan memanfaatkan angin ....44. Untuk mencegah erosi, tanah yang miring sebaiknya dibuat ....45. Salah satu contoh hasil laut yang berupa tumbuhan adalah ....III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!46. Sebutkan 3 contoh peristiwa bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda!47. Sebutkan 3 manfaat panas matahari yang digunakan secara langsung oleh manusia!48. Sebutkan 3 fase bulan!49. Sebutkan 3 faktor penyebab perubahan lingkungan fisik!50. Sebutkan 3 sumber daya alam laut yang berupa hewan!Adapun untuk melihat kunci jawaban, silakan cek di Kunci Jawaban UKK IPA Kelas 4 Semester 2.Demikian tentang Arsip Soal dan Kunci Jawaban UAS/UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 . Semoga bermanfaat.Cek juga: Soal Latihan UKK IPA SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 Semester 2 Tahun 2018
D. gaya gravitasi dan gaya magnet
20. Kegiatan berikut yang menunjukkan gaya dapat mengubah arah gerak benda adalah ....
A. Rahman memblok bola voli yang dismes lawan
B. Kiper melakukan tendangan gawang
C. Beberapa orang mendorong lemari
D. Sari membuat hiasan dari kertas origami
21. Perhatikan gambar berikut!
Kegiatan seperti pada gambar memanfaatkan energi ...
A. listrik dan panas
B. cahaya dan kimia
C. kimia dan panas
D. cahaya dan panas
22. Perhatikan contoh-contoh energi berikut!
(1) Matahari
(2) Angin
(3) Batu bara
(4) Panas bumi
(5) Biogas
(6) Minyak bumi
(7) Avtur
(8) Air
Contoh energi alternatif ditandai nomor ....
A. (1), (2), (4), dan (8)
B. (3), (5), (6), dan (8)
C. (1), (2), (3), dan (8)
D. (3), (4), (7), dan (8)
23. Energi alternatif yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar adalah ….
A. spiritus dan premium
B. biosolar dan biogas
C. biodiesel dan geotermal
D. panas matahari dan angin
24. Perhatikan ilustrasi berikut!
Paku di dalam gelas yang berisi air selalu mengikuti gerakan magnet yang digeser-geserkan pada dinding gelas. Hal tersebut membuktikan bahwa ....
A. air mempunyai gaya tarik
B. gaya magnet dapat menembus dinding gelas dan air
C. dinding gelas menjadi magnet
D. paku mempunyai sifat kemagnetan
25. Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut!
Jika sakelar dibuka, keadaan lampu-lampu yang terjadi adalah ….
A. L1, L2 menyala dan L3, L4 padam
B. L1, L4 menyala dan L2, L3 padam
C. L2 menyala dan L1, L3, L4 padam
D. L1, L3, L4 menyala dan L2 padam
26. Perhatikan gambar berikut!
Sumber bunyi alat musik pada gambar adalah ….
A. 4 B. 3
C. 2
D. 1
27. Perhatikan gambar berikut!
Percobaan pada gambar di atas menunjukkan bahwa cahaya mempunyai sifat ...
A. dapat dibiaskan
B. menembus benda bening
C. merambat lurus
D. dapat dipantulkan
28. Kegiatan melestarikan sumber daya alam yang benar adalah ....
A. reboisasi, penanaman sejuta pohon, dan peladangan berpindah
B. reboisasi, pembakaran hutan, dan tebang pilih
C. pembuatan terasering, penanaman sejuta pohon, dan tebang pilih
D. pembuatan terasering, peladangan berpindah, dan pembakaran hutan
29. Dampak negatif penambangan pasir di sungai secara terus menerus adalah ....
A. hilangnya tempat hidup ikan
B. tanah menjadi tandus
C. terjadinya longsor
D. terjadinya banjir
30. Akibat pengambilan terumbu karang untuk diperjualbelikan sebagai hiasan adalah ....
A. kualitas air laut menurun karena jumlah oksigen berkurang
B. ekosistem laut terganggu karena habitat hewan laut rusak
C. kualitas air laut menurun karena tanah dan lumpur mengendap
D. ekosistem laut terganggu karena populasi ikan bertambah
31. Kegiatan berikut yang dapat membantu menjaga siklus air dengan baik adalah ....
A. membuang sampah plastik ke sungai
B. mendirikan bangunan di lahan yang kosong
C. membuat sumur bor di seluruh pemukiman warga
D. menanami halaman dengan pohon yang rindang
32. Planet yang 2/3 permukaannya terdiri dari perairan adalah ….
A. Yupiter
B. Uranus
C. Venus
D. Bumi
33. Terjadinya perbedaan waktu di berbagai tempat diakibatkan oleh ....
A. revolusi bumi
B. revolusi bulan
C. rotasi bumi
D. rotasi bulan
34. Peristiwa berikut ini yang diakibatkan revolusi bumi adalah ….
A. pergantian siang dan malam
B. perubahan fase-fase bulan
C. gerak semu tahunan matahari
D. gerak semu harian matahari
35. Perhatikan gambar berikut!
Gerhana bulan total terjadi apabila bulan berada pada nomor ....
A. I
B. II
C. III
D. IV
II. Soal latihan USBN IPA SD/MI 2019 Bentuk Uraian
36. Perhatikan ilustrasi berikut!
Rino mengalami kesulitan melepaskan dua buah gelas plastik P dan Q yang melekat seperti gambar I. Untuk memudahkan melepas kedua gelas tersebut, Rino memasukkannya ke dalam air panas seperti gambar II.
Jelaskan mengapa kedua gelas tersebut dapat terlepas setelah dimasukkan ke dalam air panas!
37. Pembangunan perumahan yang berkembang pesat membutuhkan kayu yang banyak sehingga mengancam kelestarian hutan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan upaya-upaya agar kelestarian hutan dapat terjaga.
Sebutkan 3 (tiga) upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan!
38. Perhatikan gambar berikut!
Buatlah skema peredaran darah kecil dan peredaran darah besar berdasarkan gambar!
39. Sebutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya secara berurutan dari yang terkecil ke yang terbesar!
40. Perhatikan gambar berikut!
Sebutkan tahapan proses daur air secara berurutan berdasarkan gambar!
Demikian tentang Soal Latihan Ujian Sekolah IPA SD/MI 2021. Adapun paket soal lengkap kunci jawaban beserta jawabannya, silakan Download.