Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PKN Kelas 6 SD Bab 1 Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Kunci Jawaban

Soal PKN Kelas 6 SD Bab 1 Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Kunci Jawaban





A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!


1. Sila-sila yang ada Pancasila mengandung nilai-nilai yang diambil dari …

a. Kitab Sutasoma dan Kibat Negarakertagama

b. Kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia

c. Usulan dan saran dari negara Jepang

d. Undang-undang negara Belanda


2. Sila yang ada dalam pancasila berjumlah ….

a. 7

b. 6

c. 5

d. 4


3. Badan yang dibentuk Jepang pada tanggal 29 April 1945 adalah ….

a. Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)

b. Panitia Sembilan

c. Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia

d. Panitia Perumus Undang-undang Dasar Republik Indonesia


4. Panitia perumus yang dibentuk BPUPKI dikenal dengan Panitia Sembilan karena ….

a. Dibentuk tanggal 9 Mei 1945

b. Beranggotakan 9 wilayah

c. Memmpunyai 9 misi

d. Beranggotakan 9 orang


5. Rancangan Pembukaan UUD dikenal dengan nama ….

a. Piagam Jakarta

b. Akta Kemerdekaan

c. Naskah Proklamasi

d. Piagam Pembukaan


6. Sidang BPUPKI yang pertama dilaksanakan pada tanggal ….

a. 10 – 14 Agustus 1945

b. 29 Mei – 1 Juni 1945

c. 10 – 16 Juli 1945

d. 29 April – 1 Mei 1945


7. PPKI dibentuk pada tanggal ….

a. 29 April 1945

b. 10 Juli 1945

c. 7 Agustus 1945

d. 15 Agustus 1945


8. Perhatikan Rumusan berikut :

1. Peri Kebangsaan.

2. Peri Kemanusiaan.

3. Peri Ketuhanan.

4. Peri Kerakyatan.

5. Kesejahteraan Rakyat (Keadilan Sosial).


Rumusan tersebut disampaikan oleh ….

a. Mr. Muh. Yamin

b. Mr. Soepomo

c. Ir. Soekarno

d. Drs. Moh. Hatta


9. Undang Undang Dasar 1945 yang telah disahkan oleh PPKI itu terdiri dari dua bagian yaitu ….

a. Bagian Pembukaan dan Batang Tubuh UUD

b. Bagian Pembukaan dan Pentutupan

c. Bagian Inti dan Penjelasan

d. Bagian Proklmasi dan Pancasila


10. Mr. Muh. Yamin adalah salah satu tokoh perumus dasar negara yang berasal dari ….

a. Semarang, Jawa Tengah

b. Blitar, Jawa Timur

c. Sawahlunto, Sumatra Barat

d. Denpasar, Bali


11.  Berikut yang tidak termasuk nilai-nilai yang dapat diambil dalam proses perumusan Pancasila ….

a. Semangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan

b. Semangat kekeluargaan dan kebersamaan sebagai bangsa Indonesia

c. Semangat untuk mengutamakan kepentingan daerah sendiri

d. Rasa cinta tanah air yang begitu besar


12. Contoh sikap para pendiri bangsa ketika menghadapi perbedaan pendapat adalah ….

a. Mengutamakan kepentingan pribadi

b. Saling menghargai pendapat

c. Mempermasalahkan pendapat-pendapat

d. Saling berdebat panjang tidak mau kalah


13. Bunyi sila kedua Pancasila adalah ….

a. Persatuan Indonesia

b. Ketuhanan Yang Maha Esa

c. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

d. Kemanusiaan yang adil dan beradab


14. Sila dalam Pancasila yang menekankan kepada rasa persatuan dari seluruh kelompok, suku dan ras yang ada di Indonesia adalah sila ke ….

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4


15. Berikut nilai-nilai dalam sila keempat Pancasila, kecuali ….

a. Kerakyatan

b. Ketuhanan

c. Hikmat kebijaksanaan

d. Permusyawaratan


16. Para tokoh pendiri bangsa dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara mempunyai sikap ….

a. Senang bermusyawarah dan berjiwa besar

b. Suka mengutamakan kepentingan daerah

c. Berambisi menjadi pemimpin bangsa

d. Saling memaksakan kehendak


17. Hasil keputusan dari musyawarah harus dapat dipertanggungjawabkan oleh ….

a. Ketua rapat

b. Sekretaris rapat

c. Diri sendiri

d. Seluruh peserta rapat


18. Pembukaan UUD 1945 terdiri dari ….

a. 3 alenia

b. 4 alenia

c. 5 alenia

d. 6 alenia


19. Di dalam pembukaan UUD 1945, rumusan Pancasila terdapat pada ….

a. Alinea pertama

c. Alinea ketiga

b. Alinea kedua

d. Alinea keempat


20. Berikut adalah contoh sikap yang mencerminkan sila ke-3 Pancasila adalah ….

a. Memeluk agama dengan baik

b. Bermusyawarah memilih ketua kelas

c. Selalu rukun dengan semua teman

d. Suka menolong orang yang kesusahan


21. Alinea II pembukaan UUD 1945 mengandung cita-cita bangsa Indonesia yaitu ….

a. Negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur

b. Kemerdekaan adalah hak segala bangsa

c. Kemerdekaan atas berkat Rahmat Allah SWT.

d. Negera yang merdeka, berbentuk republik dan kuat.


22. Pengambilan keputusan dengan cara mengambil suara terbanyak dapat dilakukan jika …. a. jumlah peserta musyawarah sedikit

b. Peserta musyawarah ingin cepat pulang

c. Musyawarah untuk mufakat sulit tercapai

d. Peserta rapat tidak suka musyawarah


23. Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan ….

a. UUD 1945

b. Peri kemanusiaan dan Peri Keadilan

c. Norma adat

d. Norma kesusilaan


24. Setelah Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan oleh Ir. Soekarno, maka bangsa Indonesia menjadi negara ….

a. Maju

b. Serikat

c. Merdeka

d. Adikuasa


25. Contoh musyawarah yang dapat dilakukan di kelas adalah ….

a. Memilih teman sebangku

b. Memilih jam pulang sekolah

c. Memilih jumlah pelajaran

d. Memilih ketua kelas






Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :









Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan langsung ternilai secara online, silahkan dicoba :










B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!


1. BPUPKI melakukan rapat sebanyak …. kali.

2. BPUPKI diketuai oleh ….

3. Panitia Sembilan diketuai oleh ….

4. Rapat BPUPKI yang kedua dilaksanakan tanggal …..

5. BPUPKI dibubarkan dan sebagai gantinya dibentuk ….

6. Rumusan Pancasila yang oleh Ir. Soekarno disampaikan pada tanggal ….

7. Para pendiri bangsa membuat keputusan musyawarah setelah mencapai ….

8. Sila dalam Pancasila yang menekankan kepada keputusan bersama ketika berbeda pendapat adalah seila ke ….

9. Presiden dan wakil presiden yang pertama dipilih oleh ….

10. Ketua PPKI adalah ….


C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!


1. Mengapa para tokoh pendiri bangsa mengubah isi sila pertama Pancasila pada piagam Jakarta yang menjadi rancangan pembukaan UUD ?

Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

2. Sebutkan nilai-nilai juang yang dapat kita ambil dari proses perumusan Pancasila!

Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….


3. Sebutkan tokoh-tokoh dalam proses perumusan Pancasila!

Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….


4. Sebutkan 5 contoh perbuatan yang mencerminkan setiap sila dari Pancasila!

Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….


5. Tulislah 5 sila Pancasila secara lengkap!

Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….






Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :









Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan langsung ternilai secara online, silahkan dicoba :








KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN HARIAN PKN KELAS 6 SD

BAB PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA 



A. JAWABAN


1. b. Kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia

2. c. 5

3. a. Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)

4. d. Beranggotakan 9 orang

5. a. Piagam Jakarta

6. b. 29 Mei – 1 Juni 1945

7. c. 7 Agustus 1945

8. a. Mr. Muh. Yamin

9. a. Bagian Pembukaan dan Batang Tubuh UUD

10. c. Sawahlunto, Sumatra Barat

11. c. Semangat untuk mengutamakan kepentingan daerah sendiri

12. b. Saling menghargai pendapat

13. d. Kemanusiaan yang adil dan beradab

14. c. 3

15. b. Ketuhanan

16. a. Senang bermusyawarah dan berjiwa besar

17. d. Seluruh peserta rapat

18. b. 4 alenia

19. d. Alinea keempat

20. c. Selalu rukun dengan semua teman

21. a. Negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur

22. c. Musyawarah untuk mufakat sulit tercapai

23. b. Peri kemanusiaan dan Peri Keadilan

24. c. Merdeka

25. d. Memilih ketua kelas


B. JAWABAN


1. 2

2. Dr. Radjiman Widyodiningrat

3. Ir. Soekarno

4. 10 – 16 Juli 1945

5. PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia)

6. 1 Juni 1945

7. Mufakat

8. 4

9. PPKI

10. Ir. Soekarno


C. JAWABAN


1. Para tokoh pendiri bangsa mengubah isi sila pertama Pancasila pada piagam Jakarta yang menjadi rancangan pembukaan UUD dikarenakan bahwa kalimat di sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.” belum tepat untuk bangsa Indonesia yang mempunyai banyak agama yang dianut penduduknya. Sehingga demi semangat persatuan dan menghargai keyakinan seluruh penduduk Indonesia maka para pendiri bangsa sepakat untuk mengubah kalimat di sila pertama menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”


2. Nilai-nilai juang yang dapat kita ambil dari proses perumusan Pancasila adalah sebagai berikut :

a. Semangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan

b. Semangat kekeluargaan dan kebersamaan sebagai bangsa Indonesia

c. Rasa cinta tanah air yang begitu besar

d. Semangat untuk membela dan memperjuangkan hak asasi manusia

e. Mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi

f. Mengindari perpecahan dan mengutamakan persatuan

g. Semangat untuk mengabdikan diri untuk negara


3. Tokoh-tokoh dalam proses perumusan Pancasila diantaranya adalah sebagai berikut :

1) Mr. Moh Yamin

2) Ir. Soekarno

3) Mr. Soepomo

4) Drs. Moh Hatta


4. 5 contoh perbuatan yang mencerminkan setiap sila dari Pancasila adalah sebagai berikut :

– Sila pertama, mengamalkan perintah agama dengan baik.

– Sila kedua, selalu sopan kepada semua orang

– Sila ketiga, saling menghormati antar teman lain daerah

– Sila keempat, selalu bermusyawarah ketika menyelesaikan masalah bersama

– Sila kelima, saling tolong menolong membantu tetangga tanpa diskriminasi


5. 5 sila Pancasila adalah sebagai berikut :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia