A. Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik)1. Apa itu Aplikasi
Dapodik?Sistem Aplikasi Dapodik adalah aplikasi penjaring data pokok
pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar dan menengah di
lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas
data pokok tersebut meliputi sekolah termasuk sarana dan prasarana,
Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik dan Proses
Pembelajaran di dalam rombongan belajar (Rombel).2. Mengapa sekolah
harus menggunakan Aplikasi Dapodik?Berdasarkan Instruksi Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri
mengenai aplikasi pendataan di lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwa
Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk
menjaring data pokok pendidikan dasar dan menengah.Data dari Aplikasi
Dapodik akan digunakan sebagai acuan data dalam program-program
Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar dan menengah seperti: pemberian
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS),
Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru, Ujian Nasional, dan
program-program lainnya. Oleh karena itu sekolah harus berpartisipasi
aktif dalam kegiatan pendataan Dapodik.3. Apa akibatnya jika sekolah
menolak menggunakan Aplikasi Dapodik?Data Aplikasi Dapodik digunakan
sebagai acuan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat
pendidikan dasar. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, maka
sekolah akan rugi karena data milik mereka tidak akan sampai ke
Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh
program-program Kemendikbud.4. Bagaimana tahapan update aplikasi ke
versi 2016?Unduh aplikasi versi terbaru (versi 2016) di laman resmi
Dapodikdasmen: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/Instal aplikasi
versi 2016Buat folder di direktori C:/ prefill_dapodikGenerate prefill
lalu unduh dan simpan di folder prefill_dapodikbuka aplikasiRegistrasi
dengan prefill yang baru (online atau offline)Selesai5. Apakah Madrasah
Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)
dapat menggunakan Aplikasi Dapodik?MI, MTs dan MA berada di bawah
naungan Kementerian Agama sehingga tidak dapat menggunakan Aplikasi
Dapodik.6. Jenjang sekolah mana saja yang didata dalam Aplikasi Dapodik
versi 2016?Jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu SD, SMP, SMA,
SMK, dan SLB.7. Apakah termasuk sekolah terpencil dan luar negeri?Ya,
tidak terkecuali.8. Apa perubahan di versi 2016?Selain penggabungan
aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen menjadi satu, ada juga perubahan
antar-muka (user-interface) yang sangat berbeda dari aplikasi
sebelumnya. Kemudian ada beberapa penambahan isian yang bisa dilihat di
aplikasi Dapodik versi 2016 ini.9. Apakah username dan password harus
diganti dengan yang baru?Tidak perlu, tetap menggunakan username dan
password yang lama saja, tapi jika menemukan masalah yang mengharuskan,
maka bisa mengganti username dan password.10. Peringatan sebagian data
tidak masuk, apa yg harus dilakukan?Silakan lakukan generate ulang
prefill dan registrasi ulang. Bila belum berhasil, silakan hubungi
dinas kabupaten/kota setempat.11. Perbedaan versi 2016 dengan versi
sebelumnya?Secara garis besar perubahan yang bisa terlihat adalah
penggabungan aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen menjadi satu aplikasi
yaitu aplikasi Dapodik, selain itu terdapat perubahan tampilan
antarmuka dan penambahan beberapa isian.Penambahan tabulasi Sekolah
Aman.Membuka periode aktif semester 1 tahun ajaran
2016/2017Pengelompokkan validasiPengisian lebih rinci terkait pendataan
PIP12. Apa yang harus dilakukan oleh operator sekolah untuk memulai
pendataan semester ganjil dengan menggunakan versi 2016?Install
aplikasi versi 2016Registrasi dengan cara online/offline. Prefill
digunakan pada saat melakukan registrasi offline.Mulai update data :
anggota rombel, pembelajaran, dan data periodik lainnya (selengkapnya
dapat dibaca di buku manual aplikasi)13. Apakah prefill yang lama bisa
digunakan di aplikasi versi 2016?Tidak, harus lakukan generate ulang
prefill sebelum memulai proses pendataan (jika registrasi menggunakan
metode offline). Jangan di biasakan mengoleksi prefill, hendaknya
melakukan generate ulang prefill ketika akan memulai pendataan.14.
Bagaimana untuk sekolah baru, sekolah merger dan sekolah yang sudah
tutup?Laporkan ke dinas pendidikan kab/kota setempat untuk di teruskan
ke pusat selanjutnya admin pusat yang akan melakukan tindaklanjut
permasalahan tersebut.15. Apakah aplikasi ini masih bersifat mampu
bekerja dalam keadaan offline?Ya, mekanisme tersebut masih tetap
berlaku di versi ini untuk meakomodir untuk sekolah-sekolah yang
memiliki keterbatasan akses internet.16. Kapan paling lambat pengiriman
data dapodik?Pengiriman dapodik sudah di atur dalam aplikasi per
semester.17. Dimana saya bisa mendapatkan aplikasi dapodik versi
2016?Lakukan pengunduhan installer aplikasi melalui website resmi
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id18. Kapan masa berlaku aplikasi
versi 2016?Masa berlaku aplikasi versi 2016 berakhir pada tanggal 31
Desember 2016. Selanjutnya nanti akan diumumkan updater aplikasi
selanjutnya.19. Ketika data masih invalid ( warna merah ) apakah masih
bisa syncron?Tidak. Pastikan seluruh data yang berwarna merah sudah
bersih, hal ini di maksudkan untuk meningkatkan kualitas data yang
dikirimkan oleh sekolah.20. Lalu apa yang harus dilakukan ketika masih
ada data yang invalid ( warna merah )?Perbaiki sesuai dengan data
invalidnya, lakukan validasi kembali, lalu sinkronisasi.21. Jika
peringatan warning ( warna kuning ) apakah bisa melakukan
sinkronisasi?Bisa. Untuk yang bertanda warning masih bisa diberikan
keringanan untuk pengiriman data masih di ijinkan, namun demikian
diharapkan peringatan warna kuning tersebut di perbaiki sampai bersih
validasinya.22. Apa yang dimaksud dengan data periodik, lalu bagaimana
cara mengisinya?Data periodik adalah data yang harus diupdate setiap
periode semester tahun pelajaran, data semester lalu akan tersimpang
sebagai histori dan data semester selanjutkan harus diisikan ulang
karena dimungkinkan sekali akan mengalami perubahan kondisi.Cara
mengisi dapat dilakukan secara manual (input ulang) atau menggunakan
fitur yang sudah di sediakan pada action menu lanjutkan data periodik
PD atau PTK, data yang tersalin secara otomatis dari semester ganjil ke
semester genap.23. Jika ada siswa mutasi dari sekolah lain apa yang
harus di lakukan?Bisa menggunakan fitur mutasi online (tarik PD online
melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) atau mutasi manual
(input ulang pada aplikasi), fitur ini bersifat pilihan.Tidak boleh
melakukan mutasi manual (input ulang pada aplikasi), jika sudah
melakukan mutasi online (tarik PD online).24. Jika ada PTK
mutasi/mencari jam tambahan di sekolah lain apa yang harus
dilakukan?Bisa menggunakan fitur mutasi PTK online (tarik PTK online
melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id), agar sekolah baru
tidak perlu menambahkan/ inputkan PTK di sekolah baru/ sekolah ke 2
secara manual.25. Ketika sinkronisasi, berapa lama data masuk ke dalam
server?Data masuk kedalam database dan profil sekolah secara realtime,
tapi untuk agregat data muncul dalam waktu 1x24 jam.26. Apa yang
dimaksud dengan dokumen pakta integritas?Dokumen yang menyatakan
keabsahan data dapodik oleh sekolah secara online untuk di bubuhi tanda
tangani oleh kepala sekolah, pengawas sekolah, dinas kabupaten/kota.27.
Apa yang harus sekolah lakukan dengan dokumen pakta integritas
tersebut?Dokumen tersebut dapat di serahkan oleh pihak sekolah kepada
dinas pendidikan kab/kota.28. Kapan dokumen tersebut di
kumpulkan?Dokumen pakta integritas dapat di unduh web
dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id pada saat data sekolah sudah merasa data
lengkap, benar dan mutakhir, untuk selanjutnya dokumen tersebut di
tanda tangani oleh sekolah, pengawas dan dinas pendidikan kab/kota.29.
Apakah pengawas, kepala sekolah, KKDatadik terlibat dalam dokumen pakta
integritas?Ya. Ketiga pihak tadi mengverifikasi data dapodik yang
terkirim ke pusat.30. Penggunaan kurikulum 2013 tidak diizinkan pada
aplikasi Dapodik?Laporkan sekolah kepada dinas pendidikan di daerahnya
agar dilaporkan kepada Puskurbuk untuk di daftarkan agar bisa
melanjutkan Kurikulum 2013.31. Bagaimana cara merubah nama operator
pada aplikasi dapodik?Lakukan pengupdatean data pengguna pada Manajemen
Pengguna.Ada pada menu Pengaturan >> tabel pengguna >> masukan kode
registrasi >> lakukan perubahan penggantian nama pada manajemen
pengguna32. Sekolah kami berstatus Negeri, tapi kenapa menerima BOS =
Tidak?Perbaiki data isian menerima BOS di data rinci sekolah.33. Peta
koordinat sekolah salah posisi?Lakukan perubahan melalui
http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/. Login menggunakan akun SDM yang
sudah di registrasikan kemudian lakukan syncron pada aplikasi
dapodik.34. Bagaimana cara mengupdate versi aplikasi?Cek koneksi
internet harus terhubung ke internet. Lakukan pengupdatean versi
melalui menu pengaturan kemudian pilih Cek Pembaruan, jika laptop dalam
keadaan online/terhubung internet. Maka akan terunduh secara
otomatis.35. NISN tidak muncul di aplikasi Dapodikmen?Cek kembali
penginputan pada vervalpd apakah sudah melakukan konfirmasi data, jika
pada vervalpd belum melakukan konfirmasi data maka data NISN siswa
tidak akan muncul pada aplikasi Dapodikmen.36. Bagaimana cara
mengajukan NUPTK melalui dapodik?Lakukan pengisian dapodik secara
benar.Kosongkan tabel NUPTK pada aplikasi dapodik (yang belum mempunyai
NUPTK), dan yang akan memvalidasi adalah pihak dari PDSP akan di
terbitkan sesuai dengan kebutuhan guru di daerahnya masing-masing dan
sesuai dengan pengajuan dari Direktorat GTK.37. Apakah validasi dan
sync mengalami perubahan?Tidak ada perubahan, sama dengan semester 2,
baik cara dan metodologinya.38. Apakah data yg invalid (merah) mencegah
pengiriman data (sync)?Ya. Data invalid akan mencegah pengiriman data
(sinkronisasi).39. Kapan Aplikasi Dapodik versi 2016 (expired)?Sesuai
dengan periode semester I tahun ajaran 2016/2017 yaitu tanggal 31
Desember 2016.40. Jika ingin berpindah komputer atau laptop untuk
mengerjakan Aplikasi Dapodik, apa yang harus dilakukan?Di komputer yang
baru: generate ulang prefill baru, lalu instal aplikasi dan registrasi
seperti biasa. Maka akan muncul data hasil sinkronisasi terakhir;Di
komputer yang lama lakukan uninstall aplikasi;Jika tidak dilakukan
tahapan seperti di atas, akan terjadi data berganda.B. Perangkat Lunak
Keras41. Aplikasi Dapodik paling baik diinstall di PC atau di
laptop?Disarankan diinstal pada laptop karena mobilitasnya lebih baik.
Jika terjadi sesuatu dengan Aplikasi Dapodik, laptop bisa dibawa untuk
konsultasi perbaikan data dan aplikasi.42. Bagaimana spesifikasi
hardware minimal agar lancar menggunakan Aplikasi Dapodik?Processor
minimal Pentium Core DuoMemory minimal 2 GBStorage tersisa minimal 400
MBCD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD43. Sistem Operasi
(Operating System) apa yang paling baik digunakan untuk Aplikasi
Dapodik?Disarankan menggunakan Windows 7. Meski demikian, Aplikasi
Dapodik juga dapat berjalan di Sistem Operasi berikut ini:Windows 7 32
64 BitWindows 8 32 64 BitWindows 8.1 32 64 BitWindows 10 32 64 Bit44.
Peramban (Browser) apa yang paling baik digunakan untuk menjalankan
Aplikasi Dapodik?Peramban yang direkomendasikan untuk digunakan adalah
Google Chrome atau Mozilla Firefox.45. Bagaimana cara melakukan setting
agar Aplikasi Dapodik dapat dibuka di peramban tersebut?Aplikasi
Dapodik berjalan di peramban bawaan (default browser) di komputer. Jadi
untuk dapat membuka aplikasi melalui shortcut yang ada di desktop,
silakan setting peramban yang akan digunakan sebagai peramban bawaan di
komputer. Aplikasi Dapodik juga dapat diakses dengan mengetik alamat
localhost di navigasi peramban.46. Di mana saya dapat mengunduh
aplikasi tersebut ?Di laman
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduhC. Kode Registrasi47.
Apakah kode registrasi berubah di versi 2016?Tidak. Secara default,
kode registrasi sekolah tidak mengalami perubahan. Namun jika ingin
mengubah kode registrasi karena sesuatu hal (keamanan data), sekolah
dapat melakukannya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.
Meski demikian, diharapkan hati-hati dalam me-reset kode registrasi
karena aplikasi kode registrasi lama akan ditolak oleh sistem pada saat
sinkronisasi.48. Apa yang dimaksud dengan kode registrasi?Sebuah kode
unik dan rahasia yang dibuat oleh sistem sebagai kunci aktivasi
Aplikasi Dapodik. Kode ini bersifat unik, artinya masing-masing sekolah
memiliki kode registrasi yang berbeda-beda.49. Apa fungsi kode
registrasi?Untuk melakukan aktivasi ketika sekolah akan memulai entri
data sekolahnya. Kode ini juga dapat digunakan untuk mengunduh data
prefill dan melihat data individu sekolah di progres pengiriman laman
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Selain itu juga untuk membaca
data prefill sekolah masing-masing.50. Di mana sekolah saya bisa
mendapatkan kode registrasi?Cara mendapatkannya adalah dengan
menghubungi Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK Datadik) di Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.51. Apa syarat mendapatkan kode
registrasi?Syaratnya, sekolah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional
(NPSN) dan terdaftar di dalam referensi Pusat Data dan Statistik
Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP-K) Kemendikbud. Apabila belum
terdaftar, segera perbaharui ke PDSP atau menghubungi dinas pendidikan
kabupaten/kota setempat. Cek data NPSN bisa dilakukan di
referensi.data.kemdikbud.go.id >> Data Master >> pilih jenjang yang
diinginkan.52. Jika tidak memiliki NPSN, apakah sekolah kami bisa
mendapatkan kode registrasi?Tidak. Solusinya adalah dengan mengurus
NPSN terlebih dahulu. Setelah memiliki NPSN, otomatis bisa didaftarkan
agar mendapatkan kode registrasi. Hal ini dimaksudkan agar keabsahan
sekolah tersebut resmi terdaftar di Kemendikbud.53. Apakah NPSN
sementara dengan format NPxxxxx bisa dibuatkan kode registrasinya?Ya,
Karena itu NPSN sementara yang dikeluarkan PDSP.54. Apa yang harus
dilakukan jika lupa dengan kode registrasi sekolah?Solusinya bisa
segera menanyakan kode registrasi sekolahnya kepada dinas pendidikan
kabupaten/kota setempat.55. Apa akibatnya jika kode registrasi
diketahui oleh sekolah lain/pihak lain?Kode registrasi itu bersifat
rahasia. Jadi jangan sampai diberitahukan ke sekolah lainnya karena
menyangkut data masing-masing sekolah. Dikhawatirkan kalau sampai
diketahui oleh sekolah/pihak lain, maka data sekolahnya akan digunakan
oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.56. Apakah kode
registrasi tahun ajaran 2016/2017 ini sama dengan tahun sebelumnya?Ya.
Namun jika sekolah ingin mengubah kode registrasi karena sesuatu hal,
maka dapat diubah melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.57.
Apa fungsi lain dari kode registrasi?Selain untuk kode aktivasi juga
dapat digunakan untuk mengunduh data prefill per sekolah melalui
dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Di samping itu juga untuk
memeriksa data individu sekolah di progres pengiriman untuk memastikan
datanya sudah sama dengan di server.58. Untuk sekolah baru, bagaimana
prosedur mendapatkan kode registrasi?Melalui dinas pendidikan
kabupaten/kota. Ajukan nomor NPSN ke PDSP dengan melampirkan
dokumen-dokumen kelengkapan administrasi perizinan sekolah dan SK izin
operasional. Setelah mendapatkan NPSN maka dapat mengajukan kode
registrasi ke Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.59. Apa akibat bila kode
registrasi dipakai oleh dua sekolah atau lebih?Akibatnya akan fatal.
Data kedua sekolah tersebut akan bercampur menjadi satu. Ini sangat
tidak dianjurkan. Karena itu, pastikan kode registrasi tersebut
benar-benar milik sekolah tersebut dan tidak diketahui oleh orang lain.
Bila sudah telanjur, solusinya adalah generate ulang prefill dan
lakukan prosedur instalasi seperti semula dengan menggunakan data
prefill yang baru. Bersihkan data berganda tersebut lalu lakukan
sinkronisasi. Untuk sekolah yang kedua minta ke dinas kabupaten/kota
untuk dibuatkan kode registrasi baru.60. Apakah dapat mengubah kode
registrasi?Ya , melalui fasilitas ubah/reset kode registrasi di dinas
kabupaten/kota. Fitur ini dimaksudkan ketika kode registrasi diketahui
oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab atau pergantian operator,
maka perubahan ini dapat dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak
diinginkan.Reset kode registrasi tidak menghilangkan data. Namun yang
perlu diingat, kode registrasi lama yang sudah direset tidak dapat
melakukan sinkronisasi.61. Kode registrasi ini apakah untuk keperluan
administrasi kelembagaan?Tidak. Kode registrasi ini hanya untuk
kebutuhan teknis operasional penggunaan Aplikasi Dapodik saja, bukan
sebagai nomor administratif seperti Nomor Pokok Sekolah Nasional
(NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) maupun Nomor Unik Pendidik
dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).62. Apakah kode registrasi bersifat
permanen?Ya, selama pendataan Dapodik masih berjalan secara
berkelanjutan.D. Data Prefill63. Apa definisi data prefill?Prefill
adalah data sekolah beserta isinya yang telah compressed menjadi prf
file. Prefill ini adalah database sekolah hasil pengiriman terakhir
Dapodik. Prefill ini dimaksudkan agar data tahun ajaran sebelumnya
dapat berlanjut ke data tahun ajaran berjalan. Selain itu agar operator
sekolah tidak melakukan input data untuk kedua kalinya.64. Apakah
fungsi data prefill?Data prefill berfungsi untuk registrasi dan berisi
data-data sekolah yang telah dimasukkan pada aplikasi sebelumnya.65.
Dimana bisa mendapatkan data prefill?Data prefill bisa didapat di
alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Pastikan data prefill
tersebut yang terbaru (update) melalui generator prefill.66. Apa yang
dimaksud dengan generate data prefill?Updating data awal prefill dengan
hasil sinkronisasi terakhir ke server. Sehingga data prefill menjadi
ter-update dengan data kiriman ke server terakhir.67. Dimana dapat
difasilitasi untuk melakukan generate prefill?Generate prefill bisa
dilakukan oleh operator tingkat sekolah. Alamat untuk generate prefill
adalah:http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/prefill. Fasilitas ini
semacam simpan lokal secara nasional.68. Jika komputer bermasalah
(hilang, rusak, atau ganti komputer) apa yang harus dilakukan?Lakukan
generate ulang prefill, unduh, lalu lakukan prosedur instalasi seperti
prosedur awal instalasi. Dengan demikian, pada aplikasi lokal sekolah
akan mucul data hasil kiriman sekolah yang terakhir. Hal ini penting
dan perlu dilakukan agar operator tidak menginput data dari awal lagi.
Jika prosedur ini tidak dilakukan dikhawatirkan datanya akan
ganda/duplikasi, karena data di server sudah pernah ada.69. Apakah
dapat menggunakan data prefill tahun ajaran sebelumnya?Tidak bisa,
karena struktur berbeda dan data tahun sebelumnya sudah melalui proses
cleansing/pembersihan data. Pastikan Anda menggunakan data prefill
terbaru untuk melakukan proses input data di tahun ajaran baru.E.
Instalasi Aplikasi70. Dimana bisa didapatkan master installasi Aplikasi
Dapodik?Master Aplikasi Dapodik bisa diunduh lewat alamat
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ pada bagian unduh aplikasi.71.
Apa fungsi Pengaturan Port dalam proses installasi Aplikasi
Dapodik?Fungsinya untuk menentukan letak server lokal yang akan
diinstalkan dan bertujuan agar aplikasi bisa berjalan sempurna. Tidak
perlu ubah port ketika instalasi. Biarkan sistem mengaturnya.72.
Bagaimana jika instalasi aplikasi berhenti di bagian konfigurasi
server?Bisa jadi port defaultnya sudah terpakai sehingga aplikasi tidak
mau terinstal. Solusinya segera hapus aplikasi yang menggunakan port
default Aplikasi Dapodik.73. Bagaimana cara melakukan uninstall
Aplikasi Dapodik?Buka control panel > Program and Features> Dapodik >
klik uninstall.Kemudian akan muncul kotak kecil berisi pernyataan
menghapus aplikasi > pilih Ya. Tunggu sampai muncul keterangan Aplikasi
Dapodik berhasil dihapus dari komputer Anda.74. Apa yang terjadi
setelah registrasi dengan file prefill ini?File terebut akan hilang
dengan sendirinya setelah registrasi berhasil. Hal ini dimaksudkan agar
penggunaan file ini hanya satu kali saja setelah sekolah melakukan
proses input data. Selanjutnya menggunakan mekanisme generate ulang
prefill.F. Registrasi75. Data apakah yang diinputkan saat
registrasi?Nama LengkapUsername (email)PasswordKonfirmasi PasswordKode
Registrasi- Nama : Lakukan input sesuai nama lengkap operator sekolah
sebagai PIC (penanggung jawab teknis data sekolah)- Username (email) :
usahakan unik, maksudnya 1 sekolah menggunakan 1 email yang berbeda
dengan yang lain.- Nomor telepon : ini adalah nomor handphone operator
sekolah, diawali 08xxx… ini sebagai narahubung jika ada informasi.-
Kode registrasi : pastikan kode registrasi ini adalah milik sekolah
Anda.76. Apa yang harus dilakukan jika saat registrasi muncul
keterangan kode registrasi tidak ditemukan?Cek pada folder prefill yang
ada di C:/ prefill_dapodik, apakah prefill-nya sudah diunduh dan
disimpan pada folder tersebut atau belum. Kalau belum maka segera unduh
prefill-nya pada alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ pada
bagian unduhan Download Data Prefill, kemudian masukkan kode
registrasi. Setelah itu klik unduh di tulisan sini. Langkah selanjutnya
simpan di folder C:/ prefill_dapodik.77. Apa yang harus dilakukan jika
saat registrasi muncul keterangan beberapa data tidak masuk’’?Hubungi
KKDatadik kabupaten masing-masing atau hubungi Customer Service Dapodik
pusat.G. Beranda78. Apa yang harus dilakukan jika nama sekolah di
aplikasi tidak sesuai?Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data
Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk meminta bantuan mengubah nama sekolah.
Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi
Helpdesk Pusat.79. Apa yang harus dilakukan jika nama kabupaten/kota di
aplikasi tidak sesuai?Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data
Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta bantuan mengubah nama sekolah
menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa,
maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.80. Apa yang harus dilakukan
jika nama kecamatan di aplikasi tidak sesuai?Silakan hubungi dinas
kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta
bantuan mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas
kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.81.
Apa yang harus dilakukan jika di Beranda terdapat keterangan kepsek
belum dipilih?Silakan buka Aplikasi Dapodik, lalu pada tab PTK pilih
nama Kepseknya, lalu klik tombol ubah. Lihat pada bagian rincian data
PTK pada tab Tugas Tambahan, di situ klik tambah lalu masukkan data
kepseknya. Setelah semua data selesai diinput, kemudian klik simpan.H.
Input Data82. Bagaimana prosedur input data yang benar?Penginputan data
yang benar sesuai dengan yang ada di lapangan dan teratur, dimulai dari
input data sekolah, sarana prasarana, peserta didik, PTK, Rombel, dan
sebagainya.83. Di mana bisa didapatkan formulir pendataan Aplikasi
Dapodik?Formulir bisa didapat melalui website
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/84. Apakah di aplikasi terdapat
panduan pengisian data?Di aplikasi ada panduan dalam pengisian data
berupa tombol help berupa tanda Tanya (?). Tombol tersebut berfungsi
untuk memberitahu operator kalau ada inputan yang tidak diketahui bisa
dilihat melalui bantuan tersebut.85. Dapatkah 1 komputer digunakan
untuk mengentri data lebih dari 1 sekolah?Bagi lembaga yang menaungi
dua sekolah bisa mengerjakan pengisian data dalam 1 laptop.Cara
pengerjaannya:Siapkan kode registrasi dan file prefill semua sekolah
yang akan dimasukkan;File prefill kedua sekolah tersebut dimasukkan ke
folder dengan nama prefill_dapodik di drive C;Siapkan user/email yg
berbeda untuk setiap sekolah, jangan menggunakan user dan password yang
sama;Lakukan registasi sekolah pertama;Login menggunakan user dan
password sekolah pertama;Lakukan registrasi peserta didik, dan isi
penugasan PTK terlebih dahulu;Lakukan registrasi sekolah kedua;Login
menggunakan user dan password sekolah kedua;Isi registrasi peserta
didik, da nisi penugasan PTK;Dst.86. Dapatkah entri satu data sekolah
dikerjakan oleh beberapa operator pada laptop berbeda?Untuk mempermudah
pengerjaan satu sekolah bisa dikerjakan oleh beberapa orang operator
dengan menggunakan laptop yang berbeda. Caranya dengan menggunakan LAN
atau IPCONFIG yang di-share oleh Laptop/PC server. Akan tetapi untuk
melakukan sinkronisasi hanya bisa dilakukan oleh komputer utama yang
dijadikan server.87. Bagaimana jika setelah dipindahkan ke tabel utama,
data PTK/Peserta Didik hilang?Bila setelah menambahkan data PTK atau
Peserta Didik baru, baik itu pindahan atau baru, datanya tidak tampil
di tabel utama, silakan lakukan sinkronisasi untuk mengambil data dari
server agar SP (Store Prosedure) berjalan dan PTK/Peserta Didik bisa
tampil di tabel utama. Atau klik Action Menu lalu pilih PTK belum
penugasan, atau tampilkan data peserta didik belum registrasi dan
lakukan refresh dengan menekan tombol ctrl+f5,88. Apa solusinya jika
terjadi kesalahan input nama, tanggal lahir, dan NISN peserta
didik?Bisa diedit atau diperbaiki melalui vervalpd.data.
kemdikbud.go.idSetelah melakukan edit data, silakan sinkronisasi agar
perubahan turun ke lokal (Aplikasi Dapodik di sekolah).89. Kenapa data
individu Peserta Didik, PTK, dan rombongan belajar berbeda antara
Aplikasi Dapodik dan server?Kesalahan jumlah biasanya terjadi karena
pengisian data di aplikasi double, atau terjadi duplikasi data di
server.Cara menormalkannya, silakan lakukan generate prefill, lalu
instal ulang aplikasinya dan lakukan registrasi dengan menggunakan
username dan password yang sama. Setelah itu lakukan sinkronisasi.90.
Bagaimana jika sekolah kami ingin melakukan merger dengan sekolah
lain?Silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat dengan menyerahkan
SK Penggabungan dari dinas, atau bisa melalui email resmi yang tertera
di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, Lampirkan SK dan data
pendukung yang diperlukan serta daftar data yang akan digabungkan.91.
Bagaimana cara mendapatkan kembali data yang telah kita isi bila laptop
dan PC terkena virus atau hilang?Data bisa diambil kembali apabila
sekolah pernah melakukan sinkronisasi sebelumnya. Data bisa diambil
dengan melakukan generate prefill yang bisa dilakukan sekolah sendiri
atau melalui dinas kabupaten/kota. Setelah di generate, silakan instal
aplikasinya dan lakukan registrasi dengan username dan password yang
sama.I. Kirim Data92. Apakah fungsi menu update versi
sinkronisasi?Tombol tersebut fungsinya untuk memperbarui perubahan
aplikasi sync yang ada di aplikasi lokal dengan di server.93. Bagaimana
parameter sinkronisasi yang berhasil?Pada kotak perubahan apa saja yang
sebelumnya berisi pemberitahuan data yang sudah ditambah, update, hapus
akan tertera di situ. Jika parameter sinkronisasi berhasil maka kota
perubahan tersebut hilang.94. Apa parameter/ciri-ciri data telah
berhasil terkirim semua ke server?Bisa dilihat dari tabel perubahan,
datanya menjadi kosong. Kemudian cek laman
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, data hasil sinkronisasi telah
muncul berikut tanggal sinkronisasi terakhir.J. Cek Progres Pengiriman
Data95. Di mana kita dapat mengecek hasil pengiriman sinkronisasi
Aplikasi Dapodik?Pengecekan data individu sekolah bisa dilakukan di
laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Pilih menu Progres
Pengiriman. Pilih provinsi lalu kabupaten serta kecamatan tempat
sekolah berada. Pilih nama sekolah lalu masukkan kode registrasi jika
hendak melihat data individu sekolah hasil pengiriman dari Aplikasi
Dapodik.K. Sekolah96. Jika ada sekolah merger, apa yang harus
dilakukan?Dinas Pendidikan setempat menghubungi Pusat untuk dilakukan
proses merger.Proses merger di Pusat dapat memindahkan data PD, PTK,
dan Prasarana secara otomatis dari sekolah yang dilebur ke sekolah
induk tanpa harus menginput ulang.Setelah proses merger selesai,
sekolah induk melakukan generate ulang prefill baru dan diregistrasikan
seperti biasa dengan menggunakan kode registrasi sekolah induk. Sekolah
yang dilebur akan otomatis terhapus di Pusat.Akan terlihat PD, PTK, dan
Prasarana di sekolah yang dilebur otomatis masuk ke sekolah induk.97.
Jika ada sekolah tutup atau berhenti beroperasi, apa yang harus
dilakukan?Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan
melakukan penutupan sekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id.
Secara otomatis data di Aplikasi Dapodik akan berubah mengikuti data di
vervalsp.98. Jika ada sekolah berganti nomenklatur, apa yang harus
dilakukan?Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan
melakukan perubahan nomenklatur sekolah melalui
vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Secara otomatis data di Aplikasi Dapodik
akan berubah mengikuti data di vervalsp.99. Jika ada sekolah baru, apa
yang harus dilakukan?Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas
akan menambahkan sekolah baru melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id.
Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) akan diterbitkan oleh Pusat Data
dan Statistik Pendidikan (PDSP) dan secara otomatis kode registrasi
dapat diterbitkan dan diunduh di manajemen pendataan (akses
dinas).Kemudian sekolah melakukan proses instalasi aplikasi versi 4.0.0
generate prefill, dan registrasi seperti biasa.100. Jika terjadi
kesalahan identitas sekolah yang dikunci di Aplikasi Dapodik seperti
NPSN, alamat sekolah, kecamatan, SK Izin Operasional, desa, dll, apa
yang harus dilakukan?Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas
akan mengubah identitas sekolah tersebut melalui
vervalsp.data.kemdikbud.go.id dan otomatis akan memperbarui data di
Aplikasi Dapodik saat melakukan sinkronisasi.101. Bagaimana jika ada
pertanyaan terkait integrasi Kurikulum 2013 dan Aplikasi
Dapodik?Silakan hubungi laman: pengaduan.kemdikbud.go.id.102. Jika
sekolah atau dinas tetap mempertahankan implementasi Kurikulum 2013 di
luar sekolah yang ditentukan, apa yang harus dilakukan?Hubungi laman:
pengaduan.kemdikbud.go.id.103. Sekolah saya ada di daftar validasi pada
laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, apa yang harus dilakukan?Lakukan
perbaikan sesuai dengan informasi data invalid.104. Jika sekolah saya
masuk ke dalam validasi Rombel berganda, apa yang harus
dilakukan?Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan
dengan prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau
sama (tidak masalah);Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang
berganda tersebut;Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran,
kemudian Rombel dapat dihapus.L. Peserta Didik105. Untuk siswa pindah
ke sekolah lain bagaimana ?Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan
siswa tersebut, isi alasan keluar karena…… (sesuaikan dengan pilihan)
di tabel registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan berpindah ke
tabel peserta didik keluar dengan alasan sesuai pilihan.106. Untuk
siswa masuk atau pindahan dari sekolah lain bagaimana?Tambahkan peserta
didik seperti prosedur awal diinputkan sesuaikan dengan surat mutasi
atau pindahnya, bisa melalui tambah peserta didik secara online atau
tambah peserta didik secara offline Jangan lupa dimasukkan ke dalam
rombongan belajar dengan status siswa pindahan dan jenis pendaftaran
pindahan di registrasi peserta didik.107. Bagaimanakah mekanisme
penambahan peserta didik baru atau mutasi?Prosedur tambah peserta didik
baru :1. mekanisme offline (sama dengan seperti yang sebelumnya)2.
mekanisme onlinea. mekanisme online ini dengan menggunakan webb.
dapo.dikdas.kemdikbud.go.idc. tujuan PD baru online agar siswa yang
pernah terdaftar di server dapodikd. dapat di tarik ke dalam aplikasi
tanpa input dari awal lagie. prosedur ini hanya untuk siswa yang sudah
lulus dari SD atau mutasi darif. sekolah laing. prosedur ini hanya bisa
di eksekusi jika PD yang lama sudah di mutasi / lulus dari sekolah
lamah. prosedur ini tidak berlaku bagi siswa kelas 1 SD yang
mengeksekusi prosedur ini adalah sekolah baru/tujuanTahapan :1) buka
web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id2) fitur mutasi/PD baru3) cari siswa
yang di maksud (berdasarkan nama/nisn) di sekolah lama4) pilih siswa
yang di maksud dan konfirmasi5) pastikan siswa yang dipilih sesuai
dengan yang dimaksud6) lakukan sync dari aplikasi dapodik sekolah7)
siswa yang di maksud akan turun ke lokal8) mapping siswa tsb ke dalam
rombel yang sesuai9) periksa dan lengkapi atribut yang belum lengkap10)
sync kembali dan periksa hasilnya di web
dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id108. Kenapa Sts peserta didik bertanda
seru (!) dan berwarna merah?Karena peserta didik tersebut belum
diregistrasikan, maka silakan registrasikan peserta didik tersebut
sesuai tanggal masuk ke sekolahnya.109. Untuk siswa lulus
bagaimana?Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa tersebut. Isi
alasan keluar karena lulus di tabel registrasi peserta didik. Maka
peserta didik akan berpindah ke tabel peserta didik keluar dengan
alasan lulus.110. Untuk siswa tinggal kelas bagaimana?Tidak boleh
dihapus, Masukkan siswa tersebut ke dalam Rombel dengan pendaftaran
mengulang.111. Untuk siswa yang keluar atau putus sekolah
bagaimana ?Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa tersebut, isi
alasan keluar karena putus sekolah di tabel registrasi peserta didik.
Maka peserta didik akan berpindah ke tabel peserta didik keluar dengan
putus sekolah.112. Mengapa data peserta didik pindahan yang telah
diinput tidak bisa di-mapping ke Rombel yang seharusnya, justru terbaca
sebagai siswa kelas I?Bila siswa pindahan tidak bisa di-mapping ke
Rombel, berarti kesalahan pada proses penambahan siswa.Pada tabel
peserta didik SD terdapat dua jenis tambahan, 1 tambah siswa kelas I,
dan tambah. Untuk peserta didik pindahan harus dientri di tabel
tambahan, sedangkan untuk kelas I dientri di tambah siswa kelas I.113.
Bagaimana jika ada kesalahan pengisian nama dan tanggal lahir siswa di
tabel peserta didik ?Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui
vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun yang sudah
registrasi di sdm.data.kemdikbud.go.id.114. Apakah PD harus di-mapping
ulang di dalam tabel Rombel?Jika menggunakan fasilitas action menu
kenaikan kelas maka siswa tidak perlu di mapping ulang dengan catatan
peserta didik tidak diacak atau dirandom. Bila menggunakan pilihan buat
rombel baru maka peserta didik harus dimapping ulang didalam
rombel.115. Apakah penerbitan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) masih
menggunakan Aplikasi Dapodik?Ya. Mekanisme pengumpulan datanya masih
tetap dengan Aplikasi Dapodik dan vervalpd.116. Jika ada siswa yg
mutasi (pindah sekolah atau baru), bagaimana mekanismenya?Untuk siswa
yang mutasi dan lulus dari SD bisa menggunakan fasilitas mutasi online
yang terdapat di profil sekolah setelah login sebagai operator sekolah
di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, dengan syarat siswa
tersebut sudah dimutasikan atau diluluskan dari sekolah asal.M.
Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)117. Bagaimana jika PTK tersebut
keluar atau mutasi dari sekolah induk?Untuk PTK yang keluar/mutasi dari
sekolah induk tidak boleh langsung dihapus, akan tetapi PTK tersebut
harus diubah di penugasannya. Di sana terdapat beberapa pilihan di
antaranya: PTK keluar karena mutasi, pensiun, wafat, dll. Isi pula
tanggal keluar atau mutasinya.118. Bagaimana mekanisme jika ada
kesalahan penulisan Nama, tanggal Lahir, NUPTK pada data PTK?Untuk
memperbaiki kesalahan entri melalui vervalptk.data.kemdikbud.go.id dan
login menggunakan akun yang sudah registrasi di
sdm.data.kemdikbud.go.id.119. Apakah pengisian data rinci harus per
bulan atau per semester?Setiap data rinci itu diisi bila ada perubahan,
baik itu per bulan ataupun per semester, disesuaikan dengan kondisi
riil di lapangan. Terdapat di tabel Action Menu, bisa dipilih lanjutkan
data periodik untuk mempermudah pengerjaan.120. Mengapa data info GTK
saya tidak bisa dicek?Karena ada perbedaan data Nomor Unik Pendidik dan
Tenaga Kependidikan (NUPTK), nama PTK, dan tanggal lahir yang dientri
di Aplikasi Dapodik dengan database Pusat.121. Kenapa ketika mengecek
data PTK di info GTK data sekolah induk tidak ditemukan?Ada dua
kemungkinan. Pertama, PTK tersebut terdaftar sebagai PTK induk di dua
sekolah. Kedua, PTK tersebut tidak dipilih sekolah induknya.122.
Mengapa masa kerja golongan atau pangkat PTK tidak sesuai dengan yang
dientrikan?Masa kerja golongan atau pangkat diambil dari tabel riwayat
pangkat dan golongan pada Tanggal Mulai Tugas (TMT) golongan atau
pangkat. Bila TMT Golongan lebih muda dari Pangkat, maka Masa Kerja
Golongan yang diambil. Akan tetapi bila TMT Pangkat lebih muda, maka
Masa Kerja Golongan yang diambil.123. kenapa pada saat ubah PTK dan
Save tidak berhasil muncul keterangan field masih ada yang merah’’?ini
biasanya terjadi pada sekolah swasta, ganti status pegawaian menjadi
PNS dan cek kembali pada isiannya seperti NIP, SK CPNS, SK PNS jika
masih ada yang merah dihapus, setelah itu pilih kembali ke status
pegawainnya yang asli seperti GTY.124. Apakah PTK harus di-mapping
ulang di dalam tabel Rombel?PTK harus dimapping kembali didalam rombel
karena dipembelajaran untuk semester yang sekarang kosong kembali125.
Jika ada PTK yg mutasi (pindah sekolah atau baru), bagaimana
mekanismenya?Silakan diinputkan sesuaikan dengan surat mutasi atau
pindahnya.N. Rombel126. Bagaimana cara membuat rombongan belajar
(Rombel)?Sama seperti tahun sebelumnya. Namun jika Rombel tersebut
berlanjut ke tingkat selanjutnya, gunakan fasilitas kenaikan kelas
dengan asumsi siswa tetap, tidak di acak atau random. Namun jika diacak
kembali, maka buatlah Rombel baru seperti prosedur awal.127. Kurikulum
apa saja yang dipilih?Sesuai dengan ketentuan dari puspurdik sekolah
yang terdaftar sebagai pengguna kurikulum 2013 bisa tetap menggunakan
kurikulum tersebut, tapi bila tidak terdaftar sekolah harus menggunakan
kurikulum KTSP.128. Bagaimana cara pengaturan Jumlah Jam Mengajar (JJM)
di dalam Rombel?Ikuti peraturan pada pengaturan jam sesuai dengan
peraturan menteri tentang kurikulum dan pelajari modul validasi
pengisian data PTK dari Direktorat GTK (Guru dan Tenaga
Kependidikan)129. Kenapa isian Rombel di tabel peserta didik tidak bisa
diedit?Untuk mengedit isian Rombel pada tabel peserta didik, lakukan
registrasi terlebih dahulu bila peserta didiknya belum diregistrasi.
Setelah itu klik tabel rombongan belajar, pilih kelas, lalu klik
anggota Rombel. Kemudian pilih nama dan mapping ke Rombel ya. Setelah
itu lakukan refresh dengan cara menekan tombol ctrl+f5.130. Apakah
Rombel harus dihapus untuk mengubah KTSP 2006 ke Kurikulum 2013, begitu
juga sebaliknya?Tidak. Cukup dengan mengganti kurikulumnya saja dan
mengedit kembalipembagian PTK Mengajar sesuai dengan struktur kurikulum
yang digunakan.131. Bagaimana langkah mengganti kurikulum agar tidak
perlu menghapus Rombelnya?Silakan pilih Rombelnya, ganti kurikulum yang
sesuai dengan mengklik kolom kurikulum. Setelah diganti, klik
simpan.Refresh atau tekan CTRL + F5.Klik Rombelnya, lalu klik
pembelajaran .Setelah muncul pembelajarannya, silakan edit sesuai
dengan struktur kurikulum yang digunakan baik itu KTSP atau Kurikulum
2013 lalu klik simpan.Jika Kurikulum 2013 SMP diganti ke KTSP SMP,
selain mengganti pembagian jam mengajar juga harus menghapus mata
pelajaran prakarya.Jika KTSP SMP diganti ke Kurikulum 2013 SMP (sekolah
terpilih Kurikulum 2013 SMP), hapus mata pelajaran TIK.O. Program
Indonesia Pintar (PIP)132. Jika siswa mendapatkan kiriman kartu KIP,
apa yang harus dilakukan?Inputkan nomor kartu KIP didalam aplikasi
Dapodik lalu sinkronkan ke server. Direktorat Pembinaan SD/SMP/SMA/SMK
akan melakukan verifikasi dan menerbitkan SK kepada siswa yang menerima
selanjutnya pihak bank yang ditunjuk akan melakukan pencairan dana PIP
sesuai dengan SK yang diterbitkan.133. Di aplikasi Dapodik mendapat
kiriman nomor KIP secara otomatis dari server pusat, sedangkan no. KIP
tersebut berbeda dengan kertu yang diterima. Apa yg harus
dilakukan?Ganti isian nomor KIP di aplikasi dapodik dari pusat dengan
nomor KIP sesuai dengan kartu yang diterima.134. Jika nama yang tertera
di KIP berbeda dengan nama yang sebenarnya, apa yang harus
dilakukan?Isi di kolom isian "nama yang tertera di kartu" di tabel
peserta didik, untuk diprogramkan cetak ulang kartu.135. Semula isian
nomor KIP bergabung dengan isian di kolom KPS/PKH/KKS. Apa yang harus
dilakukan?Secara sistem nomor KIP yang bergabung di kolom KPS/PKH/KKS
akan dimigrasikan secara otomatis ke kolom nomor KIP, namun jika masih
ditemukan belum berpindah maka pindahkan nomor isian tersebut ke kolom
nomor KIP.136. Jika siswa mendapat kiriman kartu KIP namun menolak
dengan alasan tertentu, apa yang harus dilakukan?Isi alasan menolak KIP
di aplikasi Dapodik pada tabel peserta didik dengan memilih alasannya
(menolak, sudah mampu, dilarang pemda karena mendapat bantuan
serupa).137. Jika ada anak miskin tidak memiliki kartu KIP/PKH/KKS/KPS
namun ingin diusulkan mendapat bantuan dana PIP, apa yang harus
dilakukan?Isi kolom layak PIP sesuai dengan kriterianya di aplikasi
Dapodik.138. Untuk memeriksa hasil inputan terkait PIP, apa yang harus
dilakukan?Manfaatkan fasilitas export yang tersedia di tabel peserta
didik. Periksa kembali isian nomor KIP dan kelayakan PIP.P. Rule
Validasi139. Nama Peserta Didik Kosong atau tanpa hurup vocalCek
kembali nama Peserta didik di tabel utama pada aplikasi dapodik bila
ditemukan nama yang tidak sesuai lakukan editing dataSetelah selesai
lakukan sinkronisasi agar data di server berubah.140. Nama Peserta
Didik dengan tanda baca atau symbolCek kembali nama Peserta didik di
tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang ada tanda
baca atau simbolnya lakukan editing dataSetelah selesai lakukan
sinkronisasi agar data di server berubah.141. Belum pernah
sinkronSekolah belum pernah melakukan sinkronisasi atau pengiriman data
ke server, sehingga data deserver kosong.142. Belum sinkron 20142Login
ke aplikasi dapodik pilih periode Genap 2014/2015 cek kembali
data-datanya klik validasi dan lakukan sinkronisasi.143. Sinkron
terakhir = 20132Sekolah terkahir melakukan sinkronisasi pada periode
genap 2013/2014, lakukan updateing aplikasi dapodik, cek datanya dan
lakukan sinkronisasi agar validasinya hilang.144. Sinkron terakhir <
20132Sekolah terkahir melakukan sinkronisasi pada periode ganjil
2013/2014, lakukan updateing aplikasi dapodik, cek datanya dan lakukan
sinkronisasi agar validasinya hilang.145. Rombel tanpa wali kelasLogin
ke aplikasi dapodik klik rombongan belajar cek setiap rombel bila
ditemukan rombel tanpa wali kelas silahkan edit, setelah selesai
sinkronkan datanya.146. Bukan pelaksana Kurikulum 2013 – pilihan
kurikulum salahSekolah bukan merupakan pelaksana kurikulum 2013 akan
tetap memilih kurikul 2013, maka sekolah harus mengubah kurikulum yang
digunakan pada aplikasi dapodik dengan mengubahnya ke Kurkulum
KTSP.147. Status honor mengisi pangkat dan golonganMasuk ke aplikasi
dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK honorer yang terdeteksi memiliki
pangkat dan golongan klik ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatan bila
terisi silahkan hapus datanya.Lakukan sinkronisasi agar data
perubahannya terkirim ke server dapodikas.148. PNS pangkat dan golongan
kosongMasuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK PNS yang
terdeteksi pangkat dan golongan kosong klik ubah cek di tabel Riwayat
Kepangkatannya lengkapi data kepangkatannya sesuai dengan SK
Kepangkatan yang dimiliki oleh PTK tersebut.Lakukan sinkronisasi agar
data perubahannya terkirim ke server dapodikas.149. PNS NIP kosongMasuk
ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK PNS yang terdeteksi NIP
kosong klik ubah cek data PTK pada kepegawaian lalu cek NIP nya
lengkapi data NIP sesuai dengan data yang dimiliki oleh PTK
tersebut.Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server
dapodikas.150. Nama PTK Kosong atau tanpa hurup vocalCek kembali nama
PTK di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang tidak
sesuai lakukan editing dataSetelah selesai lakukan sinkronisasi agar
data di server dapodik berubah.151. Nama PTK dengan tanda baca atau
symbolCek kembali nama PTK di tabel utama pada aplikasi dapodik bila
ditemukan nama yang ada tanda baca atau simbolnya lakukan editing
dataSetelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server dapodik
berubah.152. Usia PTK tidak wajarMasuk ke aplikasi dapodik pilih tabel
PTK, pilih PTK yang terdeteksi memiliki usia tidak wajar, klik ubah cek
data PTK pada data tanggal lahirnya ubah tanggal lahirnya di aplikasi
dapodik lengkapi datanya sesuai dengan data yang dimiliki oleh PTK
tersebut.Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server
dapodikas.153. Kepsek belum dipilihBila pada beranda aplikasi dapodik
terdeteksi Kepsek belum dipilih maka cek ditabel PTK klik nama PTK yang
menjabat sebagai kepala sekolah lalu cek tugas tambahan ptk tersebut
bila masih kosong silahkan isi sesuai dengan sk kepala sekolahnya.Bila
tugas tambahan sudah terisi tapi masih tervalidasi cek diisi table
tugas tambahan pada kolom ‘TST’ bila terisi artinya terhitung selesai
tugas berarti sudah tidak menjabat sebagai kepala sekolah maka hapus
TST tersebut setelah itu refresh / tekan ctrl+f5 lalu cek dibranda
ya.154. Kepsek GandaBila pada beranda aplikasi dapodik terdeteksi
Kepsek terhitung lebih dari 1 berarti terdapat 2 PTK yang memiliki
tugas tambahan sebagai kepala sekolah, untuk menghilangkannya buka
tabel PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai
Kepala sekolah, klik ubah cek di data priodik lalu klik tugas tambahan
klik TST Tugas tambahan dan isi setelah itu setelah itu refresh / tekan
ctrl+f5 Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah
dirubah dapat turun ke aplikasi.155. Jumlah Kepala Lab lebih dari yang
telah ditentukanBila sekolah terdeteksi Jumlah Kepala Lab lebih dari
yang telah ditentukan berarti terdapat lebih dari 1 PTK yang memiliki
tugas tambahan sebagai kepala Lab, untuk menghilangkannya buka tabel
PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala Lab,
klik ubah cek di data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas
tambahan dan isi setelah itu setelah itu refresh / tekan ctrl+f5.
Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah
dapat turun ke aplikasi.156. Jumlah Kepala perpus lebih dari yang telah
ditentukanBila sekolah terdeteksi Jumlah Kepala Perpustakaan lebih dari
yang telah ditentukan berarti terdapat lebih dari 1 PTK yang memiliki
tugas tambahan sebagai kepala Perpustakaan, untuk menghilangkannya buka
tabel PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai
Kepala Perpustakaan, klik ubah cek di data priodik lalu klik tugas
tambahan klik TST Tugas tambahan dan isi setelah itu setelah itu
refresh / tekan ctrl+f5. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar
data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi157. Nama sekolah sama
disatu kecamatanBerarti ada lebih dari 1 nama sekolah yang sama maka
untuk merubahnya hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs
pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki
silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke
aplikasi.158. Bentuk pendidikan salahBila terdeteksi bentuk pendidikan
salah hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar
dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan
sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.159.
NPSN gandaBila NPSN terdeteksi ganda berarti dalam 1 kecamatan ada 2
sekolah memakai NPSN yang sama maka segera hubungi dinas kab/kota untuk
diperbaiki setelah itu lakukan sync untuk data perubahannya.160. Status
sekolah salahBila terdeteksi status sekolah salah hubungi dinas
kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan
kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data
yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.161. Indikasi sekolah tutup
atau mergerBila sekolah terdeteksi tutup atau merger tapi dilapangan
masih aktif segera hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs
pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah.162. Nomor rekening
BOS kosongLogin ke Aplikasi dapodik cek ditabel sekolah apakah sudah
terisi atau belum nomor rekeningnya, bila sudah diperbaiki dan
disinkronkan tapi hasilnya diaplikasi masih belum terisi maka lakukan
langkah berikutLakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan
dengan prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau
sama (tidak masalah);Lalu cek kembali ditabel sekolahnya dan diisi
nomor rekening BOS nya.163. Rombel ganda (Tingkat dan Nama rombel
sama)Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan
prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau sama
(tidak masalah);Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang berganda
tersebut;Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, kemudian Rombel
dapat dihapus.