Cara Mendidik Anak_Cara Mengajari Anak Agar Cepat Bisa Lancar Membaca_Kemampuan membaca merupakan tahapan yang membutuhkan perhatian dan waktu lebih dari orangtua, terutama saat anak-anak mulai memasuki masa Taman Kanak-kanak. Anda tidak dapat hanya mengandalkan materi yang diberikan di sekolah, melainkan harus ikut berperan serta untuk mengajari anak-anak membaca saat di rumah. Adapun beberapa cara mengajari anak agar bisa cepat membaca yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut. Silakan disimak.Tips Mengajari Anak Agar Cepat Bisa Membaca 1. Lakukan Setiap HariUntuk membuat anak-anak bisa membaca dalam waktu yang cepat, Anda harus selalu menyisihkan waktu untuk mengajarinya setiap hari. Anda bisa mengawali latihan membaca dengan buku-buku yang menarik sehingga anak-anak tidak jenuh memulainya.Ketika anak-anak mulai menikmati, Anda bisa menggunakan buku dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi secara bertahap. 2. Pahami MoodAnda harus memahami mood anak terlebih dahulu sebelum mengajaknya untuk belajar membaca. Sebab, Anda akan kesulitan apabila mengajak anak-anak dalam keadaan mengantuk, lapar, ataupun marah.Jadi, Anda harus benar-benar mampu mengkondisikan mood anak yang tentunya juga akan mempengaruhi suasana saat belajar membaca.3. Gunakan Metode yang MenarikAnda harus ingat bahwa mengajari anak membaca tentu tidak dapat disamakan dengan orang dewasa. Anda harus mampu menemukan suatu cara yang menarik untuk membangkitkan semangatnya.Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dalam hal metode pembelajaran yang menarik. Anda dapat mengajari anak-anak belajar membaca sambil bernyanyi, sambil bercerita, media elektronik, ataupun karpet huruf.4. Berhentilah Sebelum BosanPoin yang penting ketika Anda mengajari anak belajar adalah tidak perlu menunggunya bosan baru berhenti. Anda harus tanggap melihat sikap anak yang terlihat mulai tidak tertarik dan segera menghentikannya.Akan lebih baik jika Anda dapat memperhitungkan durasi yang paling tepat untuk belajar membaca. Pada intinya mengajari anak membaca tidak perlu dalam waktu yang terlalu lama, melainkan dengan jadwal yang rutin dan berkala.5. Simpan Buku di Lokasi TerjangkauAkan lebih memudahkan Anda saat mengajak anak belajar membaca jika penempatan buku berada di lokasi yang terjangkau. Anda dapat menggunakan rak buku yang menarik serta memungkinkan anak-anak untuk sering menyentuhnya.Letakkan buku-buku di tempat yang tidak terlalu tinggi agar anak-anak mudah menjangkau dan selalu ingat dengan aktivitas belajar membaca. 6. Lakukan Tes secara BerkalaDalam hal ini yang dimaksud bukanlah tes secara resmi. Anda dapat mengulangi kemampuan membaca yang telah diajarkan sebelumnya ketika mereka sedang bermain, yaitu dengan mengingatkan kosakata atau ejaan yang telah mereka pahami pada hari sebelumnya.7. Bersikap SabarMengajari anak-anak membaca tidak dapat dilakukan dengan cara yang instan. Anda harus mampu mengontrol emosi jika anak-anak mengalami kesulitan serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membaca.Mengajari anak-anak membaca dengan emosi hanya akan membuat mereka trauma serta segan mengulangi kegiatan pembelajaran.8. Memberikan Contoh yang BaikAnda dapat membiasakan diri untuk rajin membaca juga terutama saat berada di hadapan anak-anak, sehingga mereka akan selalu tertarik dengan kegiatan tersebut. Sebab, anak-anak masih memiliki kebiasaan meniru apa yang dilakukan oleh orang di sekitarnya.Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk selalu melakukan kegiatan positif agar anak-anak juga dapat menirukannya.9. Berikan PujianSetiap kali anak-anak mampu membaca dengan baik atau saat usai melakukan kegiatan belajar membaca, Anda harus memberikannya pujian berupa kata-kata yang dapat membangkitkan semangatnya. Sesekali Anda dapat memberikan hadiah sebagai penghargaan atas prestasi mereka. Demikian beberapa cara mengajari anak agar bisa cepat membaca. Lakukan kegiatan ini secara tekun dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Tips Mengajari Anak Agar Cepat Bisa Membaca
1. Lakukan Setiap Hari
Untuk membuat anak-anak bisa membaca dalam waktu yang cepat, Anda harus selalu menyisihkan waktu untuk mengajarinya setiap hari. Anda bisa mengawali latihan membaca dengan buku-buku yang menarik sehingga anak-anak tidak jenuh memulainya.
Ketika anak-anak mulai menikmati, Anda bisa menggunakan buku dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi secara bertahap.
2. Pahami Mood Anda harus memahami mood anak terlebih dahulu sebelum mengajaknya untuk belajar membaca. Sebab, Anda akan kesulitan apabila mengajak anak-anak dalam keadaan mengantuk, lapar, ataupun marah.
Jadi, Anda harus benar-benar mampu mengkondisikan mood anak yang tentunya juga akan mempengaruhi suasana saat belajar membaca.
3. Gunakan Metode yang Menarik
Anda harus ingat bahwa mengajari anak membaca tentu tidak dapat disamakan dengan orang dewasa. Anda harus mampu menemukan suatu cara yang menarik untuk membangkitkan semangatnya.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dalam hal metode pembelajaran yang menarik. Anda dapat mengajari anak-anak belajar membaca sambil bernyanyi, sambil bercerita, media elektronik, ataupun karpet huruf.
4. Berhentilah Sebelum Bosan
Poin yang penting ketika Anda mengajari anak belajar adalah tidak perlu menunggunya bosan baru berhenti. Anda harus tanggap melihat sikap anak yang terlihat mulai tidak tertarik dan segera menghentikannya.
Akan lebih baik jika Anda dapat memperhitungkan durasi yang paling tepat untuk belajar membaca. Pada intinya mengajari anak membaca tidak perlu dalam waktu yang terlalu lama, melainkan dengan jadwal yang rutin dan berkala.
Baca Juga
- Prinsip Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik_Prinsip-prinsip pembelajaran dengan pendekatan saintifik baik dalam kurikulum 2006 maupun kurikulum 2013 adalah seperti di bawah ini.Sepuluh (10) Prinsip Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific/Saintifik :1. Berpusat pada peserta didik yaitu kegiatan aktif peserta didik secara fisik dan mental dalam membangun makna atau pemahaman suatu konsep, hukum/prinsip2. Membentuk students’ self concept yaitu membangun konsep berdasarkan pemahamannya sendiri.3. Menghindari verbalisme,4. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengasimilasi dan mengakomodasi konsep, hukum, dan prinsip,5. Mendorong terjadinya peningkatan kecakapan berpikir peserta didik,6. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik,7. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melatih kemampuan dalam komunikasi, serta8. Memungkinkan adanya proses validasi terhadap konsep, hukum, dan prinsip yang dikonstruksi peserta didik dalam struktur kognitifnya.9. Melibatkan keterampilan proses sains dalam mengonstruksi konsep, hukum, atau prinsip,10. Melibatkan proses kognitif yang potensial dalam merangsang perkembangan intelektual, khususnya keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
- Metode Mengajar yang Menyenangkan_Mengajar merupakan suatu kegiatan yang sederhana, karena mengajar tidak untuk memberi pemahaman sendiri tapi orang lain. Sebagai seorang guru/pendidik pastinya sudah tidak asing lagi dengan kegiatan mengajar, apalagi sudah bertahun-tahun menggeluti dunia ini. Selama mengajar, pernahkah terlintas pikiran apakah pelajaran yang telah disampaikan kepada siswa mudah diterima? Nah, ini termasuk kegalauan yang dialami beberapa guru. Kembali ke pernyataan awal tadi bahwa mengajar itu kegiatan yang simple tapi tidak semua orang bisa melakukannya.Seorang guru mau tidak mau harus melakukan inovasi dalam metode mengajar supaya tercipta suasana yang menyenangkan. Ada beberapa metode mengajar yang menyenangkan yang bisa diterapkan oleh pendidik. Langsung saja simak ulasan berikut ini.1. Memilih media pembelajaran yang tepatSaat mengajar pastinya anda butuh suatu media untuk membantu penyampaian. Media pembelajaran biasanya disesuaikan dengan pelajaran yang disampaikan. Contohnya saja bagi guru mengampu mata pelajaran matematika dan sedang membahas bab tentang macam-macam bangun, guru bisa menggunakan metode mengajar yang menyenangkan dengan alat peraga bentuk beberapa bangun, seperti balok, limas, dan sebagainya, yang bisa dibuat dari besi yang di las dan/atau dengan bahan lain yang mudah didapatkan. Atau jika guru mengajar pelajaran bahasa Inggris, media pembelajaran yang dipakai bisa berupa audio atau film edukasi berbahasa Inggris, sehingga bisa mengasah kemampuan pendengaran peserta didik. Dengan menggunakan media atau alat peraga, murid akan terbantu untuk memahami materi yang sedang diajarkan oleh guru.2. Buat suasana dekat antara guru dan muridSalah satu yang membuat murid tidak suka saat sekolah, yaitu karena guru yang mengampu suatu mata pelajaran cenderung galak dan tidak memberi kesempatan kepada murid untuk bertanya dan mengutarakan pendapat.Untuk menciptakan metode mengajar yang menyenangkan, saatnya guru perlu menciptakan hubungan yang akrab dengan murid. Guru tidak selamanya harus terlihat lebih pintar di kelas, guru juga perlu mengajak diskusi dan mendengarkan pendapat murid saat membahas suatu topik pelajaran.Jadikan murid sebagai teman belajar, karena sebagai guru pastinya juga masih harus belajar. Dengan tercipta suasana yang dekat antara guru dan murid, mengajar akan terasa lebih menyenangkan.3. Melakukan pembelajaran di luar kelasTidak selamanya belajar itu di dalam kelas, murid juga punya daya bosan ketika menghadapi suasana yang sama. Untuk mengatasi hal itu, guru bisa mengajak murid untuk belajar di luar kelas. Jika memungkinkan guru bisa membuat jadwal untuk mengadakan pembelajaran di lapangan. Contohnya saja pelajaran IPA yang sangat berhubungan dengan lingkungan alam sekitar, belajar sejarah dengan mengunjungi suatu museum yang membahas materi pembelajaran, bahasa Inggris dengan mencari turis asing dan mengarahkan peserta didik untuk melakukan percakapan walaupun kemampuannya masih terbatas, atau masih banyak yang lainnya. Metode seperti ini bisa dibilang sebagai praktik dari apa yang telah dipelajari selama di kelas. Dengan mengatur jadwal, pastinya bisa menyempatkan metode mengajar ini.Itulah beberapa metode mengajar yang menyenangkan. Pastinya masih banyak metode mengajar yang menyenangkan lainnya bisa digali lebih dalam lagi. Semoga ulasan artikel yang tidak terlalu panjang ini bisa membantu para pendidik untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan.
- Pengertian Metode Belajar dan Jenis-Jenisnya_Guru dapat mencapai keberhasilan dalam peroses belajar mengajar di kelas dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif. Oleh karena tidak semua metode pembelajaran cocok bagi semua peserta didik, guru sebaiknya bijaksana dalam memilih metode belajar yang tepat.Berdasarkan pendapat para ahli, kata metode berasal dari bahasa Jerman yang terdiri dari kata meta yang memiliki arti melalui dan hodos yang memiliki arti jalan, metode bermakna jalan yang dilalui. Kata metode dalam bahasa Arab diungkapkan dalam beragam kata yaitu al-tariqah, al-wasilah, manhaj dan al-tariqah yang berarti jalan, perantara atau mediator.Dengan demikian metode memiliki makna yaitu cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah tujuan. Metode juga dapat dipahami sebagai sebuah media untuk menguji, menemukan dan menyusun data yang dibutuhkan bagi pengembangan sebuah disiplin ilmu.Pengertian metode belajar dipahami sebagai sebuah cara untuk menguji, menemukan dan menyusun data yang dibutuhkan bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian metode belajar adalah alat untuk mengembangkan dan mengolah suatu gagasan sehingga menghasilkan temuan atau teoriJenis-Jenis Metode Belajar Untuk lebih memahami pengertian metode belajar berikut ini kami sajikan beberapa jenis metode belajar:A. Metode Belajar SQ3RMetode belajar SQ3R ditemukan oleh seorang ilmuwan pendidikan dari Universitas Negeri Ohio Amerika Serikat bernama Francis R. Metode ini dapat diaplikasikan pada beragam pendekatan belajar dan bersifat praktis. Metode belajar SQ3R terdiri dari beberapa tahap diantaranya:1. SurveyTahap ini dipahami sebagai peroses meneliti, memeriksa atau mengidentifikasi keseluruhan teks.2. QuestionTahap question merupakan proses penyusunan daftar pernyataan yang relevan dengan keseluruhan teks.3. Read Tahap read dimaknai sebagai proses secara aktif melakukan pembacaan teks untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun.4. ReciteTahap ini ditandai dengan proses menghafal setiap jawaban yang telah berhasil ditemukan.5. ReviewReview merupakan proses melakukan peninjuan ulang keseluruhan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun pada langkah kedua maupun ketiga.B. Metode Belajar PQ4RMetode belajar PQ4R merupakan sebuah strategi pembelajaran yang berperan dalam meningkatkan kinerja memori otak untuk lebih memahami substansi teks.Metode ini diciptakan oleh Thomas dan Robinson pada tahun 1972 di Amerika Serikat.PQ4R adalah singkatan dari Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review. Teknik PQ4R pada hakikatnya adalah pemicu munculnya tanya-jawab yang dapat mendorong para pembaca teks untuk berupaya melakukan pengolahan materi secara lebih detail dan mendalam.Teknik PQ4R terdiri dari tahap-tahap berikut ini:1. PreviewTahap ini siswa didorong untuk memahami materi dengan membaca secara selintas cepat untuk membuka wawasan siswa tentang materi yang akan diajarkan.2. QuestionTahap ini siswa diajak untuk menggali informasi tentang materi yang dibaca dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.3. ReadTahap ini ditandai dengan reaksi siswa terhadap materi yang telah dibaca sehingga mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.4. ReflectPada tahap ini siswa diajak untuk memahami informasi-informasi dari materi yang telah dibaca tersebut.5. RecitePada tahap ke lima ini, siswa didorong untuk mengingat kembali informasi dari materi yang telah dipelajari lalu menyaring hal-hal penting yang ada dalam materi tersebut.6. ReviewPada tahap terakhir siswa diajak untuk membuat catatan singkat berupa intisari dari keseluruhan materi yang telah dibaca. Dari ulasan tentang pengertian metode belajar dan jenis-jenisnya di atas dapat disimpulkan bahwa metode belajar merupakan alat untuk mengembangkan dan mengolah sebuah gagasan mengenai ilmu pengetahuan sehingga mampu menghasilkan sebuah teori atau temuan. Demikian tentang pengertian dan jenis metode belajar. Semoga bermanfaat
Akan lebih memudahkan Anda saat mengajak anak belajar membaca jika penempatan buku berada di lokasi yang terjangkau. Anda dapat menggunakan rak buku yang menarik serta memungkinkan anak-anak untuk sering menyentuhnya.
Letakkan buku-buku di tempat yang tidak terlalu tinggi agar anak-anak mudah menjangkau dan selalu ingat dengan aktivitas belajar membaca.
6. Lakukan Tes secara Berkala
Dalam hal ini yang dimaksud bukanlah tes secara resmi. Anda dapat mengulangi kemampuan membaca yang telah diajarkan sebelumnya ketika mereka sedang bermain, yaitu dengan mengingatkan kosakata atau ejaan yang telah mereka pahami pada hari sebelumnya.
7. Bersikap Sabar Mengajari anak-anak membaca tidak dapat dilakukan dengan cara yang instan. Anda harus mampu mengontrol emosi jika anak-anak mengalami kesulitan serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membaca.
Mengajari anak-anak membaca dengan emosi hanya akan membuat mereka trauma serta segan mengulangi kegiatan pembelajaran.
8. Memberikan Contoh yang Baik
Anda dapat membiasakan diri untuk rajin membaca juga terutama saat berada di hadapan anak-anak, sehingga mereka akan selalu tertarik dengan kegiatan tersebut. Sebab, anak-anak masih memiliki kebiasaan meniru apa yang dilakukan oleh orang di sekitarnya.
Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk selalu melakukan kegiatan positif agar anak-anak juga dapat menirukannya.
9. Berikan Pujian
Setiap kali anak-anak mampu membaca dengan baik atau saat usai melakukan kegiatan belajar membaca, Anda harus memberikannya pujian berupa kata-kata yang dapat membangkitkan semangatnya. Sesekali Anda dapat memberikan hadiah sebagai penghargaan atas prestasi mereka.
Demikian beberapa cara mengajari anak agar bisa cepat membaca. Lakukan kegiatan ini secara tekun dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.