Contoh Soal Latihan UTS IPA SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan Kunci JawabanI. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c atau d di depan jawaban yang paling tepat !1. Kelompok berikut yang tergolong makhluk hidup adalah ....a. pohon,gajah,dan semut b. tanah,kambing,dan kelinci c. ayam,rumput,dan batu d. air,buaya,dan udara2. Jenis makanan terbaik untuk pertumbuhan bayi adalah ....a. nasi tim b. pisangc. bubur d. ASI3. Binatang seperti gambar di bawah termasuk golongan hewan ....a. omnivora b. karnivora c. herbivora d. insektivora4. Pohon singkong,kapas,dan pepaya termasuk tumbuhan yang memiliki tulang daun ....a. menjari b. menyirip c. melengkung d. sejajar5. Kartu Menuju Sehat (KMS) digunakan untuk mengetahui ....a. umur b. kegemukanc. kecerdasan d. pertumbuhan6. Zat yang diperlukan tubuh sebagai sumber tenaga adalah makanan yang banyak mengandung ....a. karbohidrat b. protein c. vitamin d. air7. Rumah sehat adalah rumah yang ....a. mempunyai ventilasi b. mewah c. bagus d. mahal8. Asap dan bau tak sedap adalah penyebab pencemaran ....a. lingkungan b. tanahc. udara d. air9. Nyamuk akan berkembang biak dengan baik pada ....a. genangan air jernih b. selokan tergenang c. timbunan sampah d. ruangan gelap10. Agar tidak mencemari lingkungan,maka sampah sebaiknya dibuang di ....a. sembarang tempat b. laut c. sungai d. tempat sampahII. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !11. Bentuk kepekaan rangsangan pada tumbuhan putri malu adalah mengatupkan daunnya apabila di ....12. Sinar matahari diperlukan tumbuhan hijau untuk melakukan proses ....13. Hewan yang mempunyai sisik sebagai penutup tubuhnya adalah ....14. Tumbuhan yang mempunyai biji berkeping dua disebut tumbuhan ....15. Pada saat biji kedelai ditanam,bagian tumbuhan yang pertama kali tumbuh adalah ....16. Vitamin yang berfungsi untuk mencegah penyakit rabun senja adalah vitamin ....17. Asap kendaraan bermotor mengandung gas beracun yang disebut gas ....18. Air tercemar yang digunakan untuk mandi dapat menyebabkan penyakit ....19. Kegiatan penanaman pohon-pohon di tepi jalan raya disebut ....20. Pewarna makanan tartrazine dapat menghasilkan warna ....III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !21. Sebutkan 3 ciri-ciri makhluk hidup !22. Sebutkan 3 contoh tumbuhan berbatang kayu !23. Apa yang dimaksud dengan ovipar ?24. Sebutkan 3 bahan pewarna alami !25. Bagaimanakah cara memelihara kesehatan lingkungan ?Kunci Jawaban Soal UTS IPA SD/MI Kelas III Semester Gasal/GanjilI. Pilihan Ganda 1. A 2. D 3. B 4. A 5. D6. A 7. A 8. C 9. B 10. D II. Esay11. sentuh 12. fotosintesis 13. ikan 14. dikotil 15. akar16. A17. karbon monoksida 18. kulit19. penghijauan 20. kuningIII. Jawab singkat21. memerlukan makanan,tumbuh,bernapas,bergerak,berkembang biak,peka terhadap rangsang22. pohon mangga,pohon jeruk,pohon jati,dll23. hewan yang berkembang biak dengan bertelur24. kunyit,daun pandan,daun suji,anggur25. menjaga kebersihan lingkungan,mencegah terjadinya pencemaran lingkungan,mengatasi pencemaran lingkunganDemikian Contoh Soal UTS IPA SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan Kunci Jawaban. Semoga bermanfaat
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c atau d di depan jawaban yang paling tepat !
1. Kelompok berikut yang tergolong makhluk hidup adalah ....
a. pohon,gajah,dan semut
b. tanah,kambing,dan kelinci
c. ayam,rumput,dan batu
d. air,buaya,dan udara
2. Jenis makanan terbaik untuk pertumbuhan bayi adalah ....
a. nasi tim
b. pisang
c. bubur
d. ASI
3. Binatang seperti gambar di bawah termasuk golongan hewan ....
a. omnivora
b. karnivora
c. herbivora
d. insektivora
4. Pohon singkong,kapas,dan pepaya termasuk tumbuhan yang memiliki tulang daun ....
a. menjari
b. menyirip c. melengkung
d. sejajar
5. Kartu Menuju Sehat (KMS) digunakan untuk mengetahui ....
a. umur
b. kegemukan
c. kecerdasan
d. pertumbuhan
6. Zat yang diperlukan tubuh sebagai sumber tenaga adalah makanan yang banyak mengandung ....
a. karbohidrat
b. protein
c. vitamin
d. air
7. Rumah sehat adalah rumah yang ....
a. mempunyai ventilasi
b. mewah
c. bagus
d. mahal
8. Asap dan bau tak sedap adalah penyebab pencemaran ....
a. lingkungan
b. tanah
c. udara
d. air
9. Nyamuk akan berkembang biak dengan baik pada ....
a. genangan air jernih
b. selokan tergenang
c. timbunan sampah
d. ruangan gelap
10. Agar tidak mencemari lingkungan,maka sampah sebaiknya dibuang di ....
a. sembarang tempat
b. laut
Baca Juga
- Soal IPA Kelas 6 SD BAB Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Lingkungan Hidupnya dan Kunci Jawaban
- Soal IPA Kelas 5 SD Bab Organ Tubuh Manusia dan Hewan dan Kunci Jawaban
- Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas IV (Empat) Kurikulum 2013_KI dan KD kurikulum 2013 ini berdasarkan lampiran ke-5 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Dasar Pelajaran pada K13 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Download KI dan KD IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 sesuai Isi Lampiran kelima Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.I. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermainB. Kompetensi Dasar 3.1. Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya3.3. Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar3.5. Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran3.7. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannyaII. Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaB. Kompetensi Dasar4.1. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.4.3. Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.4.4. Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.4.7. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.4.8. Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
d. tempat sampah
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
11. Bentuk kepekaan rangsangan pada tumbuhan putri malu adalah mengatupkan daunnya apabila di ....
12. Sinar matahari diperlukan tumbuhan hijau untuk melakukan proses ....
13. Hewan yang mempunyai sisik sebagai penutup tubuhnya adalah ....
14. Tumbuhan yang mempunyai biji berkeping dua disebut tumbuhan ....
15. Pada saat biji kedelai ditanam,bagian tumbuhan yang pertama kali tumbuh adalah ....
16. Vitamin yang berfungsi untuk mencegah penyakit rabun senja adalah vitamin ....
17. Asap kendaraan bermotor mengandung gas beracun yang disebut gas ....
18. Air tercemar yang digunakan untuk mandi dapat menyebabkan penyakit ....
19. Kegiatan penanaman pohon-pohon di tepi jalan raya disebut ....
20. Pewarna makanan tartrazine dapat menghasilkan warna ....
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
21. Sebutkan 3 ciri-ciri makhluk hidup !
22. Sebutkan 3 contoh tumbuhan berbatang kayu !
23. Apa yang dimaksud dengan ovipar ?
24. Sebutkan 3 bahan pewarna alami !
25. Bagaimanakah cara memelihara kesehatan lingkungan ?
Kunci Jawaban Soal UTS IPA SD/MI Kelas III Semester Gasal/Ganjil
I. Pilihan Ganda
1. A
2. D
3. B
4. A
5. D
6. A
7. A
8. C
9. B
10. D
II. Esay
11. sentuh
12. fotosintesis
13. ikan
14. dikotil
15. akar
16. A
17. karbon monoksida
18. kulit
19. penghijauan
20. kuning
III. Jawab singkat
21. memerlukan makanan,tumbuh,bernapas,bergerak,berkembang biak,peka terhadap rangsang
22. pohon mangga,pohon jeruk,pohon jati,dll
23. hewan yang berkembang biak dengan bertelur
24. kunyit,daun pandan,daun suji,anggur
25. menjaga kebersihan lingkungan,mencegah terjadinya pencemaran lingkungan,mengatasi pencemaran lingkungan
Demikian Contoh Soal UTS IPA SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan Kunci Jawaban. Semoga bermanfaat