Dasar Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Tempat Hidup, Cara Berkembang Biak, Cara Bergerak, Cara Pembuahan, Jenis Makanan, Alat Pernapasan, dan Penutup Tubuhnya-Hewan dengan berbagai jenisnya memiliki cirikhasnya masing-masing dapat dikelompokkan berdasarkan berbagai kategori sehingga manusia dapat mengenali hewan dengan berbagai cirikhasnya itu.bab: Makhluk Hidup dan Lingkungannyamateri: Ciri Makhluk Hidup dan Penggolongan Hewan Indikator: Menentukan dasar pengelompokan hewan, menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar, menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabelDi bawah ini saya arsipkan berbagai jenis hewan berdasarkan beberapa dasar pengelompokannya sebagai berikut :A. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Tempat HidupnyaHewan darat : gajah, harimau, jerapah, sapi, kerbau, kambing, kuda, ayam, dan lain-lainHewan air : ikan, belut, cumi-cumi, dan lain-lainHewan darat dan air : katak, penyuB. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Cara Berkembang BiaknyaOvipar ( bertelur ) : ayam, burung, itik, platypus,cicak, tokek, ...Vivipar ( beranak/melahirkan ) : sapi, kambing, kerbau, kuda, gajah, ...Ovovivipar ( bertelur dan melahirkan ) : ular, kadal, ikan hiu, ikan pari, ...C. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Cara BergeraknyaBergerak dengan menggunakan kakinya : kucing, singa, ayam, kambing, ...Bergerak dengan menggunakan sayap : burung, capung, kupu-kupu, kelelawar, ...Bergerak dengan menggunakan perut : ular, cacing, keong, ...Bergerak dengan kaki dan perut : komodo, buaya, penyu, ...D. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Cara PembuahannyaPembuahan internal : ayam, buaya, sapi, anjing laut,paus ...Pembuahan eksternal : semua jenis ikan ( kecuali paus ) dan katakE. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis MakanannyaHerbivora ( hewan pemakan tumbuhan ) : kambing, sapi, kerbau, kelinci, ...Karnivora ( hewan pemakan daging ) : singa, harimau, buaya, pelikan, paus, hiu, ...Omnivora ( hewan pemakan tumbuhan dan hewan lain /segala ) : tikus, lele, itik, kera, ...F. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Alat PernafasannyaBernafas dengan paru-paru : sapi, lumba-lumba, katak, kadal, anjing laut, harimau, ...Bernafas dengan insang : ikan, berudu, kuda laut, belut, ...Bernafas dengan trakea : serangga ( semut, kupu-kupu, kumbang, ...)Bernafas dengan kulit : katak, cacing tanah, ...G. Pengelompookan Hewan Berdasarkan Penutup TubuhnyaBerbulu : ayam, itik, burung, ...Bersisik : ular, ikan, buaya. ...Berambut : sapi, kerbau, kucing, ...Berlendir : belut, sidat, lele, cacing, ...Bercangkang : keong, kura-kura, bekicot, ...Demikian Dasar Pengelompokan Hewan Berdasarkan Tempat Hidup, Jenis Makanan, Cara Berkembang Biak, Cara Bergerak, Cara Pembuahan, Alat Pernapasan, dan Berdasarkan Penutup Tubuhnya. Semoga bermanfaat
Dasar Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Tempat Hidup, Cara Berkembang Biak, Cara Bergerak, Cara Pembuahan, Jenis Makanan, Alat Pernapasan, dan Penutup Tubuhnya-Hewan dengan berbagai jenisnya memiliki cirikhasnya masing-masing dapat dikelompokkan berdasarkan berbagai kategori sehingga manusia dapat mengenali hewan dengan berbagai cirikhasnya itu.
- bab: Makhluk Hidup dan Lingkungannya
- materi: Ciri Makhluk Hidup dan Penggolongan Hewan
- Indikator: Menentukan dasar pengelompokan hewan, menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar, menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel
Di bawah ini saya arsipkan berbagai jenis hewan berdasarkan beberapa dasar pengelompokannya sebagai berikut :
Baca Juga
- Soal IPA Kelas 6 SD BAB Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Lingkungan Hidupnya dan Kunci Jawaban
- Soal IPA Kelas 5 SD Bab Organ Tubuh Manusia dan Hewan dan Kunci Jawaban
- Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas IV (Empat) Kurikulum 2013_KI dan KD kurikulum 2013 ini berdasarkan lampiran ke-5 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Dasar Pelajaran pada K13 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Download KI dan KD IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 sesuai Isi Lampiran kelima Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.I. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermainB. Kompetensi Dasar 3.1. Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya3.3. Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar3.5. Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran3.7. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannyaII. Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaB. Kompetensi Dasar4.1. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.4.3. Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.4.4. Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.4.7. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.4.8. Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
A. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya
- Hewan darat : gajah, harimau, jerapah, sapi, kerbau, kambing, kuda, ayam, dan lain-lain
- Hewan air : ikan, belut, cumi-cumi, dan lain-lain
- Hewan darat dan air : katak, penyu
B. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Cara Berkembang Biaknya
- Ovipar ( bertelur ) : ayam, burung, itik, platypus,cicak, tokek, ...
- Vivipar ( beranak/melahirkan ) : sapi, kambing, kerbau, kuda, gajah, ...
- Ovovivipar ( bertelur dan melahirkan ) : ular, kadal, ikan hiu, ikan pari, ...
C. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Cara Bergeraknya
- Bergerak dengan menggunakan kakinya : kucing, singa, ayam, kambing, ...
- Bergerak dengan menggunakan sayap : burung, capung, kupu-kupu, kelelawar, ...
- Bergerak dengan menggunakan perut : ular, cacing, keong, ...
- Bergerak dengan kaki dan perut : komodo, buaya, penyu, ...
D. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Cara Pembuahannya
- Pembuahan internal : ayam, buaya, sapi, anjing laut,paus ...
- Pembuahan eksternal : semua jenis ikan ( kecuali paus ) dan katak
E. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
- Herbivora ( hewan pemakan tumbuhan ) : kambing, sapi, kerbau, kelinci, ...
- Karnivora ( hewan pemakan daging ) : singa, harimau, buaya, pelikan, paus, hiu, ...
- Omnivora ( hewan pemakan tumbuhan dan hewan lain /segala ) : tikus, lele, itik, kera, ...
F. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Alat Pernafasannya
- Bernafas dengan paru-paru : sapi, lumba-lumba, katak, kadal, anjing laut, harimau, ...
- Bernafas dengan insang : ikan, berudu, kuda laut, belut, ...
- Bernafas dengan trakea : serangga ( semut, kupu-kupu, kumbang, ...)
- Bernafas dengan kulit : katak, cacing tanah, ...
G. Pengelompookan Hewan Berdasarkan Penutup Tubuhnya
- Berbulu : ayam, itik, burung, ...
- Bersisik : ular, ikan, buaya. ...
- Berambut : sapi, kerbau, kucing, ...
- Berlendir : belut, sidat, lele, cacing, ...
- Bercangkang : keong, kura-kura, bekicot, ...
Demikian Dasar Pengelompokan Hewan Berdasarkan Tempat Hidup, Jenis Makanan, Cara Berkembang Biak, Cara Bergerak, Cara Pembuahan, Alat Pernapasan, dan Berdasarkan Penutup Tubuhnya. Semoga bermanfaat