Jenis-Jenis Soal Untuk Evaluasi Pembelajaran Sekolah Beserta Contohnya
Jenis Soal untuk evaluasi pembelajaran pada dasarnya bisa dibagi menjadi dua yaitu berupa Soal Uraian (Essay) dan Soal Obyektif
1. Soal Tes Uraian (Essay)
Soal tes uraian adalah pertanyaan yang membuat peserta didik harus menjawab dengan cara menguraikan, menyebutkan menjelaskan, mendiskusikan, membandingkan, memberikan alasan, atau dalam bentuk lain yang sejenisnya. Hal itu disesuai dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Peserta didik harus bisa menggunakan kata-kata dan bahasanya sendiri terpenting bisa mempunyai arti yang sama dengan jawaban yang benar. Dalam tes seperti ini, peserta didik dapat mengasah kemampuannya untuk mengingat, memahami dan mengungkapkan apa yang dipikirkan dan diingatnya dalam proses belajar.
Tes Uraian di badi menjadi tiga, yaitu:
a. Tes uraian dengan pertanyaan bebas
Tes uraian dengan pertanyaan bebas ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang memiliki jawaban tes yang tidak dibatasi, tergantung pada pandangan peserta didik itu sendiri.
Contoh :
1) Apakah yang kamu lakukan sepulang sekolah?
2) Apakah hobi kamu di rumah?
Maka jawaban siswa bisa beraneka ragam :
Soal nomer satu bisa dijawab : Makan, belajar, tidur atau bermain.
Soal nomer dua bisa dijawab : Belajar, bernyanyi, berenang atau sepak bola.
b. Tes uraian dengan pertanyaan terbatas
Tes uraian dengan pertanyaan terbatas ini berupa pertanyaan-pertnyaan pada suatu materi tertentu dengan jawaban yang dibatasi.
Contoh :
1) Benda yang bersinar di langit pada siang hari adalah ….
2) Benda jatuh ke bawah karena adanya gaya ….
Maka jawabannnya terbatas yaitu :
1) Matahari
2) Gaya gravitasi
c. Tes uraian dengan pertanyaan terstruktur
Tes uraian dengan pertanyaan terstruktur ini adalah bentuk antara soal-soal uraian dan soal obyektif. Soal pertanyaan dalam bentuk tes ini nantinya membuat jawaban yang diperoleh adalah berupa jawaban-jawaban singkat sekalipun bersifat terbuka dan bebas jawabannya.
Contoh :
1) Sebutkan hewan yang memakan rumput!
2) Sebutkan benda yang berbentuk lingkaran!
Maka jawabannya bebas namun tetap terbatas :
Soal nomer 1 jawabannya bebas namun tetap harus merupakan hewan pemakan rumput seperti kambing, sapi, kelinci, marmut dll
Soal nomer 2 jawabannya bebas namun tetap harus merupakan benda berbentuk lingkaran seperti jam, uang logam, roda dll
2. Soal Objektif
Soal jenis ini sering digunakan dalam menilai hasil belajar di sekolah-sekolah. Hal itu karena soal jenis ini memudahkan pendidik dalam menilai hasil jawaban peserta didik. Soal jenis ini membuat nilai yang dihasilakan selalu sama, walaupun guru atau pendidik yang menilainya berbeda.
Jenis soal obyektif
a. Soal benar-salah (True False)
Soal-soal jenis ini memiliki pernyataan atau pertanyaan yangberupa kalimat-kalimat yang mengandung dua kemungkinan benar atau kemungkinan salah. Para peserta didik nantinya akan diperintahkan untuk menentukan kalimat tersebut benar atau salah. Menentukan sesuai materi yang telah diajarkan untuk memilah mana pernyataan yang dianggap benar ataupun yang dianggap salah.
Contoh :
1) Matahari terbit dari sebelah timut (Benar/salah)
2) Sapi adalah hewan yang memakan daging (Benar/salah)
Maka jawaban dari soal tersebut adalah :
Soal nomer 1 adalah benar
Soal nomer 2 adalah salah
b. Soal dengan menjodohkan (Matching-test)
Soal tes berupa menjodohkan ini terdiri dari pernyataan-pernyataan dengan dibagi menjadi dua kolom atau dua bagian. Bagian pertama merupakan bagian yang berisi kalimat-kalimat pernyataan atau pertanyaan. Bagian kedua adalah berisi pasangan atau jawaban dari pernyataan-pernyataan bagian pertama. Maka nanti tugas dari peserta didik adalah menjodohkan bagian pertana dengan bagian kedua dengan jawaban yang tepat.
Contoh :
Bagian 1
1) Benda yang bisa terasa panas
2) Bentuk air jika didinginkan
3) Bentuk air jika dipanaskan
Bagian 2
A. Uap
B. Api
C. Es
Maka jawabannya adalah :
1 berjodoh dengan B
2 berjodoh dengan C
3 berjodoh dengan A
c. Tes isian (Fill-in test)
Soal tes isian ini adalah jenis soal yang memerintahkan peserta didik untuk mengisi kalimat yang masih kosong dalam suatu paragraf. Paragraf itu bisa berupa cerita panjang, cerita pendek atau berupa percakapan beberapa orang.
Contoh :
Pada hari minggu Andi di ajak berlibur ayahnya ke pantai. Anda merasa sangat (1)….. sehingga ia berterima kasih pada ayahnya. Andi pun segera menyiapkan (2)…. untuk liburan itu.
Maka jawaban dari soal itu adalah :
(1) Senang
(2) Bekal
d. Pilihan ganda ( Multiple choice )
Soal tes bentuk pilihan ganda ini adalah bentuk soal yang di setiap pertanyaannya disediakan beberapa pilihan jawaban yang bisa dipilih oleh peserta didik. Dalam pilihan yang diberikan itu hanya ada jawaban yang benar dan ada pula jawaban yang salah. Peserta didik akan diperintahkan untuk memilih jawaban yang benar tersebut. Soal jenis ini sering dipakai dalam soal ulangan tengah semester dan soal ualangan akhir sekolah, hingga sampai saat ini masih digunakan dalam ujian nasional.
Contoh :
1) Berikut ini adalah hewan yang memakan rumput adalah ….
a. Kambing
b. Kelinci
c. Singa
d. Sapi
Maka jawaban soal tersebut adalah c. Singa.
Demikian jenis-jenis soal yang bisa dijadikan sebagai sarana evaluasi pembelajaran di sekolah beserta contohnya. Seiring berkembangnya dunia pendidikan, kemungkinan jenis-jenisnya akan berubah pula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, jika ada kesalahan penulisan, kritik atau saran bisa menyampaikannya di kolom komentar.