Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kompetensi Inti dan Dasar IPA SD/MI Kelas 5 Kurikulum 2013 TerbaruKOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermainKOMPETENSI DASAR3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia3.2 Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari3.8 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)4. Menyajikan pengetahuan faktual dan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaKOMPETENSI DASAR4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia4.3 Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor4.7 Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda4.8 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Inti dan Dasar IPA SD/MI Kelas 5 Kurikulum 2013 Terbaru
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
3.2 Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia
3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
3.8 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KOMPETENSI DASAR
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan
4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia
4.3 Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor
4.7 Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda
4.8 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber
4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari