Kunci Sukses Akreditasi Sekolah- Agar akreditasi sekolah dapat sukses tentunya administrasi sekolah harus lengkap. Adapun berbagai komponen administrasi yang harus ada atau dipersiapkan antara lain sebagai berikut : KOMPONEN NO. BUTIR BUKTI FISIK KETERANGAN 1.STANDAR ISIBuku I KSTP(landasan)Terdiri dari:BAB IPendahuluana. Latar Belakangb. Tujuanc. Prinsip KTSP (sesuai karakteristik sekolah/ madrasah)BAB IITujuana. Tujuan Pendb. Visic. Misid. Tujuan Sekolah/ MadrasahBAB IIIStruktur dan Muatan KTSPa. Mapelb. Mulokc. Kegiatan Pengem-bangan Dirid. Pengaturan beban belajare. Ketuntasan belajarf. Kenaikan kelas dan kelulusang. Pend.Kecakapan hiduph. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan globalBAB IVKalender Akademik 1 Buku Dokumen I KTSP 2 Berita Acara Pengembangan Kurikulum dilampiri undangan, daftar hadir, risalahSK Tim Pengembang Kuikulum 3 Buku I KSTP 4 1. Berita Acara Rapat Perencanaan Penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.2. BA Pelaksanaan Workshop penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.3. BA Reviu dan Revisi dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.4. BA Finalisasi KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.5. BA Pemantapan dan Penilaian dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.6. BA pendokumentasian dilampiri dokumen, print out KTSP dan softcopy. 5 1. Dokumen pelaksanaan pengembangan diri:2. Dokumen pengajian, pramuka, PMR, remidi, dokumen pembelajaran di luar kelas/di alam, kegiatan sosial, budaya.3. Buku KTSP 6 Buku sumber mapel Mulok Kabupaten harus tim penyusunnya melibatkan instansi terkait, Dewan Pendidikan, Ketua PGRI. 7 4 jenis layanan BK 8 Program Ekstrakurikuler (minimal 4 jenis kegiatan ekstra). 9 Silabus kesesuaian SK, KD, Indikator. 10 1. Jadwal pelajaran RPP, jurnal mengajar.2. Catata satu jam tatap muka 35 menit3. Jumlah jam pelajaran per minggu kelas I – III = 29-32 jam; kelas IV-VI = 34 jam4. Jumlah minggu efektif per tahun 34 – 38 minggu 11 Dokumen tugas terstuktur dan tidak terstruktur hasilnya yang telah ditandatangani OT dan telah dinilai (bila media memungkinkan dan nilai) 12 1. Dokumen II KTSP, Silabus, RPP2. Permendiknas 22 dan 23 Tahun 2008.3. BA penyusunan KTSP dan risalahnya 13 1. Silabus setiap kelas, lihat aspek yang termuat dalam silabus (ada 7 langkah)2. SK dan KD, Materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator jenis penilaian yang digunakan alokasi waktu sumber belajar. 14 Silabus setiap mapel disusun oleh guru 15 Silabus setiap mapel (sekolah harus punya) 16 BA rapat dewan guru yang membahas KKM dilampiri daftar haidr, dan risalah rapat. 17 1. Dokumen proses penentuan KKM (risalah rapat) harus memuat unsur:2. Karakteristik siswa, karakteristik mapel, kondisi satuan pendidikan 18 1. Kalender kademik sekolah, minimal ada 4 kegiatan:a. Awal tahunb. Minggu efektifc. Waktu pembelajaran efektifd. Hari libur2. Idealnya rinci semua kegiatan yang dilakukan sekolah/madrasah II.STANDAR PROSES 19 RPP setiap maple 10 A, 7-9 B, 4-6 C 20 RPP penyusunannya memperhatikan 6 prinsip 76% lebih A, 51-75 B, 26-50 C, 1-25 D 21 Observasi pembelajaran, harus memenuhi 4 syarat: 1) jumlah PD/kelas 28, 2) beban mengajar guru minimal 24 jam tatap muka dalam satu minggu, 3) buku teks pemilihannya lewat rapat guru dengan pertimbangan komite (lampiran BA, rapat pemilihan buku) yang diketahui komite, rasio ini didampingi oleh buku pengayaan (LKS), referensi sumber lainnya dan, 4) pengelolaan kelas mengikuti kaidah: a-k 22 Hasil supervisi kepala sekolah(instrumen yang telah terisi hasil supervisi) Persentase = no 20 23 Buku II (RPP), dilihat apakah kelas I-III menggunakan pendekatan tematik 3 kelas tematik A 24 Buku II (RPP), dilihat apakah kelas IV-VI menggunakan pendekatan maple 3 kelas mapel A 25 1. Program pengawasan kepala sekolah2. Buku tamu kelas3. Hasil pemantauan/monitoring PBM oleh sekolah yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar 26 Laporan pelaksanaan supervisi pembelajaran yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dengan 4 cara: pemberian contoh, diskusi, pelatihan, konsultasi. 27 Dokumen hasil evaluasi proses pembelajaran oleh kepala sekolah 28 Laporan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan 29 Dokumen tindak lanjut (memberikan reword, panishment, pemberian kesempatan para guru mengikuti pelatihan/penataran Persentase = no 20 III.STANDAR KELULUSAN 30 Buku I KTSP (lihat KKM kelompok mapel (IPTEK)) KKM 75/lebih A,70-74,99 B,65-69,99 C.60-64,99 D 31 Dokumen pemanfaatan bahan ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, internet 32 RPP IPA dan RPPS IPS 33 Dokumen mengunjungi perpustakaan, mengakses internet, ke museum, cagar budaya, dan lain-lainMisalnya beupa surat permohonan ke pengelola museum, cagar budaya, dan lain-lain 34 RPP semua mapel (membaca dan menulis) Persentase = no 20 35 RPP semua mapel (menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik) 36 Dokumen kegiatan seni dan budaya (foto)Pentas seni, pameran lukisan, latihan tari, latihan musik, keterampilan membuat karya seni 4 jenis kegiatan A 37 - Tata tertib sekolah- Dokumen sosialisasi tata tertib sekolah- Catatan pelanggaran tata tertib sekolah Tidak ada PD yang melanggar A 38 Dokumen kegiatan satu tahun tentang:- Peringatan hari besar nasional- Peringatan hari besar agama- Pentas seni budaya berbagai negara- Peringatan bulan bahasa nasional internasional 4 jenis kegiatan A3 jenis kegiatan B2 jenis kegiatan C1 jenis kegiatan D 39 - Dokumen pelaksanaan kegiatan kebersihan yang dilaksanakan setiap minggu sekali. Misal Jum'at bersih.- Program sekolah tentang 5K- Tempat cuci tangan setiap kelas/ruang- Program dan tempat menggosok gigi PD- Tempat sampah di setiap ruang 40 Dokumen kegiatan menjalankan ajaran agama:- Pembiasaan memberi salam- Pembiasaan membaca doa- Pembiasaan beribadah- Sholat dhuhur berjamaah- Infaq Jum'at- Kegiatan lain bernuansa keagamaan Setiap minggu4 jenis kegiatan A3 jenis kegiatan B2 jenis kegiatan C1 jenis kegiatan D 41 Dokumen kegiatan satu tahun tentang:- Peringatan hari besar nasional- Peringatan hari besar agama- Pentas seni budaya berbagai negara- Peringatan bulan bahasa nasional internasional 4 jenis kegiatan A3 jenis kegiatan B2 jenis kegiatan C1 jenis kegiatan D 42 RPP semua mapel (memuat metode cooperatif, learning) Persentase = no 20 43 RPP semua mapel (memuat metode problem solving) Persentase = no 20 44 Karya tulis PD, misalnya portofolio PD, karya PD di Mading, laporan hasil wisata PD, buletin inretnal PD, dokumen presentasi dan lain-lain 45 Dokumen hasil karya PD yang memperoleh penghargaan, seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, berhitung 46 Dokumentasi UASBN (amati rata-ratanya) Lebih dari 8,00 A.7,01-8,00 B6,01-7,00 C5,01-6,00 DDi bawah 5,01 E IV.STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 47 Foto copy ijazah yang dimiliki pendidik 48 Foto copy ijazah yang dimiliki seua pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang dijarkan atau tidak 49 RPP disesuaikan dengan prinsip-prinsip pembelajarDokumen penilaian kompetensi pedagogik guru oleh kepala sekolah 50 Dokumen pengaduan dari masyarakatDP3 guruDokumen penilaian kompetensi, kepribadian guru oleh kepala sekolah 51 BA rapat dewan guru yang dilampiri undangan, daftar hadir, risalah rapat 52 Daftar hadir gur dan karyawan 53 Sertifikat pendidik, SK kepala sekolah, dan jadwal mengajar 54 Foto copy Ijazah Kepala Sekolah dan PT terakareditasi 55 Surat keterangan pengalaman mengajar 56 Dokumen penilaian kompetensi, kepribadian dari atasan langsung 57 Data lulusan yang diterima di SMP/MTs 58 Buku keuangan koperasi sekolah, kantin sekolah, dokumen penggalangan dana dan DUDI (kemampuan dalam membiayai kegiatan esktra) 59 Surat perjanjian kerjasama dengan pihak lain 60 Jadwal supervisi dan hasil pelaksanaan supervisi Buku supervisi guru kelas/guru mapel 61 Foto copy ijazah tenaga administrasi dan pendidikan menengah 62 Kesesuaian ijazah dengan bidang tugas 63 Foto copy Ijazah tenaga perpustakaan dan pendidikan menengah 64 Surat penugasan sebagai pustakawan 65 SK Kepala Sekolah:- Penjaga sekolah- Tukang kebun- Tenaga kebersihan- Pengemudi- Pesuruh V.STANDAR SARANA DAN PRASARANA 66 Inventaris lahan/tanah 67 Sarana kesehatan, keselamatan, kemudahan akses penyelamatan dalam keadaan darurat 68 Lokasi sekolah (terhindar dari gangguan pencemaran air, udara, tanah dan kebisingan) 69 Surat kepemilikan tanah/surat kewenangan penggunaan tanah, IMB 70 Luas lantai dengan jumlah PD 3,8m2/PDLuas bangunan 6 ruang kelas min 400 m2 71 Bangunan sekolah yang kokoh dilengkapi pencegah kebakaran dan petir 72 Sanitasi yang meliputi:- Kebutuhan air bersih- Saluran limbah- Tempat sampah, saluran air hujan 73 Ventilasi ruangan cukup terang 74 Instalasi listrik 900 watt 75 IMB dan ijin penggunaan bangunan 76 Dokumen alokasi biaya pemeliharaan sekolah 5 tahun terakhir 77 Memiliki ruang kelas, pepustakaan, lab IPA, ruang pimpinan, ruang guru, tempat ibadah, ruang UKS, jamban, gudang, ruang sirkulasi, tempat bermain/ olahraga 78 Ruang kelas yang sesuai ketentuan 79 Ruang perpustakaan 80 BSE buku cetak lainnya perbandingannya dengan PD 1 : 1 81 Buku yang digunakan guru dan PD sama dengan yang ditetapkan PermendiknasKondisi bukunya 82 Keadaan laboratorium IPA 83 Keadaan ruang pimpinan 84 Keadaan ruang guru 85 Keadaan tempat ibadah 86 Keadaan ruang UKS 87 Keadaan jamban 88 Keadaan gudang 89 Keadaan ruang sirkulasi 90 Keadaan tempat bermain/berolahraga VI.STANDAR PENGELOLAAN 91 Visi sekolah- Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca- Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah 92 Misi sekolah- Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca- Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah 93 Tujuan lembaga sekolah- Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca- Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah 94 RKS/M 4 tahunan dan RKT tahunan 95 Pedoman yang mengatur pengelolaan secara tertulis tentang: KTSP, Kaldik, Struktur Organisasi Sekolah, pendayagunaan pendidik/tenaga kependidikan, peraturan akademik, tatib sekolah, kode etik sekolah, BOS. 96 Bagian struktur organisasi sekolah dan uraian tugasnya 97 Laporan pelaksanaan kegiatanRKT tahunan 98 Dokumen pelaksanaan kegiatan kesiswaan:- Layanan konseling- Ekstrakurikuler- Pembinaan prestasi unggulan- Daftar alumni 99 Dokumen pelaksanaan pemgebangan kurikulum dan pembelajaran yang meliputi:KTSP, Kaldik, program pembelajaran, peraturan akademik 100 Jadwal pelajaran, piagam, sistem penghargaan, promosi, dan penempatan, mutasi 101 Program pengelolaan sarpras yang minimal memuat:PerencanaanPemenuhan sarprasPendayagunaan sarprasEvaluasi dan pemeliharaan sarpras 102 Program pengelolaan pembiayaan pendiikan minimal memuat:Sumber pemasukanSumber pengeluaranJumlah danah yang dikelola 103 Dokumen kegiatan sekolah yang menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan yang kondusif. Misalnya:Kegiatan upacara benderaBudaya jabat tangan antara siswa dan guruMenutup pintu gerbang sekolah setelah pukul 7.00Melaksanakan baris di depan kelas sebelum masuk 104 BA rapat penyusunan RKS/M dilampiri dengan:- Undangan kepada tokoh masyarakat- Undangan kepada lembaga lainPelaksanaan program kegiatan sekolahDokumen bantuan dan masyarakat (tenaga, material)MoU dengan lembaga lain 105 Program kepengawasan:BA sosialisasi program kepengawasan dilampiri:Daftar hadir dan risalah sosialisasi 106 Dokumen laporan evaluasi diri per semester 107 Dokumen laporan kinerja pendidik dan tendik 108 Buku I, II, III,dan IV perangkat akreditasTim persiapan akreditasiBukti fisik dokumenSarpras yang dibutuhkan akreditasi 109 Buku agenda kasek tentang pelaksanaan tupoksi kepala sekolah 110 Sistem informasi manajemen sekolahMisalnya:Papan informasi kegiatan sekolah, BOS, pelaksanaan pembelajaran dan lain-lain VII.STANDAR PEMBIAYAAN 111 Catatan tahunan tentang inventaris sarpras 112 SPJ Pembiayaan 113 Buku kas dan RKAS/M 114 Daftar penerimaan gaji pendidikDaftar penerimaan honor pendidikDaftar penerimaan insentif pendidik 115 Daftar penerimaan tenaga kependidikanDaftar penerimaan honor tenaga kependidikanDaftar penerimaan insentif tendik 116 Dokumen pembelajaran dari alokasi pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) 117 Dokumen pmbelajaran dari alokasi kegiatan kesiswaan (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) 118 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan alat tulis untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) 119 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan bahan habis pakai untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) 120 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan Alat habis pakai untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) 121 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan rapat (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) 122 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan transport dan perjalanan dinas (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) 123 Dokumen pembelajaran dari alokasi penggandaan soal-soal ulangan/ujian (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) 124 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan daya dan jasa (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) 125 Dokumen pembelajaran dari alokasi anggaran kegiatan operasi tidak langsung misal: uang lembur, konsumsi, asuransi dan lain-lain (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) 126 Dokumen pembelajaran dari alokasi biaya operasi sekolah yang meliputiKesra warga sekolahPengembangan pendidik dan tendikSarprasPengembagnan kurikulum dalam PBMKegiatan ke-TU-an (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) 127 SK Kepala Sekolah tentang ada/tidaknya iuran 128 Surat edaran/pengumuman tentang tidak adanya biaya pendaftaran ulang 129 Daftar PD penerima bantuan/pembebasan biaya sekolah 130 Daftar iuran, jika PD bebas dari semua biaya 131 BA rapat pengambilan keputusan, daftar hadir rapat 132 RKAS/M, papan informasi, dana sekolah 133 Buku pedoman pengelolaan keuangan 134 RKAS/M 135 SPJ keuangan sekolah VIII.STANDAR PENILAIAN 136 Rancangan kriteria penilaian dan silabusBA sosialisasi kriteria penilaian pada PD 137 Silabus setiap mapel memuat teknik:Penilaian yang sesuai, KD dan indikator teknik penilaiannya sesuai/tidak 138 Perangkat tes buatan guru 139 Arsip tes, nilai tes, nilai pengamatan, nilai tugas, terstuktur maupun mandiri 140 Buku analisis hasil belajar PD 141 Buku penghubung guru dan orang tua, hasil kerja siswa yang telah ditandatangani OT 142 Program remidi dan pengayaanRevisi perangkat pembelajaran 143 Buku rapor 144 Nilai akhlak (buku rapot) 145 Nilai kepribadian 146 BA rapat koordinasi tentang hasil UTS, US, UKK Dilampiri undangan, risalah 147 BA rapat penentuan kriteria kenaikan kelasDilampiri undangan, risalah 148 BA rapat penentuan nilai akhir untuk kelompok mapel estetika, penjasorkesDilampiri undangan, risalah 149 BA rapat penentuan nilai akhir untuk kelompok mapel agama, PKnDilampiri undangan, risalah 150 Buku rapor 151 Dokumen daya serap dan pencapaian targetSetiap akhir semester dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten 152 BA rapat penentuan kelulusan bersama-sama dengan guru kelas, guru mapel dan kasekDilampiri undangan, risalah 153 BA rapat penentuan rata-rata sebagai kriteria kelulusan US/UN. Dilampiri undangan, risalah 154 BA rapat penentuan nilai minimal mapel sebagai kriteria kelulusan UASBNDilampiri undangan, risalah 155 Bukti penerimaan SKHUASBN 156 Bukti penyerahan Ijazah kepada PD yang lulus 157 BA rapat penentuan PPDBDilampiri undangan, risalah
Kunci Sukses Akreditasi Sekolah- Agar akreditasi sekolah dapat sukses tentunya administrasi sekolah harus lengkap. Adapun berbagai komponen administrasi yang harus ada atau dipersiapkan antara lain sebagai berikut :
KOMPONEN | NO. BUTIR | BUKTI FISIK | KETERANGAN |
1.STANDAR ISI Buku I KSTP (landasan) Terdiri dari: BAB I Pendahuluan a. Latar Belakang b. Tujuan c. Prinsip KTSP (sesuai karakteristik sekolah/ madrasah) BAB II Tujuan a. Tujuan Pend b. Visi c. Misi d. Tujuan Sekolah/ Madrasah BAB III Struktur dan Muatan KTSP a. Mapel b. Mulok c. Kegiatan Pengem-bangan Diri d. Pengaturan beban belajar e. Ketuntasan belajar f. Kenaikan kelas dan kelulusan g. Pend.Kecakapan hidup h. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global BAB IV Kalender Akademik | 1 | Buku Dokumen I KTSP | |
2 | Berita Acara Pengembangan Kurikulum dilampiri undangan, daftar hadir, risalah SK Tim Pengembang Kuikulum | ||
3 | Buku I KSTP | ||
4 | 1. Berita Acara Rapat Perencanaan Penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 2. BA Pelaksanaan Workshop penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 3. BA Reviu dan Revisi dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 4. BA Finalisasi KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 5. BA Pemantapan dan Penilaian dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 6. BA pendokumentasian dilampiri dokumen, print out KTSP dan softcopy. | ||
5 | 1. Dokumen pelaksanaan pengembangan diri: 2. Dokumen pengajian, pramuka, PMR, remidi, dokumen pembelajaran di luar kelas/di alam, kegiatan sosial, budaya. 3. Buku KTSP | ||
6 | Buku sumber mapel Mulok Kabupaten harus tim penyusunnya melibatkan instansi terkait, Dewan Pendidikan, Ketua PGRI. | ||
7 | 4 jenis layanan BK | ||
8 | Program Ekstrakurikuler (minimal 4 jenis kegiatan ekstra). | ||
9 | Silabus kesesuaian SK, KD, Indikator. | ||
10 | 1. Jadwal pelajaran RPP, jurnal mengajar. 2. Catata satu jam tatap muka 35 menit 3. Jumlah jam pelajaran per minggu kelas I – III = 29-32 jam; kelas IV-VI = 34 jam 4. Jumlah minggu efektif per tahun 34 – 38 minggu | ||
11 | Dokumen tugas terstuktur dan tidak terstruktur hasilnya yang telah ditandatangani OT dan telah dinilai (bila media memungkinkan dan nilai) | ||
12 | 1. Dokumen II KTSP, Silabus, RPP 2. Permendiknas 22 dan 23 Tahun 2008. 3. BA penyusunan KTSP dan risalahnya | ||
13 | 1. Silabus setiap kelas, lihat aspek yang termuat dalam silabus (ada 7 langkah) 2. SK dan KD, Materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator jenis penilaian yang digunakan alokasi waktu sumber belajar. | ||
14 | Silabus setiap mapel disusun oleh guru |
15 | Silabus setiap mapel (sekolah harus punya) | ||
16 | BA rapat dewan guru yang membahas KKM dilampiri daftar haidr, dan risalah rapat. | ||
17 | 1. Dokumen proses penentuan KKM (risalah rapat) harus memuat unsur: 2. Karakteristik siswa, karakteristik mapel, kondisi satuan pendidikan | ||
18 | 1. Kalender kademik sekolah, minimal ada 4 kegiatan: a. Awal tahun b. Minggu efektif c. Waktu pembelajaran efektif d. Hari libur 2. Idealnya rinci semua kegiatan yang dilakukan sekolah/madrasah | ||
II.STANDAR PROSES | 19 | RPP setiap maple | 10 A, 7-9 B, 4-6 C |
20 | RPP penyusunannya memperhatikan 6 prinsip | 76% lebih A, 51-75 B, 26-50 C, 1-25 D | |
21 | Observasi pembelajaran, harus memenuhi 4 syarat: 1) jumlah PD/kelas 28, 2) beban mengajar guru minimal 24 jam tatap muka dalam satu minggu, 3) buku teks pemilihannya lewat rapat guru dengan pertimbangan komite (lampiran BA, rapat pemilihan buku) yang diketahui komite, rasio ini didampingi oleh buku pengayaan (LKS), referensi sumber lainnya dan, 4) pengelolaan kelas mengikuti kaidah: a-k | ||
22 | Hasil supervisi kepala sekolah (instrumen yang telah terisi hasil supervisi) | Persentase = no 20 | |
23 | Buku II (RPP), dilihat apakah kelas I-III menggunakan pendekatan tematik | 3 kelas tematik A | |
24 | Buku II (RPP), dilihat apakah kelas IV-VI menggunakan pendekatan maple | 3 kelas mapel A | |
25 | 1. Program pengawasan kepala sekolah 2. Buku tamu kelas 3. Hasil pemantauan/monitoring PBM oleh sekolah yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar | ||
26 | Laporan pelaksanaan supervisi pembelajaran yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dengan 4 cara: pemberian contoh, diskusi, pelatihan, konsultasi. | ||
27 | Dokumen hasil evaluasi proses pembelajaran oleh kepala sekolah | ||
28 | Laporan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan | ||
29 | Dokumen tindak lanjut (memberikan reword, panishment, pemberian kesempatan para guru mengikuti pelatihan/penataran | Persentase = no 20 | |
III.STANDAR KELULUSAN | 30 | Buku I KTSP (lihat KKM kelompok mapel (IPTEK)) | KKM 75/lebih A, 70-74,99 B, 65-69,99 C. 60-64,99 D |
31 | Dokumen pemanfaatan bahan ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, internet | ||
32 | RPP IPA dan RPPS IPS | ||
33 | Dokumen mengunjungi perpustakaan, mengakses internet, ke museum, cagar budaya, dan lain-lain Misalnya beupa surat permohonan ke pengelola museum, cagar budaya, dan lain-lain | ||
34 | RPP semua mapel (membaca dan menulis) | Persentase = no 20 | |
35 | RPP semua mapel (menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik) | ||
36 | Dokumen kegiatan seni dan budaya (foto) Pentas seni, pameran lukisan, latihan tari, latihan musik, keterampilan membuat karya seni | 4 jenis kegiatan A | |
37 | - Tata tertib sekolah - Dokumen sosialisasi tata tertib sekolah - Catatan pelanggaran tata tertib sekolah | Tidak ada PD yang melanggar A | |
38 | Dokumen kegiatan satu tahun tentang: - Peringatan hari besar nasional - Peringatan hari besar agama - Pentas seni budaya berbagai negara - Peringatan bulan bahasa nasional & internasional | 4 jenis kegiatan A 3 jenis kegiatan B 2 jenis kegiatan C 1 jenis kegiatan D | |
39 | - Dokumen pelaksanaan kegiatan kebersihan yang dilaksanakan setiap minggu sekali. Misal Jum'at bersih. - Program sekolah tentang 5K - Tempat cuci tangan setiap kelas/ruang - Program dan tempat menggosok gigi PD - Tempat sampah di setiap ruang | ||
40 | Dokumen kegiatan menjalankan ajaran agama: - Pembiasaan memberi salam - Pembiasaan membaca doa - Pembiasaan beribadah - Sholat dhuhur berjamaah - Infaq Jum'at - Kegiatan lain bernuansa keagamaan | Setiap minggu 4 jenis kegiatan A 3 jenis kegiatan B 2 jenis kegiatan C 1 jenis kegiatan D | |
41 | Dokumen kegiatan satu tahun tentang: - Peringatan hari besar nasional - Peringatan hari besar agama - Pentas seni budaya berbagai negara - Peringatan bulan bahasa nasional & internasional | 4 jenis kegiatan A 3 jenis kegiatan B 2 jenis kegiatan C 1 jenis kegiatan D | |
42 | RPP semua mapel (memuat metode cooperatif, learning) | Persentase = no 20 | |
43 | RPP semua mapel (memuat metode problem solving) | Persentase = no 20 | |
44 | Karya tulis PD, misalnya portofolio PD, karya PD di Mading, laporan hasil wisata PD, buletin inretnal PD, dokumen presentasi dan lain-lain | ||
45 | Dokumen hasil karya PD yang memperoleh penghargaan, seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, berhitung | ||
46 | Dokumentasi UASBN (amati rata-ratanya) | Lebih dari 8,00 A. 7,01-8,00 B 6,01-7,00 C 5,01-6,00 D Di bawah 5,01 E | |
IV.STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN | 47 | Foto copy ijazah yang dimiliki pendidik | |
48 | Foto copy ijazah yang dimiliki seua pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang dijarkan atau tidak | ||
49 | RPP disesuaikan dengan prinsip-prinsip pembelajar Dokumen penilaian kompetensi pedagogik guru oleh kepala sekolah | ||
50 | Dokumen pengaduan dari masyarakat DP3 guru Dokumen penilaian kompetensi, kepribadian guru oleh kepala sekolah | ||
51 | BA rapat dewan guru yang dilampiri undangan, daftar hadir, risalah rapat | ||
52 | Daftar hadir gur dan karyawan | ||
53 | Sertifikat pendidik, SK kepala sekolah, dan jadwal mengajar | ||
54 | Foto copy Ijazah Kepala Sekolah dan PT terakareditasi | ||
55 | Surat keterangan pengalaman mengajar | ||
56 | Dokumen penilaian kompetensi, kepribadian dari atasan langsung | ||
57 | Data lulusan yang diterima di SMP/MTs | ||
58 | Buku keuangan koperasi sekolah, kantin sekolah, dokumen penggalangan dana dan DUDI (kemampuan dalam membiayai kegiatan esktra) | ||
59 | Surat perjanjian kerjasama dengan pihak lain | ||
60 | Jadwal supervisi dan hasil pelaksanaan supervisi Buku supervisi guru kelas/guru mapel | ||
61 | Foto copy ijazah tenaga administrasi dan pendidikan menengah | ||
62 | Kesesuaian ijazah dengan bidang tugas | ||
63 | Foto copy Ijazah tenaga perpustakaan dan pendidikan menengah | ||
64 | Surat penugasan sebagai pustakawan | ||
65 | SK Kepala Sekolah: - Penjaga sekolah - Tukang kebun - Tenaga kebersihan - Pengemudi - Pesuruh | ||
V.STANDAR SARANA DAN PRASARANA | 66 | Inventaris lahan/tanah | |
67 | Sarana kesehatan, keselamatan, kemudahan akses penyelamatan dalam keadaan darurat | ||
68 | Lokasi sekolah (terhindar dari gangguan pencemaran air, udara, tanah dan kebisingan) | ||
69 | Surat kepemilikan tanah/surat kewenangan penggunaan tanah, IMB | ||
70 | Luas lantai dengan jumlah PD 3,8m2/PD Luas bangunan 6 ruang kelas min 400 m2 | ||
71 | Bangunan sekolah yang kokoh dilengkapi pencegah kebakaran dan petir | ||
72 | Sanitasi yang meliputi: - Kebutuhan air bersih - Saluran limbah - Tempat sampah, saluran air hujan | ||
73 | Ventilasi ruangan cukup terang | ||
74 | Instalasi listrik 900 watt | ||
75 | IMB dan ijin penggunaan bangunan | ||
76 | Dokumen alokasi biaya pemeliharaan sekolah 5 tahun terakhir | ||
77 | Memiliki ruang kelas, pepustakaan, lab IPA, ruang pimpinan, ruang guru, tempat ibadah, ruang UKS, jamban, gudang, ruang sirkulasi, tempat bermain/ olahraga | ||
78 | Ruang kelas yang sesuai ketentuan | ||
79 | Ruang perpustakaan | ||
80 | BSE buku cetak lainnya perbandingannya dengan PD 1 : 1 | ||
81 | Buku yang digunakan guru dan PD sama dengan yang ditetapkan Permendiknas Kondisi bukunya | ||
82 | Keadaan laboratorium IPA | ||
83 | Keadaan ruang pimpinan | ||
84 | Keadaan ruang guru | ||
85 | Keadaan tempat ibadah | ||
86 | Keadaan ruang UKS | ||
87 | Keadaan jamban | ||
88 | Keadaan gudang | ||
89 | Keadaan ruang sirkulasi | ||
90 | Keadaan tempat bermain/berolahraga | ||
VI.STANDAR PENGELOLAAN | 91 | Visi sekolah - Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca - Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah | |
92 | Misi sekolah - Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca - Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah | ||
93 | Tujuan lembaga sekolah - Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca - Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah | ||
94 | RKS/M 4 tahunan dan RKT tahunan | ||
95 | Pedoman yang mengatur pengelolaan secara tertulis tentang: KTSP, Kaldik, Struktur Organisasi Sekolah, pendayagunaan pendidik/tenaga kependidikan, peraturan akademik, tatib sekolah, kode etik sekolah, BOS. | ||
96 | Bagian struktur organisasi sekolah dan uraian tugasnya | ||
97 | Laporan pelaksanaan kegiatan RKT tahunan | ||
98 | Dokumen pelaksanaan kegiatan kesiswaan: - Layanan konseling - Ekstrakurikuler - Pembinaan prestasi unggulan - Daftar alumni | ||
99 | Dokumen pelaksanaan pemgebangan kurikulum dan pembelajaran yang meliputi: KTSP, Kaldik, program pembelajaran, peraturan akademik | ||
100 | Jadwal pelajaran, piagam, sistem penghargaan, promosi, dan penempatan, mutasi | ||
101 | Program pengelolaan sarpras yang minimal memuat: Perencanaan Pemenuhan sarpras Pendayagunaan sarpras Evaluasi dan pemeliharaan sarpras | ||
102 | Program pengelolaan pembiayaan pendiikan minimal memuat: Sumber pemasukan Sumber pengeluaran Jumlah danah yang dikelola | ||
103 | Dokumen kegiatan sekolah yang menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan yang kondusif. Misalnya: Kegiatan upacara bendera Budaya jabat tangan antara siswa dan guru Menutup pintu gerbang sekolah setelah pukul 7.00 Melaksanakan baris di depan kelas sebelum masuk | ||
104 | BA rapat penyusunan RKS/M dilampiri dengan: - Undangan kepada tokoh masyarakat - Undangan kepada lembaga lain Pelaksanaan program kegiatan sekolah Dokumen bantuan dan masyarakat (tenaga, material) MoU dengan lembaga lain | ||
105 | Program kepengawasan: BA sosialisasi program kepengawasan dilampiri: Daftar hadir dan risalah sosialisasi | ||
106 | Dokumen laporan evaluasi diri per semester | ||
107 | Dokumen laporan kinerja pendidik dan tendik | ||
108 | Buku I, II, III,dan IV perangkat akreditas Tim persiapan akreditasi Bukti fisik dokumen Sarpras yang dibutuhkan akreditasi | ||
109 | Buku agenda kasek tentang pelaksanaan tupoksi kepala sekolah | ||
110 | Sistem informasi manajemen sekolah Misalnya: Papan informasi kegiatan sekolah, BOS, pelaksanaan pembelajaran dan lain-lain | ||
VII.STANDAR PEMBIAYAAN | 111 | Catatan tahunan tentang inventaris sarpras | |
112 | SPJ Pembiayaan | ||
113 | Buku kas dan RKAS/M | ||
114 | Daftar penerimaan gaji pendidik Daftar penerimaan honor pendidik Daftar penerimaan insentif pendidik | ||
115 | Daftar penerimaan tenaga kependidikan Daftar penerimaan honor tenaga kependidikan Daftar penerimaan insentif tendik | ||
116 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
117 | Dokumen pmbelajaran dari alokasi kegiatan kesiswaan (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
118 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan alat tulis untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
119 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan bahan habis pakai untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
120 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan Alat habis pakai untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
121 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan rapat (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
122 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan transport dan perjalanan dinas (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
123 | Dokumen pembelajaran dari alokasi penggandaan soal-soal ulangan/ujian (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
124 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan daya dan jasa (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
125 | Dokumen pembelajaran dari alokasi anggaran kegiatan operasi tidak langsung misal: uang lembur, konsumsi, asuransi dan lain-lain (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
126 | Dokumen pembelajaran dari alokasi biaya operasi sekolah yang meliputi Kesra warga sekolah Pengembangan pendidik dan tendik Sarpras Pengembagnan kurikulum dalam PBM Kegiatan ke-TU-an (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
127 | SK Kepala Sekolah tentang ada/tidaknya iuran | ||
128 | Surat edaran/pengumuman tentang tidak adanya biaya pendaftaran ulang | ||
129 | Daftar PD penerima bantuan/pembebasan biaya sekolah | ||
130 | Daftar iuran, jika PD bebas dari semua biaya | ||
131 | BA rapat pengambilan keputusan, daftar hadir rapat | ||
132 | RKAS/M, papan informasi, dana sekolah | ||
133 | Buku pedoman pengelolaan keuangan | ||
134 | RKAS/M | ||
135 | SPJ keuangan sekolah | ||
VIII.STANDAR PENILAIAN | 136 | Rancangan kriteria penilaian dan silabus BA sosialisasi kriteria penilaian pada PD | |
137 | Silabus setiap mapel memuat teknik: Penilaian yang sesuai, KD dan indikator teknik penilaiannya sesuai/tidak | ||
138 | Perangkat tes buatan guru | ||
139 | Arsip tes, nilai tes, nilai pengamatan, nilai tugas, terstuktur maupun mandiri | ||
140 | Buku analisis hasil belajar PD | ||
141 | Buku penghubung guru dan orang tua, hasil kerja siswa yang telah ditandatangani OT | ||
142 | Program remidi dan pengayaan Revisi perangkat pembelajaran | ||
143 | Buku rapor | ||
144 | Nilai akhlak (buku rapot) | ||
145 | Nilai kepribadian | ||
146 | BA rapat koordinasi tentang hasil UTS, US, UKK Dilampiri undangan, risalah | ||
147 | BA rapat penentuan kriteria kenaikan kelas Dilampiri undangan, risalah | ||
148 | BA rapat penentuan nilai akhir untuk kelompok mapel estetika, penjasorkes Dilampiri undangan, risalah | ||
149 | BA rapat penentuan nilai akhir untuk kelompok mapel agama, PKn Dilampiri undangan, risalah | ||
150 | Buku rapor | ||
151 | Dokumen daya serap dan pencapaian target Setiap akhir semester dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten | ||
152 | BA rapat penentuan kelulusan bersama-sama dengan guru kelas, guru mapel dan kasek Dilampiri undangan, risalah | ||
153 | BA rapat penentuan rata-rata sebagai kriteria kelulusan US/UN. Dilampiri undangan, risalah | ||
154 | BA rapat penentuan nilai minimal mapel sebagai kriteria kelulusan UASBN Dilampiri undangan, risalah | ||
155 | Bukti penerimaan SKHUASBN | ||
156 | Bukti penyerahan Ijazah kepada PD yang lulus | ||
157 | BA rapat penentuan PPDB Dilampiri undangan, risalah |