Mengenal Lebih Dekat Stratosfer; Salah Satu Lapisan Penyusun Atmosfer Bumi_Stratosfer merupakan lapisan kedua utama dari atmosfer Bumi, tepat di atas troposfer dan di bawah mesosfer. Sekitar 20% dari massa atmosfer terkandung di stratosfer. Temperature di stratosfer memiliki strata, lapisan hangat berada di atas dan lapisan yang lebih dingin dekat dengan Bumi. Kenaikan suhu yang tergantung dari ketinggian (altitude) mengakibatkan penyerapan sinar ultraviolet. Hal ini berbeda dengan troposfer yang dekat dengan permukaan Bumi, dimana suhu menurun tergantung ketinggian (altitude).Perbatasan antara troposfer dan stratosfer adalah tropopause, disinilah kebalikan suhu dimulai. Dekat dengan khatulistiwa, stratosfer dimulai dari 18 km; di pertengahan garis lintang, dimulai dari 10 – 13 km dan berakhir pada 50 km; di kutub dimulai dari sekitar 8 km.Ozon dan SuhuPada lapisan ini, suhu bertambah seiring kenaikan ketinggian (altitude); pada bagian atas stratosfer memiliki suhu sekitar -3oC. Kenaikan suhu yang terjadi pada lapisan stratosfer ini terjadi karena penyerapan radiasi ultraviolet (UVB dan UVC) dari Matahari dan memecah ozon (O3) menjadi atom oksigen (O1) dan molekul oksigen yang umum yaitu O2¬ .Pada bagian pertengahan stratosfer, pancaran sinar UV sangat dikit dan sebagai hasilnya, lebih sedikit radiasi yang mampu memecah ozon. Akibatnya, O dan O2 bergabung dengan O3 dan memproduksi ozon pada bagian paling terendah dari stratosfer. Bagian terendah stratosfer mendapat pancaran sinar UVC yang sangat sedikit sehingga tidak ditemukan adanya atom oksigen dan juga tidak terbentuknya ozon. Bagian atas pada stratosfer disebut stratopause, dimana suhu naik tergantung ketinggian (altitude).Senyawa metana (CH4), tidak menyebabkan penguraian dan tidak mengakibatkan terbentuknya senyawa yang merusak ozon di stratosfer. Monoatomik oksigen (O) pada bagian stratosfer bereaksi dengan metana (CH4) untuk membentuk hidroksil radikal. Kemudian, hidroksil radikal ini dapat berinteraksi dengan senyawa tidak larut seperti chlorofluorocarbons (CFC), dan sinar UV memecah senyawa klorin radikal.Senyawa radikal klorin ini memecah atom oksigen dari molekul ozon, membuat senyawa molekul oksigen (O2) dan hipoklorit radikal. Hipoklorit radikal ini kemudian berinteraksi dengan atom oksigen menciptakan molekul oksigen lainnya dan klorin radikal lainnya, dengan demikian mencegah reaksi dari monoatomik oksigen dengan O2 untuk membuat ozon natural.SirkulasiStratosfer adalah wilayah interaksi yang intens di antara proses radiasi, dinamis, dan kimia, di mana pencampuran hasil horisontal komponen gas jauh lebih cepat daripada pencampuran vertikal.Ciri yang menarik dari sirkulasi stratosfir adalah quasi-biennial oscillation (QBO) di garis lintang tropis, yang digerakkan oleh gelombang gravitasi yang secara konveksi dihasilkan di troposfer.QBO menginduksi sirkulasi sekunder yang penting untuk pengangkutan stratosfir, seperti ozon atau uap air.Selama musim dingin di belahan Bumi bagian utara, pemanasan terjadi mendadak di stratosfir, ini disebabkan oleh penyerapan gelombang Rossby di stratosfer. Peristiwa ini sering melebihi cuaca musim dingin yang tidak biasa dan mungkin bertanggung jawab atas musim dingin Eropa pada tahun 1960-an.Pemanasan stratosfer pada pusaran kutub menghasilkan pelemahan. Ketika pusaran kuat, ia menjaga dinginnya dan tekanan massa udara yang tinggi "yang terkandung" di Arktik, ketika pusarannya melemah, massa udara bergerak ke kawasan khatulistiwa, dan mengakibatkan perubahan cuaca yang cepat di pertengahan garis lintang.Kehidupan1. BakteriBakteri dapat bertahan hidup di stratosfer, dan bakteri tersebut memiliki fungsi sebagai biosfer.2. BurungBeberapa spesies burung dilaporkan dapat terbang di bagian bawah lapisan stratosfer.Sekian penjelasan tentang pembuatan dan pengurain ozon sampai kehidupan yang ada di lapisan stratosfer. Semoga bermanfaat.
Perbatasan antara troposfer dan stratosfer adalah tropopause, disinilah kebalikan suhu dimulai. Dekat dengan khatulistiwa, stratosfer dimulai dari 18 km; di pertengahan garis lintang, dimulai dari 10 – 13 km dan berakhir pada 50 km; di kutub dimulai dari sekitar 8 km.
Ozon dan Suhu
Pada lapisan ini, suhu bertambah seiring kenaikan ketinggian (altitude); pada bagian atas stratosfer memiliki suhu sekitar -3oC. Kenaikan suhu yang terjadi pada lapisan stratosfer ini terjadi karena penyerapan radiasi ultraviolet (UVB dan UVC) dari Matahari dan memecah ozon (O3) menjadi atom oksigen (O1) dan molekul oksigen yang umum yaitu O2¬ .
Pada bagian pertengahan stratosfer, pancaran sinar UV sangat dikit dan sebagai hasilnya, lebih sedikit radiasi yang mampu memecah ozon. Akibatnya, O dan O2 bergabung dengan O3 dan memproduksi ozon pada bagian paling terendah dari stratosfer. Bagian terendah stratosfer mendapat pancaran sinar UVC yang sangat sedikit sehingga tidak ditemukan adanya atom oksigen dan juga tidak terbentuknya ozon. Bagian atas pada stratosfer disebut stratopause, dimana suhu naik tergantung ketinggian (altitude).
Senyawa metana (CH4), tidak menyebabkan penguraian dan tidak mengakibatkan terbentuknya senyawa yang merusak ozon di stratosfer. Monoatomik oksigen (O) pada bagian stratosfer bereaksi dengan metana (CH4) untuk membentuk hidroksil radikal. Kemudian, hidroksil radikal ini dapat berinteraksi dengan senyawa tidak larut seperti chlorofluorocarbons (CFC), dan sinar UV memecah senyawa klorin radikal.
Senyawa radikal klorin ini memecah atom oksigen dari molekul ozon, membuat senyawa molekul oksigen (O2) dan hipoklorit radikal. Hipoklorit radikal ini kemudian berinteraksi dengan atom oksigen menciptakan molekul oksigen lainnya dan klorin radikal lainnya, dengan demikian mencegah reaksi dari monoatomik oksigen dengan O2 untuk membuat ozon natural.
Sirkulasi
Stratosfer adalah wilayah interaksi yang intens di antara proses radiasi, dinamis, dan kimia, di mana pencampuran hasil horisontal komponen gas jauh lebih cepat daripada pencampuran vertikal.
Baca Juga
- Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas IV (Empat) Kurikulum 2013_KI dan KD kurikulum 2013 ini berdasarkan lampiran ke-5 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Dasar Pelajaran pada K13 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Download KI dan KD IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 sesuai Isi Lampiran kelima Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.I. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermainB. Kompetensi Dasar 3.1. Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya3.3. Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar3.5. Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran3.7. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannyaII. Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaB. Kompetensi Dasar4.1. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.4.3. Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.4.4. Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.4.7. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.4.8. Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
- Arsip Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 4 SD/MI Semester 2 _Soal dan kunci jawaban UKK IPA kelas empat semester dua ini bisa digunakan oleh kelas 4 tahun pelajaran 2017/2018 sebagai bahan latihan soal-soal dalam persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas (UKK) tahun 2018. Soal UKK ini terdiri dari: tiga puluh lima soal bentuk pilihan ganda, sepuluh soal esay, dan 5 soal jawab singkat. Dokar via http://www.kompasiana.com/ Arsip Soal UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 I. Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan atau D!1. Tarikan atau dorongan yang mempengaruhi keadaan suatu benda disebut ....a. gayab. gerakc. usahad. tenaga2. Mobil mogok akan bergerak jika didorong. hal ini gaya mempengaruhi ....a. bentuk suatu bendab. benda bergerak makin lambatc. benda diam menjadi bergerakd. benda bergerak makin cepat3. Semakin kuat bola ditendang, maka gerakan bola ....a. semakin lambatb. semakin cepatc. tidak terarahd. tidak berubah4. Alat yang digunakan untuk mengukur gaya disebut ....a. stetoskopb. hidrometerc. thermometerd. dinamometer5. Contoh kegiatan yang menunjukkkan bahwa gaya mempengaruhi bentuk benda .....a. bermain plastisinb. bermain kelerengc. bermain mobil-mobiland. bermain lompat tali6. Laju sepeda yang direm kecepatannya menjadi berkurang karena pengaruh ....a. gaya dorongb. gaya gravitasic. gaya tarikd. gaya gesek7. Sumber energi utama bagi bumi adalah ....a. panasb. anginc. mataharid. air8. Tubuh manusia memperoleh energi dari ....a. makananb. minumanc. minerald. vitamin9. Bara api, solder, dan setrika menghasilkan energi ....a. kimiab. gerakc. listrikd. panas10. Setiap benda yang mengeluarkan bunyi disebut ....a. energi bunyib. sumber bunyic. alat bunyid. asal bunyi11. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ....a. bergetarb. bergerakc. berpindahd. diam12. Banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik disebut ....a. amplitudob. peredam bunyic. resonansid. frekuensi13. Hewan yang dapat mendengar bunyi infrasonik adalah ....a. lumba-lumbab. kupu-kupuc. jangkrikd. kelelawar14. Bunyi yang getarannya lebih dari 20.000 getaran per detik disebut .....a. infrasonikb. ultrasonikc. audiosonikd. supersonik15. Kita dapat mendengar suara lonceng dari dalam kelas, karena bunyi merambat melalui ....a. jendelab. udarac. gentingd. lantai16. Bahan yang digunakan sebagai peredam bunyi adalah ....a. busab. besic. kacad. alumunium17. Energi yang ketersediannya di alam tidak terbatas jumlahnya disebut energi ....a. alamib. kimiac. listrikd. alternatif18. Negara yang terkenal menggunakan kincir angin sebagai energi alternatif adalah ....a. Amerikab. Belandac. Jermand. Inggris19. Contoh pemanfaatan energi alternatif adalah ....a. menggunakan alat pemanas air energi mataharib. menggunakan solar untuk bahan bakar mobilc. mengeringkan ikan asin dengan ovend. memasak dengan kompor minyak tanah20. Berikut yang merupakan kelebihan energi alternatif adalah .....a. memerlukan biaya mahalb. jumlahnya sangat terbatasc. tidak menimbulkan polusid. jumlahnya akan habis21. Layang-layang dapat terbang lama di udara karena ....a. panas mataharib. tekanan udarac. cahaya mataharid. gaya gravitasi22. Prinsip kerja alat musik biola adalah peubahan ....a. energi gerak menjadi energi bunyib. energi bunyi menjadi energi gerakc. energi gerak menjadi energi gerakd. energi bunyi menjadi energi bunyi23. Alat musik yang memanfaatkan getaran dawai adalah ....a. pianob. genderangc. gitard. flute24. Alat musik yang membunyikannya dengan cara ditiup adalah ....a. harmonika, saksofon, dan biolab. saksofon, biola, dan serulingc. seruling, terompet, dan biolad. seruling, terompet, dan harmonika25. Berikut ini yang merupakan kenampakan daratan adalah ....a. dataran tinggi, dataran rendah, dan lautb. dataran tinggi, dataran rendah, dan pantaic. dataran rendah, danau, dan lautd. dataran rendah, danau, dan sungai26. Perubahan siang dan malam disebabkan oleh ....a. gerakan mataharib. gerakan bintangc. perputaran bumid. perputaran bulan27. Bintang yang suhunya paling rendah berwarna ....a. merahb. putihc. birud. kuning28. Bintang tidak dapat kita lihat pada waktu siang hari adalah .... a. cahaya bintang padamb. cahaya bintang tertutup awanc. cahaya bintang lebih terang dibanding cahaya mataharid. cahaya bintang kalah terang dibanding cahaya matahari29.Bulan purnama terjadi ... kali pada satu bulan.a. satub. duac. tigad. empat30. Faktor yang menyebabkan perubahan lingkungan fisik adalah ....a. cahayab. awanc. angind. mendung31. Air hujan yang mengalir deras di permukaan tanah akan menghanyutkan ....a. pasirb. kerikilc. humusd. debu32. Pengikisan tanah yang disebabkan oleh angin disebut ....a. erosib. deflasic. abrasid. reboisasi33. Usaha yang dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi adalah ....a. membuat wadukb. membuat tambak udangc. melestarikan terumbu karangd. menanami tumbuhan bakau di tepi pantai34. Di bawah ini yang termasuk sumber daya alam non hayati adalah ....a. udara, air, tanah, dan tumbuhanb. udara, air, tanah, dan besic. udara, air, tanah, dan hewand. udara, tanah, air, dan rotan35. Penggunaan mesin modern di bidang pertanian bertujuan untuk ....a. menambah tenaga kerjab. meningkatkan biayac. meningkatkan hasild. menambah lapangan kerjaII. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!36. Botol minuman yang penyok karena ditekan adalah sebagai contoh bahwa sifat gaya dapat ....37. Nama lain energi panas adalah ....38. Makin dekat dengan sumber bunyi, maka bunyi yang terdengar semakin ....39. Bunyi pantul yang terdengar jelas setelah bunyi asli disebut ....40. Baling-baling dapat digerakkan menggunakan energi ....41. Dram adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ....42. Bentuk bulan akan terlihat penuh pada fase ....43. Nelayan berangkat ke laut dengan memanfaatkan angin ....44. Untuk mencegah erosi, tanah yang miring sebaiknya dibuat ....45. Salah satu contoh hasil laut yang berupa tumbuhan adalah ....III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!46. Sebutkan 3 contoh peristiwa bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda!47. Sebutkan 3 manfaat panas matahari yang digunakan secara langsung oleh manusia!48. Sebutkan 3 fase bulan!49. Sebutkan 3 faktor penyebab perubahan lingkungan fisik!50. Sebutkan 3 sumber daya alam laut yang berupa hewan!Adapun untuk melihat kunci jawaban, silakan cek di Kunci Jawaban UKK IPA Kelas 4 Semester 2.Demikian tentang Arsip Soal dan Kunci Jawaban UAS/UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 . Semoga bermanfaat.Cek juga: Soal Latihan UKK IPA SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 Semester 2 Tahun 2018
- Latihan Soal PTS SMP Semester 1 Lengkap!
Selama musim dingin di belahan Bumi bagian utara, pemanasan terjadi mendadak di stratosfir, ini disebabkan oleh penyerapan gelombang Rossby di stratosfer. Peristiwa ini sering melebihi cuaca musim dingin yang tidak biasa dan mungkin bertanggung jawab atas musim dingin Eropa pada tahun 1960-an.
Pemanasan stratosfer pada pusaran kutub menghasilkan pelemahan. Ketika pusaran kuat, ia menjaga dinginnya dan tekanan massa udara yang tinggi "yang terkandung" di Arktik, ketika pusarannya melemah, massa udara bergerak ke kawasan khatulistiwa, dan mengakibatkan perubahan cuaca yang cepat di pertengahan garis lintang.
Kehidupan
1. Bakteri
Bakteri dapat bertahan hidup di stratosfer, dan bakteri tersebut memiliki fungsi sebagai biosfer.
2. Burung
Beberapa spesies burung dilaporkan dapat terbang di bagian bawah lapisan stratosfer.
Sekian penjelasan tentang pembuatan dan pengurain ozon sampai kehidupan yang ada di lapisan stratosfer. Semoga bermanfaat.