Pengertian Air Tanah beserta Proses Terbentuknya, Sumber, dan Jenisnya_Air menjadi mineral yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Di bumi ada banyak jenis air, diantaranya air sungai, air hujan dan air tanah. Dalam kehidupan sehari-hari, air tanah memiliki peranan sangat penting. Dari mulai menjaga keseimbangan alam hingga ketersediaannya dalam keberlangsungan hidup baik dalam ruang lingkup rumah tangga maupun untuk kebutuhan komersil yaitu industri.Zat berbentuk cair yang berada di dalam tanah yang mengalir secara perlahan ini banyak diartikan genangan yang ada di danau maupun pada sungai yang mengalir. Namun bila dilogika, di bawah tanah juga ada ruang seperti gua yang dialiri air.Berbicara mengenai pengertian air tanah banyak yang para ahli yang mendefinisikannya.Berikut pengertian, proses pembentukan, sumber, dan jenis air tanah.1. Pengertian Air TanahPada dasarnya air tanah mampu megalir menembus celah-celah yang sangat kecil melalui butiran antar bebatuan atau benda lain di bawah tanah. Bebatuan yang mampu menyimpan serta mengalirkan air dibawah tanah disebut akuifer.Air tanah didefinisikan secara beragam oleh beberapa ahli. Sementara menurut Undang Undang Nomor 7 Tahun 2004 yang mengatur tentang Sumber Daya Air mengartikan air tanah sebagai air yang terdapat pada lapisan tanah atau bebatuan yang terdapat dibahwa permukaan tanah.2. Proses Terbentuknya Air TanahTerbentuknya air tanah berasal dari air hujan yang turun ke bumi. Air yang turun dari langit tersebut sebagian besar akan mengalir pada permukaan bumi yang akan mengarah pada sungai, danau, atau rawa. Air-air ini kemudian akan meresap ke dalam tanah hingga mencapai pada zona jenuh atau stured zone yang kemudian akan menjadi air tanah.Pada bagian air yang meresap dekat degan pemukaan tanah maka cairan ini akan diuapkan kembali tanaman yang di sebut evapotranspiration. Proses penguapan ini juga terjadi secara langsung pada air-air pada permukaan tanah yang berada pada keadaan terbuka. Air-air yang menguap ini pada akhirnya juga akan kembali menyentuh tanah dalam bentuk hujan.3. Sumber Air TanahMenurut UNESCO perkiraan jumlah air tanah pada Bumi sebenarnya lebih besar pada bawah tanah dibandingkan di permukaannya. Sebanyak 98% dari seluruh jumlah air di Bumi tersembunyi dibawah permukaan tanah. Air-air tersebut terikt pada bebatuan dan bahan-bahan butiran yang berada di bawah tanah.Pada dasarnya ada dua sumber air tanah, yaitu air hujan dan aliran air di permukaan tanah. Air hujan yang meresap ke dalam tanah melalui retakan pada deretan bebatuan atau pori-pori. Sementara sumber air tanah yang mengalir pada permukaan tanah melalui sungai, danau, rawa dan genangan air lainnya. Sumber air dipermukaan tanah ini kemudian meresap melalui lajur jenuh.4. Jenis Air TanahJenis air tanah yang dikelompokkan menjadi dua, berdasarkan letakknya pada permukaan bumi dan asalnya. Pada letaknya di permukaan bumi air tanah terbagi menjadi dua, yaitu Air Tanah Freatik dan Air Tanah Dalam atau Artesis. Air tanah freatik terletak pada permukaan bumi yang dangkal serta berada dilapisan kedap air atau impermeable. Contoh dari air tanah freatik adalah air sumur. Air dalam tanah atau artesis berada di antara lapisan akuifer yang berada pada lapisan bebatuan kedap air.Air tanah yang berdasarkan pada asalnya terbagi menjadi tiga, yaitu Air Tanah Meteoroit Atau Vados, Air Tanah Baru Atau Juvenil, dan Air Konat. Air Tanah Meteoroit atau Vados berasal dari proses turunnya air dari atmosfer ke permukaan bumi (hujan) yang mengalami kondensasi bercampur dengan debu meteroit. Air Tanah Baru atau Juvenil terbentuk dari dalam bumi yang berasal dari magma atau bisa dilihat pada air panas dalm bentuk geyser. Sementara air konat adalah iar tanah yang terentuk pada kerena terjebak pada lapisan bebatuan purba.
Zat berbentuk cair yang berada di dalam tanah yang mengalir secara perlahan ini banyak diartikan genangan yang ada di danau maupun pada sungai yang mengalir. Namun bila dilogika, di bawah tanah juga ada ruang seperti gua yang dialiri air.
Berbicara mengenai pengertian air tanah banyak yang para ahli yang mendefinisikannya.
Berikut pengertian, proses pembentukan, sumber, dan jenis air tanah.
1. Pengertian Air Tanah
Pada dasarnya air tanah mampu megalir menembus celah-celah yang sangat kecil melalui butiran antar bebatuan atau benda lain di bawah tanah. Bebatuan yang mampu menyimpan serta mengalirkan air dibawah tanah disebut akuifer.
Air tanah didefinisikan secara beragam oleh beberapa ahli. Sementara menurut Undang Undang Nomor 7 Tahun 2004 yang mengatur tentang Sumber Daya Air mengartikan air tanah sebagai air yang terdapat pada lapisan tanah atau bebatuan yang terdapat dibahwa permukaan tanah.
2. Proses Terbentuknya Air Tanah
Terbentuknya air tanah berasal dari air hujan yang turun ke bumi. Air yang turun dari langit tersebut sebagian besar akan mengalir pada permukaan bumi yang akan mengarah pada sungai, danau, atau rawa. Air-air ini kemudian akan meresap ke dalam tanah hingga mencapai pada zona jenuh atau stured zone yang kemudian akan menjadi air tanah.
Baca Juga
- Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas IV (Empat) Kurikulum 2013_KI dan KD kurikulum 2013 ini berdasarkan lampiran ke-5 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Dasar Pelajaran pada K13 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Download KI dan KD IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 sesuai Isi Lampiran kelima Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.I. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermainB. Kompetensi Dasar 3.1. Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya3.3. Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar3.5. Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran3.7. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannyaII. Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaB. Kompetensi Dasar4.1. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.4.3. Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.4.4. Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.4.7. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.4.8. Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
- Arsip Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 4 SD/MI Semester 2 _Soal dan kunci jawaban UKK IPA kelas empat semester dua ini bisa digunakan oleh kelas 4 tahun pelajaran 2017/2018 sebagai bahan latihan soal-soal dalam persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas (UKK) tahun 2018. Soal UKK ini terdiri dari: tiga puluh lima soal bentuk pilihan ganda, sepuluh soal esay, dan 5 soal jawab singkat. Dokar via http://www.kompasiana.com/ Arsip Soal UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 I. Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan atau D!1. Tarikan atau dorongan yang mempengaruhi keadaan suatu benda disebut ....a. gayab. gerakc. usahad. tenaga2. Mobil mogok akan bergerak jika didorong. hal ini gaya mempengaruhi ....a. bentuk suatu bendab. benda bergerak makin lambatc. benda diam menjadi bergerakd. benda bergerak makin cepat3. Semakin kuat bola ditendang, maka gerakan bola ....a. semakin lambatb. semakin cepatc. tidak terarahd. tidak berubah4. Alat yang digunakan untuk mengukur gaya disebut ....a. stetoskopb. hidrometerc. thermometerd. dinamometer5. Contoh kegiatan yang menunjukkkan bahwa gaya mempengaruhi bentuk benda .....a. bermain plastisinb. bermain kelerengc. bermain mobil-mobiland. bermain lompat tali6. Laju sepeda yang direm kecepatannya menjadi berkurang karena pengaruh ....a. gaya dorongb. gaya gravitasic. gaya tarikd. gaya gesek7. Sumber energi utama bagi bumi adalah ....a. panasb. anginc. mataharid. air8. Tubuh manusia memperoleh energi dari ....a. makananb. minumanc. minerald. vitamin9. Bara api, solder, dan setrika menghasilkan energi ....a. kimiab. gerakc. listrikd. panas10. Setiap benda yang mengeluarkan bunyi disebut ....a. energi bunyib. sumber bunyic. alat bunyid. asal bunyi11. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ....a. bergetarb. bergerakc. berpindahd. diam12. Banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik disebut ....a. amplitudob. peredam bunyic. resonansid. frekuensi13. Hewan yang dapat mendengar bunyi infrasonik adalah ....a. lumba-lumbab. kupu-kupuc. jangkrikd. kelelawar14. Bunyi yang getarannya lebih dari 20.000 getaran per detik disebut .....a. infrasonikb. ultrasonikc. audiosonikd. supersonik15. Kita dapat mendengar suara lonceng dari dalam kelas, karena bunyi merambat melalui ....a. jendelab. udarac. gentingd. lantai16. Bahan yang digunakan sebagai peredam bunyi adalah ....a. busab. besic. kacad. alumunium17. Energi yang ketersediannya di alam tidak terbatas jumlahnya disebut energi ....a. alamib. kimiac. listrikd. alternatif18. Negara yang terkenal menggunakan kincir angin sebagai energi alternatif adalah ....a. Amerikab. Belandac. Jermand. Inggris19. Contoh pemanfaatan energi alternatif adalah ....a. menggunakan alat pemanas air energi mataharib. menggunakan solar untuk bahan bakar mobilc. mengeringkan ikan asin dengan ovend. memasak dengan kompor minyak tanah20. Berikut yang merupakan kelebihan energi alternatif adalah .....a. memerlukan biaya mahalb. jumlahnya sangat terbatasc. tidak menimbulkan polusid. jumlahnya akan habis21. Layang-layang dapat terbang lama di udara karena ....a. panas mataharib. tekanan udarac. cahaya mataharid. gaya gravitasi22. Prinsip kerja alat musik biola adalah peubahan ....a. energi gerak menjadi energi bunyib. energi bunyi menjadi energi gerakc. energi gerak menjadi energi gerakd. energi bunyi menjadi energi bunyi23. Alat musik yang memanfaatkan getaran dawai adalah ....a. pianob. genderangc. gitard. flute24. Alat musik yang membunyikannya dengan cara ditiup adalah ....a. harmonika, saksofon, dan biolab. saksofon, biola, dan serulingc. seruling, terompet, dan biolad. seruling, terompet, dan harmonika25. Berikut ini yang merupakan kenampakan daratan adalah ....a. dataran tinggi, dataran rendah, dan lautb. dataran tinggi, dataran rendah, dan pantaic. dataran rendah, danau, dan lautd. dataran rendah, danau, dan sungai26. Perubahan siang dan malam disebabkan oleh ....a. gerakan mataharib. gerakan bintangc. perputaran bumid. perputaran bulan27. Bintang yang suhunya paling rendah berwarna ....a. merahb. putihc. birud. kuning28. Bintang tidak dapat kita lihat pada waktu siang hari adalah .... a. cahaya bintang padamb. cahaya bintang tertutup awanc. cahaya bintang lebih terang dibanding cahaya mataharid. cahaya bintang kalah terang dibanding cahaya matahari29.Bulan purnama terjadi ... kali pada satu bulan.a. satub. duac. tigad. empat30. Faktor yang menyebabkan perubahan lingkungan fisik adalah ....a. cahayab. awanc. angind. mendung31. Air hujan yang mengalir deras di permukaan tanah akan menghanyutkan ....a. pasirb. kerikilc. humusd. debu32. Pengikisan tanah yang disebabkan oleh angin disebut ....a. erosib. deflasic. abrasid. reboisasi33. Usaha yang dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi adalah ....a. membuat wadukb. membuat tambak udangc. melestarikan terumbu karangd. menanami tumbuhan bakau di tepi pantai34. Di bawah ini yang termasuk sumber daya alam non hayati adalah ....a. udara, air, tanah, dan tumbuhanb. udara, air, tanah, dan besic. udara, air, tanah, dan hewand. udara, tanah, air, dan rotan35. Penggunaan mesin modern di bidang pertanian bertujuan untuk ....a. menambah tenaga kerjab. meningkatkan biayac. meningkatkan hasild. menambah lapangan kerjaII. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!36. Botol minuman yang penyok karena ditekan adalah sebagai contoh bahwa sifat gaya dapat ....37. Nama lain energi panas adalah ....38. Makin dekat dengan sumber bunyi, maka bunyi yang terdengar semakin ....39. Bunyi pantul yang terdengar jelas setelah bunyi asli disebut ....40. Baling-baling dapat digerakkan menggunakan energi ....41. Dram adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ....42. Bentuk bulan akan terlihat penuh pada fase ....43. Nelayan berangkat ke laut dengan memanfaatkan angin ....44. Untuk mencegah erosi, tanah yang miring sebaiknya dibuat ....45. Salah satu contoh hasil laut yang berupa tumbuhan adalah ....III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!46. Sebutkan 3 contoh peristiwa bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda!47. Sebutkan 3 manfaat panas matahari yang digunakan secara langsung oleh manusia!48. Sebutkan 3 fase bulan!49. Sebutkan 3 faktor penyebab perubahan lingkungan fisik!50. Sebutkan 3 sumber daya alam laut yang berupa hewan!Adapun untuk melihat kunci jawaban, silakan cek di Kunci Jawaban UKK IPA Kelas 4 Semester 2.Demikian tentang Arsip Soal dan Kunci Jawaban UAS/UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 . Semoga bermanfaat.Cek juga: Soal Latihan UKK IPA SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 Semester 2 Tahun 2018
- Latihan Soal PTS SMP Semester 1 Lengkap!
Pada bagian air yang meresap dekat degan pemukaan tanah maka cairan ini akan diuapkan kembali tanaman yang di sebut evapotranspiration. Proses penguapan ini juga terjadi secara langsung pada air-air pada permukaan tanah yang berada pada keadaan terbuka. Air-air yang menguap ini pada akhirnya juga akan kembali menyentuh tanah dalam bentuk hujan.
3. Sumber Air Tanah
Menurut UNESCO perkiraan jumlah air tanah pada Bumi sebenarnya lebih besar pada bawah tanah dibandingkan di permukaannya. Sebanyak 98% dari seluruh jumlah air di Bumi tersembunyi dibawah permukaan tanah. Air-air tersebut terikt pada bebatuan dan bahan-bahan butiran yang berada di bawah tanah.
Pada dasarnya ada dua sumber air tanah, yaitu air hujan dan aliran air di permukaan tanah. Air hujan yang meresap ke dalam tanah melalui retakan pada deretan bebatuan atau pori-pori. Sementara sumber air tanah yang mengalir pada permukaan tanah melalui sungai, danau, rawa dan genangan air lainnya. Sumber air dipermukaan tanah ini kemudian meresap melalui lajur jenuh.
4. Jenis Air Tanah
Jenis air tanah yang dikelompokkan menjadi dua, berdasarkan letakknya pada permukaan bumi dan asalnya. Pada letaknya di permukaan bumi air tanah terbagi menjadi dua, yaitu Air Tanah Freatik dan Air Tanah Dalam atau Artesis. Air tanah freatik terletak pada permukaan bumi yang dangkal serta berada dilapisan kedap air atau impermeable. Contoh dari air tanah freatik adalah air sumur. Air dalam tanah atau artesis berada di antara lapisan akuifer yang berada pada lapisan bebatuan kedap air.
Air tanah yang berdasarkan pada asalnya terbagi menjadi tiga, yaitu Air Tanah Meteoroit Atau Vados, Air Tanah Baru Atau Juvenil, dan Air Konat. Air Tanah Meteoroit atau Vados berasal dari proses turunnya air dari atmosfer ke permukaan bumi (hujan) yang mengalami kondensasi bercampur dengan debu meteroit. Air Tanah Baru atau Juvenil terbentuk dari dalam bumi yang berasal dari magma atau bisa dilihat pada air panas dalm bentuk geyser. Sementara air konat adalah iar tanah yang terentuk pada kerena terjebak pada lapisan bebatuan purba.