Contoh Soal UTS IPA Kelas 6 SD/MI Semester 1 dan Kunci JawabanI. Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !1. Kulit yang berkerut pada gambar hewan di bawah ini berguna untuk ....A. melindungi diri dari musuhnya B. memperkuat bagian tubuh C. mengelabuhi musuh-musuhnyaD. memperluas permukaan tubuh2. Pertumbuhan dan perkembangan manusia melalui beberapa tahapan diantaranya masa remaja, masa ini terjadi ketika manusia berusia ... tahunA. 1 sampai dengan 5 B. 5 sampai dengan 10C. 10 sampai dengan 17 D. 17 sampai dengan 203. Perhatikan daftar perubahan perkembangan anak pada masa pubertas di bawah ini!1. Pinggul melebar2. Tumbuh jakun3. Payudara membesar4. Suara lebih berat5. Dada lebih bidangPada daftar di atas, perubahan sekunder pada laki-laki ditunjukkan oleh nomor ....A. 2, 4, dan 5 B. 2, 3, dan 4 C. 1, 2, dan 3 D. 3, 4, dan 54. Kelompok tumbuhan berikut yang berkembang biak dengan geragih adalah ....A. jahe, kunyit, dan alang-alang B. arbei, strowberi, dan rumput teki C. strowberi, bambu, dan rumput tekiD. arbei, kunyit, dan paku-pakuan5. Organ tubuh yang memproduksi sel telur adalah .... A. ovarium B. ovumC. rahim D. uterus6. Apabila kegiatan seperti gambar di bawah ini tidak dicegah maka pada musim kemarau akan mengakibatkan ....A. banjir B. erosiC. kekeringan D. kehujanan7. Bagian tumbuhan cendana yang digunakan untuk membuat parfum dan sabun adalah ....A. akar dan batang B. akar dan buahC. batang dan daun D. kulit dan bunga8. Hewan di bawah ini diburu manusia untuk diambil culanya yang digunakan untuk ....A. gagang senjata B. hiasan dinding C. membuat senjata D. bahan obat-obatan9. Kelompok hewan berikut yang sudah mendekati kepunahan adalah ....A. ular piton, ikan arwana, dan kera B. elang jawa, harimau sumatra, dan anoa C. ayam bekisar, burung perkutut, dan tapirD. kuda sumbawa, jalak bali, dan domba10. Kawasan yang digunakan untuk melindungi hewan dan tumbuhan langka yang hidup di dalamnya adalah ....A. suaka margasatwa B. kebun raya C. cagar alam D. kebun binatangII. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !11. Ketam kenari memiliki capit panjang dan kuat yang berfungsi untuk ....12. Tumbuhan mawar, putri malu, dan gadung dapat dikelompokkan berdasarkan ciri khusus sama yaitu ....13. Kulit mulai berkerut, tulang-tulang makin rapuh, otot makin lemah, dan rambut makin menipis terjadi pada saat manusia mengalami tahapan tertentu yaitu ....14. Tanda bahwa seorang perempuan telah memasuki masa pubertas adalah ....15. Cacing planaria berkembang biak dengan cara ....16. Peristiwa bertemunya sel sperma dan sel telur disebut ....17. Banyak orang menyukai burung jalak bali padahal keberadaan satwa tersebut sudah sangat memprihatinkan, apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan ....18. Kayu kamper, meranti, dan jati biasa digunakan manusia untuk ....19. Bagian tubuh burung surga yang biasa digunakan untuk hiasan topi adalah ....20. Habitat asli bunga Raflesia Arnoldi berasal dari daerah ....III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat !21. Bagaimanakah cara tumbuhan kantong semar menyerap nitrogen dari serangga ?22. Jelaskan cara menjaga kebersihan dan kesehatan ketika seorang wanita sedang menstruasi !23. Sebutkan aktifitas-aktifitas yang harus kita lakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem !24. Sebutkan tumbuhan-tumbuhan yang biasa dimanfaatkan untuk obat-obatan beserta manfaatnya !25. Sebutkan tiga alasan manusia memburu hewan-hewan langka !Kunci Jawaban UTS IPA Kelas VI Semester Ganjil/GasalI. Pilihan Ganda1. D 2. C 3. A 4. B 5. A 6. C7. A8. D9. B 10. CII. Esay11. mengupas kulit kelapa untuk dimakan daging buahnya12. memiliki duri pada batangnya13. masa tua14. menstruasi15. fragmentasi/memutuskan bagian tubuhnya untuk menjadi individu baru16. pembuahan17. burung jalak bali menjadi punah18. bahan bangunan19. bulunya20. BengkuluIII. Uraian21. Seranggga yang hinggap pada dinding kantong semar yang licin akan tergelincir dan jatuh pada cairan manis, kemudian oleh cairan tersebut akan dihancurkan dan diserap nitrogennya.22. Cara menjaga kebersihan dan kesehatan pada waktu menstruasi :a. menggunakan pembalut yang lembutb. membersihkan kemaluan cukup dengan air sajac. membersihkan kemaluan dari depan ke belakangd. tidak mengonsumsi makanan yang terlalu asine. banyak mengonsumsi buah atau jus buahf. ...23. Aktifitas-aktifitas yang harus kita lakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem :a. membuang sampah/limbah pada tempatnya/tidak membuang sampah/limbah sembarangan (sungai dan laut)b. melakukan sistem tebang pilih/tidak melakukan pembalakan liarc. melestarikan hewan dan tumbuhan /tidak melakukan perburuan liard. mencari pengganti pemanfaatan bagian tubuh hewan langka dengan hewan ternak atau bahan sintetise. menggunakan pupuk dan pestisida sesuai dosisf. ...24. Tumbuhan-tumbuhan yang biasa dimanfaatkan untuk obat-obatan beserta manfaatnya :a. pohon kina untuk obat malariab. daun jambu biji untuk obat diarec. kunyit untuk obat sakit perutd. lengkuas untuk obat panue. buah mengkudu untuk obat hipertensif. ...25. Tiga alasan manusia memburu hewan-hewan langka :a. harimau, buaya, dan ular diambil kulitnya untuk membuat jaket, tas, sepatu, atau sabukb. gajah diambil gadingnya untuk membuat gagang senjatac. rusa diambil tanduknya untuk hiasand. badak diambil culanya untuk bahan obat-obatane. ...Demikian contoh Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 1 dan Kunci Jawaban. Semoga bermanfaat
I. Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Kulit yang berkerut pada gambar hewan di bawah ini berguna untuk ....
A. melindungi diri dari musuhnya
B. memperkuat bagian tubuh
C. mengelabuhi musuh-musuhnya
D. memperluas permukaan tubuh
2. Pertumbuhan dan perkembangan manusia melalui beberapa tahapan diantaranya masa remaja, masa ini terjadi ketika manusia berusia ... tahun
A. 1 sampai dengan 5
B. 5 sampai dengan 10
C. 10 sampai dengan 17
D. 17 sampai dengan 20
3. Perhatikan daftar perubahan perkembangan anak pada masa pubertas di bawah ini!
1. Pinggul melebarPada daftar di atas, perubahan sekunder pada laki-laki ditunjukkan oleh nomor ....
2. Tumbuh jakun
3. Payudara membesar
4. Suara lebih berat
5. Dada lebih bidang
A. 2, 4, dan 5
B. 2, 3, dan 4
C. 1, 2, dan 3
D. 3, 4, dan 5
4. Kelompok tumbuhan berikut yang berkembang biak dengan geragih adalah ....
A. jahe, kunyit, dan alang-alang
B. arbei, strowberi, dan rumput teki
C. strowberi, bambu, dan rumput teki
D. arbei, kunyit, dan paku-pakuan
5. Organ tubuh yang memproduksi sel telur adalah ....
A. ovarium B. ovum
C. rahim
D. uterus
6. Apabila kegiatan seperti gambar di bawah ini tidak dicegah maka pada musim kemarau akan mengakibatkan ....
A. banjir
B. erosi
C. kekeringan
D. kehujanan
7. Bagian tumbuhan cendana yang digunakan untuk membuat parfum dan sabun adalah ....
A. akar dan batang
B. akar dan buah
C. batang dan daun
D. kulit dan bunga
8. Hewan di bawah ini diburu manusia untuk diambil culanya yang digunakan untuk ....
A. gagang senjata
B. hiasan dinding
C. membuat senjata
D. bahan obat-obatan
9. Kelompok hewan berikut yang sudah mendekati kepunahan adalah ....
A. ular piton, ikan arwana, dan kera
B. elang jawa, harimau sumatra, dan anoa
C. ayam bekisar, burung perkutut, dan tapir
D. kuda sumbawa, jalak bali, dan domba
10. Kawasan yang digunakan untuk melindungi hewan dan tumbuhan langka yang hidup di dalamnya adalah ....
A. suaka margasatwa
B. kebun raya
C. cagar alam
D. kebun binatang
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
11. Ketam kenari memiliki capit panjang dan kuat yang berfungsi untuk ....
12. Tumbuhan mawar, putri malu, dan gadung dapat dikelompokkan berdasarkan ciri khusus sama yaitu ....
13. Kulit mulai berkerut, tulang-tulang makin rapuh, otot makin lemah, dan rambut makin menipis terjadi pada saat manusia mengalami tahapan tertentu yaitu ....
14. Tanda bahwa seorang perempuan telah memasuki masa pubertas adalah ....
15. Cacing planaria berkembang biak dengan cara ....
16. Peristiwa bertemunya sel sperma dan sel telur disebut ....
17. Banyak orang menyukai burung jalak bali padahal keberadaan satwa tersebut sudah sangat memprihatinkan, apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan ....
18. Kayu kamper, meranti, dan jati biasa digunakan manusia untuk ....
Baca Juga
- Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas IV (Empat) Kurikulum 2013_KI dan KD kurikulum 2013 ini berdasarkan lampiran ke-5 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Dasar Pelajaran pada K13 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Download KI dan KD IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 sesuai Isi Lampiran kelima Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.I. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermainB. Kompetensi Dasar 3.1. Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya3.3. Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar3.5. Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran3.7. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannyaII. Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaB. Kompetensi Dasar4.1. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.4.3. Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.4.4. Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.4.7. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.4.8. Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
- Arsip Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 4 SD/MI Semester 2 _Soal dan kunci jawaban UKK IPA kelas empat semester dua ini bisa digunakan oleh kelas 4 tahun pelajaran 2017/2018 sebagai bahan latihan soal-soal dalam persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas (UKK) tahun 2018. Soal UKK ini terdiri dari: tiga puluh lima soal bentuk pilihan ganda, sepuluh soal esay, dan 5 soal jawab singkat. Dokar via http://www.kompasiana.com/ Arsip Soal UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 I. Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan atau D!1. Tarikan atau dorongan yang mempengaruhi keadaan suatu benda disebut ....a. gayab. gerakc. usahad. tenaga2. Mobil mogok akan bergerak jika didorong. hal ini gaya mempengaruhi ....a. bentuk suatu bendab. benda bergerak makin lambatc. benda diam menjadi bergerakd. benda bergerak makin cepat3. Semakin kuat bola ditendang, maka gerakan bola ....a. semakin lambatb. semakin cepatc. tidak terarahd. tidak berubah4. Alat yang digunakan untuk mengukur gaya disebut ....a. stetoskopb. hidrometerc. thermometerd. dinamometer5. Contoh kegiatan yang menunjukkkan bahwa gaya mempengaruhi bentuk benda .....a. bermain plastisinb. bermain kelerengc. bermain mobil-mobiland. bermain lompat tali6. Laju sepeda yang direm kecepatannya menjadi berkurang karena pengaruh ....a. gaya dorongb. gaya gravitasic. gaya tarikd. gaya gesek7. Sumber energi utama bagi bumi adalah ....a. panasb. anginc. mataharid. air8. Tubuh manusia memperoleh energi dari ....a. makananb. minumanc. minerald. vitamin9. Bara api, solder, dan setrika menghasilkan energi ....a. kimiab. gerakc. listrikd. panas10. Setiap benda yang mengeluarkan bunyi disebut ....a. energi bunyib. sumber bunyic. alat bunyid. asal bunyi11. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ....a. bergetarb. bergerakc. berpindahd. diam12. Banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik disebut ....a. amplitudob. peredam bunyic. resonansid. frekuensi13. Hewan yang dapat mendengar bunyi infrasonik adalah ....a. lumba-lumbab. kupu-kupuc. jangkrikd. kelelawar14. Bunyi yang getarannya lebih dari 20.000 getaran per detik disebut .....a. infrasonikb. ultrasonikc. audiosonikd. supersonik15. Kita dapat mendengar suara lonceng dari dalam kelas, karena bunyi merambat melalui ....a. jendelab. udarac. gentingd. lantai16. Bahan yang digunakan sebagai peredam bunyi adalah ....a. busab. besic. kacad. alumunium17. Energi yang ketersediannya di alam tidak terbatas jumlahnya disebut energi ....a. alamib. kimiac. listrikd. alternatif18. Negara yang terkenal menggunakan kincir angin sebagai energi alternatif adalah ....a. Amerikab. Belandac. Jermand. Inggris19. Contoh pemanfaatan energi alternatif adalah ....a. menggunakan alat pemanas air energi mataharib. menggunakan solar untuk bahan bakar mobilc. mengeringkan ikan asin dengan ovend. memasak dengan kompor minyak tanah20. Berikut yang merupakan kelebihan energi alternatif adalah .....a. memerlukan biaya mahalb. jumlahnya sangat terbatasc. tidak menimbulkan polusid. jumlahnya akan habis21. Layang-layang dapat terbang lama di udara karena ....a. panas mataharib. tekanan udarac. cahaya mataharid. gaya gravitasi22. Prinsip kerja alat musik biola adalah peubahan ....a. energi gerak menjadi energi bunyib. energi bunyi menjadi energi gerakc. energi gerak menjadi energi gerakd. energi bunyi menjadi energi bunyi23. Alat musik yang memanfaatkan getaran dawai adalah ....a. pianob. genderangc. gitard. flute24. Alat musik yang membunyikannya dengan cara ditiup adalah ....a. harmonika, saksofon, dan biolab. saksofon, biola, dan serulingc. seruling, terompet, dan biolad. seruling, terompet, dan harmonika25. Berikut ini yang merupakan kenampakan daratan adalah ....a. dataran tinggi, dataran rendah, dan lautb. dataran tinggi, dataran rendah, dan pantaic. dataran rendah, danau, dan lautd. dataran rendah, danau, dan sungai26. Perubahan siang dan malam disebabkan oleh ....a. gerakan mataharib. gerakan bintangc. perputaran bumid. perputaran bulan27. Bintang yang suhunya paling rendah berwarna ....a. merahb. putihc. birud. kuning28. Bintang tidak dapat kita lihat pada waktu siang hari adalah .... a. cahaya bintang padamb. cahaya bintang tertutup awanc. cahaya bintang lebih terang dibanding cahaya mataharid. cahaya bintang kalah terang dibanding cahaya matahari29.Bulan purnama terjadi ... kali pada satu bulan.a. satub. duac. tigad. empat30. Faktor yang menyebabkan perubahan lingkungan fisik adalah ....a. cahayab. awanc. angind. mendung31. Air hujan yang mengalir deras di permukaan tanah akan menghanyutkan ....a. pasirb. kerikilc. humusd. debu32. Pengikisan tanah yang disebabkan oleh angin disebut ....a. erosib. deflasic. abrasid. reboisasi33. Usaha yang dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi adalah ....a. membuat wadukb. membuat tambak udangc. melestarikan terumbu karangd. menanami tumbuhan bakau di tepi pantai34. Di bawah ini yang termasuk sumber daya alam non hayati adalah ....a. udara, air, tanah, dan tumbuhanb. udara, air, tanah, dan besic. udara, air, tanah, dan hewand. udara, tanah, air, dan rotan35. Penggunaan mesin modern di bidang pertanian bertujuan untuk ....a. menambah tenaga kerjab. meningkatkan biayac. meningkatkan hasild. menambah lapangan kerjaII. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!36. Botol minuman yang penyok karena ditekan adalah sebagai contoh bahwa sifat gaya dapat ....37. Nama lain energi panas adalah ....38. Makin dekat dengan sumber bunyi, maka bunyi yang terdengar semakin ....39. Bunyi pantul yang terdengar jelas setelah bunyi asli disebut ....40. Baling-baling dapat digerakkan menggunakan energi ....41. Dram adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ....42. Bentuk bulan akan terlihat penuh pada fase ....43. Nelayan berangkat ke laut dengan memanfaatkan angin ....44. Untuk mencegah erosi, tanah yang miring sebaiknya dibuat ....45. Salah satu contoh hasil laut yang berupa tumbuhan adalah ....III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!46. Sebutkan 3 contoh peristiwa bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda!47. Sebutkan 3 manfaat panas matahari yang digunakan secara langsung oleh manusia!48. Sebutkan 3 fase bulan!49. Sebutkan 3 faktor penyebab perubahan lingkungan fisik!50. Sebutkan 3 sumber daya alam laut yang berupa hewan!Adapun untuk melihat kunci jawaban, silakan cek di Kunci Jawaban UKK IPA Kelas 4 Semester 2.Demikian tentang Arsip Soal dan Kunci Jawaban UAS/UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 . Semoga bermanfaat.Cek juga: Soal Latihan UKK IPA SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 Semester 2 Tahun 2018
- Latihan Soal PTS SMP Semester 1 Lengkap!
20. Habitat asli bunga Raflesia Arnoldi berasal dari daerah ....
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat !
21. Bagaimanakah cara tumbuhan kantong semar menyerap nitrogen dari serangga ?
22. Jelaskan cara menjaga kebersihan dan kesehatan ketika seorang wanita sedang menstruasi !
23. Sebutkan aktifitas-aktifitas yang harus kita lakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem !
24. Sebutkan tumbuhan-tumbuhan yang biasa dimanfaatkan untuk obat-obatan beserta manfaatnya !
25. Sebutkan tiga alasan manusia memburu hewan-hewan langka !
Kunci Jawaban UTS IPA Kelas VI Semester Ganjil/Gasal
I. Pilihan Ganda
1. D
2. C
3. A
4. B
5. A
6. C
7. A
8. D
9. B
10. C
II. Esay
11. mengupas kulit kelapa untuk dimakan daging buahnya
12. memiliki duri pada batangnya
13. masa tua
14. menstruasi 15. fragmentasi/memutuskan bagian tubuhnya untuk menjadi individu baru
16. pembuahan
17. burung jalak bali menjadi punah
18. bahan bangunan
19. bulunya
20. Bengkulu
III. Uraian
21. Seranggga yang hinggap pada dinding kantong semar yang licin akan tergelincir dan jatuh pada cairan manis, kemudian oleh cairan tersebut akan dihancurkan dan diserap nitrogennya.
22. Cara menjaga kebersihan dan kesehatan pada waktu menstruasi :
a. menggunakan pembalut yang lembut
b. membersihkan kemaluan cukup dengan air saja
c. membersihkan kemaluan dari depan ke belakang
d. tidak mengonsumsi makanan yang terlalu asin
e. banyak mengonsumsi buah atau jus buah
f. ...
23. Aktifitas-aktifitas yang harus kita lakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem :
a. membuang sampah/limbah pada tempatnya/tidak membuang sampah/limbah sembarangan (sungai dan laut)
b. melakukan sistem tebang pilih/tidak melakukan pembalakan liar
c. melestarikan hewan dan tumbuhan /tidak melakukan perburuan liar
d. mencari pengganti pemanfaatan bagian tubuh hewan langka dengan hewan ternak atau bahan sintetis
e. menggunakan pupuk dan pestisida sesuai dosis
f. ...
24. Tumbuhan-tumbuhan yang biasa dimanfaatkan untuk obat-obatan beserta manfaatnya :
a. pohon kina untuk obat malaria
b. daun jambu biji untuk obat diare
c. kunyit untuk obat sakit perut
d. lengkuas untuk obat panu
e. buah mengkudu untuk obat hipertensi
f. ...
25. Tiga alasan manusia memburu hewan-hewan langka :
a. harimau, buaya, dan ular diambil kulitnya untuk membuat jaket, tas, sepatu, atau sabuk
b. gajah diambil gadingnya untuk membuat gagang senjata
c. rusa diambil tanduknya untuk hiasan
d. badak diambil culanya untuk bahan obat-obatan
e. ...
Demikian contoh Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 1 dan Kunci Jawaban. Semoga bermanfaat