KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermainKompetensi Dasar3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual3.3. Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan3.4. Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda3.5. Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan3.7. Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi3.8. Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi3.9. Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi3.10. Membanding-kan watak setiap tokoh pada teks fiksiKOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaKompetensi Dasar4.1. Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan4.2. Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan4.3. Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis4.4. Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif4.5. Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan4.6. Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri4.7. Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri4.8. Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri4.9. Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual4.10. Menyajikan hasil membanding-kan watak setiap tokoh pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visualDemikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pelajaran bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI. Semoga bermanfaat.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain
Kompetensi Dasar
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
3.3. Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
3.4. Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
3.5. Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
3.7. Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
3.8. Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
3.9. Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
3.10. Membanding-kan watak setiap tokoh pada teks fiksi
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
4.1. Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan
4.2. Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
4.3. Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
4.4. Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
4.5. Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan
4.6. Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
4.7. Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
4.8. Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri
4.9. Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.10. Menyajikan hasil membanding-kan watak setiap tokoh pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pelajaran bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI. Semoga bermanfaat.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain
Kompetensi Dasar
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
3.3. Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
3.4. Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
3.5. Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
3.7. Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
3.8. Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
3.9. Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
3.10. Membanding-kan watak setiap tokoh pada teks fiksi
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
4.1. Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan
4.2. Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
4.3. Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
4.4. Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
4.5. Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan
4.6. Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
4.7. Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
4.8. Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri
4.9. Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.10. Menyajikan hasil membanding-kan watak setiap tokoh pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pelajaran bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI. Semoga bermanfaat.