Soal IPA Kelas 5 SD Bab Organ Tubuh Manusia dan Hewan dan Kunci Jawaban
1. Proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida pada manusia dinamakan ….
a. Peredaran daran
b. Pencernaan
c. Pernapasan
d. Pembuangan
2. Organ pernapasan manusia yang berada dalam rongga dada adalah ….
a. Mulut
b. Hidung
c. Kerongkongan
d. Paru-paru
3. Pada proses pernapasan dada pada manusia ketika udara dihirup maka ….
a. Tulang rusuk terangkat dan rongga dada membesar
b. Tulang rusuk mengendur dan rongga dada membesar
c. Tulang rusuk terangkat dan rongga dada mengecil
d. Tulang rusuk mengendur dan rongga dada mengecil
4. Ikan bernapas dalam air mengunakan ….
a. Paru-paru
b. Trakea
c. Kulit
d. Insang
5. Katak dewasa bernapas dengan menggunakan ….
a. Paru-paru
b. Trakea
c. Kulit
d. Insang
6. Trakea adalah alat pernapasan yang digunakan oleh ….
a. Ikan
b. Manusia
c. Serangga
d. Katak
7. Pada saat terbang seekor burung menghirup udara sebanyak-banyaknya danmenyimpannya dalam ….
a. Trakea
b. Insang
c. Pundi-pundi udara
d. Paru-paru
8. Pencernaan mekanis terjadi di bagian ….
a. Mulut
b. Kerongkongan
c. Lambung
d. Usus halus
9. Organ pencernaan manusia yang pertama adalah ….
a. Hidung
b. Mulut
c. Kerongkongan
d. Lambung
10. Gerakan menarik makanan yang terjadi di kerongkongan dinamakan gerakan ….
a. Percernaan
b. Peristaltik
c. Hidrolik
d. Kimiawi
11. Gigi yang digunakan untuk memotong makanan adalah ….
a. Gigi susu
b. Gigi seri
c. Gigi geraham
d. Gigi taring
12. Bagian lidah untuk mengecap rasa manis adalah ….
a. Depan
b. Belakang
c. Samping
d. Pangkal
13. Enzim Pepsin dalam lambung berfungsi untuk …
a. Mengubah protein menjadi pepton
b. Mengubah protein menjadi gula
c. Mengubah gula menjadi glukosa
d. Membunuh kuman yang terbawa bersama makanan
14. Enzim amilase pada usus halus berfungsi untuk ….
a. Mengubah lemak menjadi asam lemak
b. Menghancurkan zat tepung menjadi gula
c. Mengubah protein menjadi asam amino
d. Mengubah protein menjadi pepton
15. Organ pencernaan tempat keluarnya sisa makanan adalah ….
a. Lambung
b. Mulut
c. Anus
d. Pantat
16. Gangguamn pencernaan pada manusia berupa sering buang air besar adalah ….
a. Diare
b. Leukimia
c. Maag
d. Radang usus buntu
17. Penyakit yang mempunyai gejala perut terasa perih dan mulas bila terlambat makan dan pada saat makan perut terasa sakit, kadang terasa mual, bahkan muntahadalah ….
a. Diare
b. Disentri
c. Maag
d. Anemia
18. Kekurangan vitamin A menyebabkan penyakit pada ….
a. Perut
b. Paru-paru
c. Mata
d. Mulut
19. Berikut ini yang tidak termasuk bagian dari jantung adalah ….
a. Serambi kanan
b. Bilik kanan
c. Bilik tengah
d. Bilik kiri
20. Antara serambi dan bilik jantung terdapat semacam pintu yang disebut dengan ….
a. Katup jantung
b. Serambi kanan
c. Serambi kiri
d. Pembuluh nadi
21. Pembuluh darah yang mengalirkan darah bersih dari jantung menuju ke seluruh tubuh adalah ….
a. Pembuluh kapiler
b. Pembuluh nadi
c. Pembuluh vena
d. Pembuluh balik
22. Peredaran darah dari jantung membawa karbondioksida menuju paru-paru untuk dilepaskan dan mengambil oksigen untuk dibawa ke jantung adalah proses dari ….
a. Peredaran darah besar
b. Peredaran darah kimiawi
c. Peredaran darah mekanis
d. Peredaran darah kecil
23. Alur peredaran darah besar yang benar adalah sebagai berikut ….
a. Jantung (bilik kiri) – seluruh tubuh – jantung (serambi kanan)
Baca Juga
- Latihan Soal PTS SMP Semester 1 Lengkap!
- Soal IPA Kelas 6 SD BAB Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Lingkungan Hidupnya dan Kunci Jawaban
- Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas IV (Empat) Kurikulum 2013_KI dan KD kurikulum 2013 ini berdasarkan lampiran ke-5 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Dasar Pelajaran pada K13 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Download KI dan KD IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 sesuai Isi Lampiran kelima Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.I. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermainB. Kompetensi Dasar 3.1. Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya3.3. Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar3.5. Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran3.7. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannyaII. Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaB. Kompetensi Dasar4.1. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.4.3. Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.4.4. Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.4.7. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.4.8. Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
b. Jantung (bilik kanan) – seluruh tubuh – jantung (serambi kanan)
c. Jantung (Serambi kiri) – seluruh tubuh – jantung (serambi kanan)
d. Jantung (bilik kiri) – paru-paru – jantung (serambi kanan)
24. Penyakit tekanan darah tinggi disebut ….
a. Anemia
b. Hemofilia
c. Leukimia
d. Hipertensi
25. Berikut adalah golongan darah yang dimiliki manusia adalah ….
a. A, B, C dan D
b. A, B, AB, dan K
c. A, B, AB, dan O
d. A, AB, O dan OB
Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :
Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan langsung ternilai secara online, silahkan dicoba :
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Organ tubuh pernapasan manusia terluar adalah ….
2. Manusia bernapas menghirup ….
3. Cacing bernapas melalui ….
4. Pernapasan pada manusia yang dibantu rongga dada dan diafragma dinamakan ….
5. Ikan mempunyai jumlah insang sebanyak …. pasang.
6. Pada saat masih berudu katak bernapas mengunakan ….
7. Percernaan kimia terjadi di dalam mulut, lambung dan usus halus yang dilakukan oleh ….
8. Bagian pangkal lidah peka dengan rasa ….
9. Pembuluh darah yang mengalirkan darah kotor dari seluruh tubuh menuju ke jantung adalah ….
10. Penyakit yang terjadi karena terlalu banyak memproduksi sel darah putih adalah ….
C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Sebutkan organ-organ pencernaan manusia secara urut!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Sebutkan bagian-bagian gigi beserta fungsinya!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Sebutkan enzim-enzim yang berada di usus halus beserta funsginya!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
4. Sebutkan tiga macam pembuluh pada peredaran darah manusia!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
5. Sebutkan gangguan-gangguan pada peredaran darah manusia!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :
Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan langsung ternilai secara online, silahkan dicoba :
KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN HARIAN KELAS 5 SD
IPA BAB ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN
A. JAWABAN
1. c. Pernapasan
2. d. Paru-paru
3. a. Tulang rusuk terangkat dan rongga dada membesar
4. d, Insang
5. a. Paru-paru
6. c. Serangga
7. c. Pundi-pundi udara
8. a. Mulut
9. b. Mulut
10. b. Peristaltik
11. c. Gigi seri
12. a. Depan
13. a. Mengubah protein menjadi pepton
14. b. Menghancurkan zat tepung menjadi gula
15. c. Anus
16. a. Diare
17. c. Maag
18. c. Mata
19. c. Bilik tengah
20. a. Katup Jantung
21. b. Pembuluh nadi
22. d. Peredaran darah kecil
23. a. Jantung (bilik kiri) – seluruh tubuh – jantung (serambi kanan)
24. d. Hipertensi
25. c. A, B, AB, dan O
B. JAWABAN
1. Hidung
2. Oksigen
3. Kulitnya
4. Pernapasan perut
5. 4
6. Insang
7. Enzim
8. Pahit
9. Pembuluh balik atau Vena
10. Leukimia
C. JAWABAN
1. Organ-organ pencernaan manusia secara urut adalah sebagai berikut :
– Mulut
– Kerongkongan
– Lambung
– Usus halus
– Usus besar
– Anus
2. Bagian-bagian gigi beserta fungsinya adalah sebagai berikut :
– Gigi seri untuk memotong makanan
– Gigi taring untuk mengoyak makanan
– Gigi geraham untuk mengunyah makanan
3. Enzim-enzim yang berada di usus halus beserta funsginya adalah sebagai berikut :
– Amilase, untuk menghancurkan zat tepung menjadi gula.
– Lipase, untuk mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak. Gliserol dan asam lemak dapat diserap oleh usus.
– Tripsin, untuk mengubah protein menjadi asam amino.
4. 3 macam pembuluh pada peredaran darah manusia adalah sebagai berikut :
– Pembuluh kapiler yaitu pembuluh yang sangat halus. Pembuluh kapilerdisebut juga pembuluh rambut. Pembuluh kapiler menghubungkan ujung pembuluh nadi terkecil dan pembuluh balik terkecil.
– Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh darah yang mengalirkan darah bersih dari jantung menuju ke seluruh tubuh.
– Pembuluh balik atau vena yaitu pembuluh darah yang mengalirkan darah kotor dari seluruh tubuh menuju ke jantung.
5. Gangguan-gangguan pada peredaran darah manusia adalah sebagai berikut :
– Anemia, penyakit kekurangan darah
– Leukimia, penyakit yang terjadi karena terlalu banyak memproduksi sel darah putih
– Hipertensi, penyakit tekanan darah tinggi.
– Hemofilia, penyakit darah sukar membeku