Pengertian zat/benda padat cair dan gas beserta contohnya, sifat-sifat benda cair, padat, dan gas, Sifat Fisika dan Kimia, Perubahan Fisika dan Kimia, Beserta Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari di Lingkungan Sekitar- Sahabat, maaf judulnya panjang banget soalnya biar lengkap sekalian, he he, untuk lebih jelasnya mari kita bahas materi tersebut yuk agar kita lebih paham tentang zat dan berbagai hal yang terkait. Sebenarnya kita setiap hari sudah menggunakan maupun berhubungan dengan berbagai jenis zat.Ok langsung saja simak pembahasan sebagai berikut :1. Pengertian zat/benda dan contohnya beserta sifat-sifatnyaZat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Berdasarkan wujudnya, zat dapat dikelompokkan atau dibedakan menjadi 3 jenis:a. Zat/benda padat1). Contoh zat padatContoh zat padat : batu, kayu, besi, baja, emas,perak,timah, tembaga, alumunium, dan sebaginya. Untuk membuktikan bahwa zat padat memiliki massa yakni dengan cara menimbang zat padat tersebut. Misalnya kita mengambil batu untuk ditimbang, dan tentunya batu tersebut mempunyai massa berat 1 kg. Kemudian batu tersebut masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi air, maka air dalam wadah tersebut akan tumpah atau permukaanya naik. Hal tersebut sebagai bukti bahwa zat padat mempunai massa dan menempati ruang.2). Sifat-Sifat Zat/Benda PadatZat padat mempunyai sifat bentuk dan volumenya tetap. Bentuknya tetap dikarenakan partikel-partikel pada zat padat saling berdekatan, tersusun teratur dan mempunyai gaya tarik-menarik antarpartikel sangat kuat. Volumenya tetap dikarenakan partikel pada zat padat dapat bergerak dan berputar pada kedudukannya saja. b. Zat/benda cair1). Contoh zat cairContoh zat cair : air, es batu, sirup, minyak sayur, minyak tanah, spritus, kecap, bensin, solar, dan lain-lain. Pembuktian tentang zat cair memiliki massa dan menempati ruang dapat dilakukan dengan cara menuangkan setengah gelas minyak sayur ke dalam gelas yang berisi lebih dari setengah gelas air dengan catatan ukuran gelasnya sama. Dengan percobaan tersebut maka airnya akan ada yang tumpah.2). Sifat-Sifat Zat/Benda Cair Zat cair mempunyai sifat bentuk berubah-ubah dan volumenya tetap. Bentuknya berubah-ubah dikarenakan partikel-partikel pada zat cair berdekatan tetapi renggang, tersusun tidak teratur, gaya tarik-menarik antarpartikel kurang kuat. Volumenya tetap dikarenakan partikel pada zat cair mudah berpindah tetapi tidak dapat meninggalkan kelompoknya. Bentuk benda cair mengikuti bentuk wadahnya. Misalnya jika air dituangkan ke dalam gelas maka bentuknya seperti gelas, dimasukkan botol juga bentuk air seperti botol, dan lain sebagainya. Bentuk permukaan benda cair yang diam atau tenang selalu datar. Sifat air yang permukaannya selalu datar ini juga dimanfaatkan oleh para tukang bangunan yakni penggunaan alat waterpass. Waterpass adalah alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata baik pengukuran secara vertikal maupun horizontal. Ada banyak jenis alat waterpass yang digunakan dalam pertukangan, tapi jenis yang paling sering dipergunakan adalah waterpass panjang 120 cm yang terbuat dari bahan kayu dengan tepi kuningan, dimana alat ini terdapat dua buah alat pengecek kedataran baik untuk vertikal maupun horizontal yang terbuat dari kaca dimana didalamnya terdapat gelembung cairan, dan pada posisi pinggir alat terdapat garisan pembagi yang dapat dipergunakan sebagai alat ukur panjang. Benda cair mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang rendah. Zat/Benda cair menekan ke segala arah Benda cair dapat meresap melalui celah-celah kecil atau yang dinamakan kapilaritas. Kapilaritas adalah fenomena naik atau turunnya permukaan zat cair dalam suatu pipa kapiler (pipa dengan luas penampang yang sempit). Dalam kegiatan/kejadian sehari-hari banyak yang memanfaatkan prinsip kapilaritas, misalnya peristiwa naiknya minyak tanah melalui sumbu kompor adalah peristiwa kapilaritas, pengisapan air dan unsur hara oleh tumbuhan melalui jaringan kapiler merupakan peristiwa kapilaritas, hal lainnya yaitu pengisapan air oleh kertas atau kain juga merupakan peristiwa kapilaritasc. Zat/benda gas1). Contoh benda gasContoh gas : udara, oksigen ( O2 ), karbon dioksida ( CO2 ), gas argon, dan sebagainya. Zat gas juga dapat menempati ruang dan memiliki massa. Buktikan hal ini dengan cara meniup 2 balon yang berukuran sama, kemudian yang satu kempeskan. Timbanglah 2 balon tersebut dengan alat sederhana yakni dengan memasang 2 balon tersebut dengan cara mengikatnya di dua ujung lidi, kemudian ikat lah lidi itu di bagian tengahnya pakai benang. gantung lah benang itu. Apa yang terjadi?yang terjadi adalah balon tidak kempes akan turun posisinya. Contoh lain : ambil lah dua tabung gas yang berukuran sama, dengan syarat 1 tabung berisi gas dan tabung yang satunya lagi kosong. Pegang lah tabung berisi dengan tangan kanan dan tangan kiri memegang tabung gas yang kosong ( atau sebaliknya ), kemudian angkat lah kedua tabung tersebut secara bersamaan. Apa yang terjadi atau yang Anda rasakan?2). Sifat-sifat Zat/Benda gasZat gas mempunyai sifat bentuk berubah-ubah dan volume berubah-ubah. Bentuknya berubah-ubah dikarenakan jarak antarpartikel pada zat gas berjauhan, tersusun tidak teratur, gaya tarik antarpartikel sangat lemah. Volumenya berubah- ubah dikarenakan susunan partikel pada zat gas tidak teratur dan gaya tarik-menarik antarpartikel sangat lemah sehingga dapat bergerak bebas meninggalkan kelompoknya. Benda gas dapat mengisi seluruh/memenuhi ruangan yang ditempatinya. Misalnya balon yang ditiup, ban sepeda yang dipompaBenda gas menekan ke segala arah. 2. Pengertian sifat zat fisika dan kimia beserta contohnyaa. Sifat fisikaSifat fisika adalah sifat fisik yang bisa diamati secara langsung. Contoh sifat fisika antara lain:batu itu keraskain dapat menyerap airkaret bisa meregangalumunium panas setelah dipanaskanbesi, tembaga dapat menghantarkan listrik ( konduktor )kayu kering tidak menghantarkan listrik ( isolator )b. Sifat kimiaSifat kimia adalah kemampuan zat dalam bereaksi dengan zat lain sehingga membentuk zat baru. Contoh sifat fisika antara lain:membusuk; contoh : daun, kayu, makanan yang membusuk. Benda yang membusuk tentunya sifatnya akan berbeda dengan sifatnya sebelum membusuk.terurai; contohnya sampah busuk dan terurai menjadi bahan barubereaksi; contoh: oksigen memudahkan pembakaranmerusak; contoh: air aki dapat merusak kulit dan pakaian3. Pengertian perubahan fisika dan kimia serta contohnyaa. Perubahan fisikaPerubahan fisika adalah perubahan zat yang tidak menghasilkan zat yang jenisnya baru. Contohnya antara lain :perubahan wujud; misalnya mencair/melebur, membeku, menguap, mengembun, menyublimperubahan bentuk; misalnya: beras digiling menjadi tepung, beras dimasak menjadi buburpemuaian; misalnya pemuaian pada rel kereta apimelarut; misalnya gula atau garam dilarutkan ke dalam air menjadi larutan gula atau larutan garamperubahan warna; misalnya besi dipanaskan menjadi besi berpijar berwarna kemerah-merahanb. Perubahan kimiaPerubahan kimia adalah perubahan zat yang menghasilkan zat yang jenisnya baru. Contohnya antara lain:pembakaran; misalnya kayu dan kertas dibakar menjadi abuperagian; misalnya kedelai diberi ragi menjadi tempe, ketela pohon/singkong rebus diberi ragi menjadi tapeperkaratan; misalnya besi berkaratpemuaian; misalnya kayu lapuk; sampah membusukDemikian tentang Pengertian Zat, Sifat Fisika dan Kimia, Perubahan Fisika dan Kimia, Beserta Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari di Lingkungan Sekitar. Semoga bermanfaat.
Ok langsung saja simak pembahasan sebagai berikut :
1. Pengertian zat/benda dan contohnya beserta sifat-sifatnya
Zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Berdasarkan wujudnya, zat dapat dikelompokkan atau dibedakan menjadi 3 jenis:
a. Zat/benda padat
1). Contoh zat padat Contoh zat padat : batu, kayu, besi, baja, emas,perak,timah, tembaga, alumunium, dan sebaginya.
Untuk membuktikan bahwa zat padat memiliki massa yakni dengan cara menimbang zat padat tersebut. Misalnya kita mengambil batu untuk ditimbang, dan tentunya batu tersebut mempunyai massa berat 1 kg. Kemudian batu tersebut masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi air, maka air dalam wadah tersebut akan tumpah atau permukaanya naik. Hal tersebut sebagai bukti bahwa zat padat mempunai massa dan menempati ruang.
2). Sifat-Sifat Zat/Benda Padat
Zat padat mempunyai sifat bentuk dan volumenya tetap. Bentuknya tetap dikarenakan partikel-partikel pada zat padat saling berdekatan, tersusun teratur dan mempunyai gaya tarik-menarik antarpartikel sangat kuat. Volumenya tetap dikarenakan partikel pada zat padat dapat bergerak dan berputar pada kedudukannya saja.
b. Zat/benda cair
1). Contoh zat cair
Contoh zat cair : air, es batu, sirup, minyak sayur, minyak tanah, spritus, kecap, bensin, solar, dan lain-lain. Pembuktian tentang zat cair memiliki massa dan menempati ruang dapat dilakukan dengan cara menuangkan setengah gelas minyak sayur ke dalam gelas yang berisi lebih dari setengah gelas air dengan catatan ukuran gelasnya sama. Dengan percobaan tersebut maka airnya akan ada yang tumpah.
2). Sifat-Sifat Zat/Benda Cair
Baca Juga
- Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas IV (Empat) Kurikulum 2013_KI dan KD kurikulum 2013 ini berdasarkan lampiran ke-5 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Dasar Pelajaran pada K13 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Download KI dan KD IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 sesuai Isi Lampiran kelima Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.I. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermainB. Kompetensi Dasar 3.1. Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya3.3. Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar3.5. Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran3.7. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannyaII. Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaB. Kompetensi Dasar4.1. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.4.3. Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.4.4. Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.4.7. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.4.8. Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
- Arsip Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 4 SD/MI Semester 2 _Soal dan kunci jawaban UKK IPA kelas empat semester dua ini bisa digunakan oleh kelas 4 tahun pelajaran 2017/2018 sebagai bahan latihan soal-soal dalam persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas (UKK) tahun 2018. Soal UKK ini terdiri dari: tiga puluh lima soal bentuk pilihan ganda, sepuluh soal esay, dan 5 soal jawab singkat. Dokar via http://www.kompasiana.com/ Arsip Soal UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 I. Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan atau D!1. Tarikan atau dorongan yang mempengaruhi keadaan suatu benda disebut ....a. gayab. gerakc. usahad. tenaga2. Mobil mogok akan bergerak jika didorong. hal ini gaya mempengaruhi ....a. bentuk suatu bendab. benda bergerak makin lambatc. benda diam menjadi bergerakd. benda bergerak makin cepat3. Semakin kuat bola ditendang, maka gerakan bola ....a. semakin lambatb. semakin cepatc. tidak terarahd. tidak berubah4. Alat yang digunakan untuk mengukur gaya disebut ....a. stetoskopb. hidrometerc. thermometerd. dinamometer5. Contoh kegiatan yang menunjukkkan bahwa gaya mempengaruhi bentuk benda .....a. bermain plastisinb. bermain kelerengc. bermain mobil-mobiland. bermain lompat tali6. Laju sepeda yang direm kecepatannya menjadi berkurang karena pengaruh ....a. gaya dorongb. gaya gravitasic. gaya tarikd. gaya gesek7. Sumber energi utama bagi bumi adalah ....a. panasb. anginc. mataharid. air8. Tubuh manusia memperoleh energi dari ....a. makananb. minumanc. minerald. vitamin9. Bara api, solder, dan setrika menghasilkan energi ....a. kimiab. gerakc. listrikd. panas10. Setiap benda yang mengeluarkan bunyi disebut ....a. energi bunyib. sumber bunyic. alat bunyid. asal bunyi11. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ....a. bergetarb. bergerakc. berpindahd. diam12. Banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik disebut ....a. amplitudob. peredam bunyic. resonansid. frekuensi13. Hewan yang dapat mendengar bunyi infrasonik adalah ....a. lumba-lumbab. kupu-kupuc. jangkrikd. kelelawar14. Bunyi yang getarannya lebih dari 20.000 getaran per detik disebut .....a. infrasonikb. ultrasonikc. audiosonikd. supersonik15. Kita dapat mendengar suara lonceng dari dalam kelas, karena bunyi merambat melalui ....a. jendelab. udarac. gentingd. lantai16. Bahan yang digunakan sebagai peredam bunyi adalah ....a. busab. besic. kacad. alumunium17. Energi yang ketersediannya di alam tidak terbatas jumlahnya disebut energi ....a. alamib. kimiac. listrikd. alternatif18. Negara yang terkenal menggunakan kincir angin sebagai energi alternatif adalah ....a. Amerikab. Belandac. Jermand. Inggris19. Contoh pemanfaatan energi alternatif adalah ....a. menggunakan alat pemanas air energi mataharib. menggunakan solar untuk bahan bakar mobilc. mengeringkan ikan asin dengan ovend. memasak dengan kompor minyak tanah20. Berikut yang merupakan kelebihan energi alternatif adalah .....a. memerlukan biaya mahalb. jumlahnya sangat terbatasc. tidak menimbulkan polusid. jumlahnya akan habis21. Layang-layang dapat terbang lama di udara karena ....a. panas mataharib. tekanan udarac. cahaya mataharid. gaya gravitasi22. Prinsip kerja alat musik biola adalah peubahan ....a. energi gerak menjadi energi bunyib. energi bunyi menjadi energi gerakc. energi gerak menjadi energi gerakd. energi bunyi menjadi energi bunyi23. Alat musik yang memanfaatkan getaran dawai adalah ....a. pianob. genderangc. gitard. flute24. Alat musik yang membunyikannya dengan cara ditiup adalah ....a. harmonika, saksofon, dan biolab. saksofon, biola, dan serulingc. seruling, terompet, dan biolad. seruling, terompet, dan harmonika25. Berikut ini yang merupakan kenampakan daratan adalah ....a. dataran tinggi, dataran rendah, dan lautb. dataran tinggi, dataran rendah, dan pantaic. dataran rendah, danau, dan lautd. dataran rendah, danau, dan sungai26. Perubahan siang dan malam disebabkan oleh ....a. gerakan mataharib. gerakan bintangc. perputaran bumid. perputaran bulan27. Bintang yang suhunya paling rendah berwarna ....a. merahb. putihc. birud. kuning28. Bintang tidak dapat kita lihat pada waktu siang hari adalah .... a. cahaya bintang padamb. cahaya bintang tertutup awanc. cahaya bintang lebih terang dibanding cahaya mataharid. cahaya bintang kalah terang dibanding cahaya matahari29.Bulan purnama terjadi ... kali pada satu bulan.a. satub. duac. tigad. empat30. Faktor yang menyebabkan perubahan lingkungan fisik adalah ....a. cahayab. awanc. angind. mendung31. Air hujan yang mengalir deras di permukaan tanah akan menghanyutkan ....a. pasirb. kerikilc. humusd. debu32. Pengikisan tanah yang disebabkan oleh angin disebut ....a. erosib. deflasic. abrasid. reboisasi33. Usaha yang dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi adalah ....a. membuat wadukb. membuat tambak udangc. melestarikan terumbu karangd. menanami tumbuhan bakau di tepi pantai34. Di bawah ini yang termasuk sumber daya alam non hayati adalah ....a. udara, air, tanah, dan tumbuhanb. udara, air, tanah, dan besic. udara, air, tanah, dan hewand. udara, tanah, air, dan rotan35. Penggunaan mesin modern di bidang pertanian bertujuan untuk ....a. menambah tenaga kerjab. meningkatkan biayac. meningkatkan hasild. menambah lapangan kerjaII. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!36. Botol minuman yang penyok karena ditekan adalah sebagai contoh bahwa sifat gaya dapat ....37. Nama lain energi panas adalah ....38. Makin dekat dengan sumber bunyi, maka bunyi yang terdengar semakin ....39. Bunyi pantul yang terdengar jelas setelah bunyi asli disebut ....40. Baling-baling dapat digerakkan menggunakan energi ....41. Dram adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ....42. Bentuk bulan akan terlihat penuh pada fase ....43. Nelayan berangkat ke laut dengan memanfaatkan angin ....44. Untuk mencegah erosi, tanah yang miring sebaiknya dibuat ....45. Salah satu contoh hasil laut yang berupa tumbuhan adalah ....III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!46. Sebutkan 3 contoh peristiwa bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda!47. Sebutkan 3 manfaat panas matahari yang digunakan secara langsung oleh manusia!48. Sebutkan 3 fase bulan!49. Sebutkan 3 faktor penyebab perubahan lingkungan fisik!50. Sebutkan 3 sumber daya alam laut yang berupa hewan!Adapun untuk melihat kunci jawaban, silakan cek di Kunci Jawaban UKK IPA Kelas 4 Semester 2.Demikian tentang Arsip Soal dan Kunci Jawaban UAS/UKK IPA Kelas 4 SD/MI Semester 2 . Semoga bermanfaat.Cek juga: Soal Latihan UKK IPA SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 Semester 2 Tahun 2018
- Latihan Soal PTS SMP Semester 1 Lengkap!
- Zat cair mempunyai sifat bentuk berubah-ubah dan volumenya tetap. Bentuknya berubah-ubah dikarenakan partikel-partikel pada zat cair berdekatan tetapi renggang, tersusun tidak teratur, gaya tarik-menarik antarpartikel kurang kuat. Volumenya tetap dikarenakan partikel pada zat cair mudah berpindah tetapi tidak dapat meninggalkan kelompoknya. Bentuk benda cair mengikuti bentuk wadahnya. Misalnya jika air dituangkan ke dalam gelas maka bentuknya seperti gelas, dimasukkan botol juga bentuk air seperti botol, dan lain sebagainya.
- Bentuk permukaan benda cair yang diam atau tenang selalu datar. Sifat air yang permukaannya selalu datar ini juga dimanfaatkan oleh para tukang bangunan yakni penggunaan alat waterpass. Waterpass adalah alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata baik pengukuran secara vertikal maupun horizontal. Ada banyak jenis alat waterpass yang digunakan dalam pertukangan, tapi jenis yang paling sering dipergunakan adalah waterpass panjang 120 cm yang terbuat dari bahan kayu dengan tepi kuningan, dimana alat ini terdapat dua buah alat pengecek kedataran baik untuk vertikal maupun horizontal yang terbuat dari kaca dimana didalamnya terdapat gelembung cairan, dan pada posisi pinggir alat terdapat garisan pembagi yang dapat dipergunakan sebagai alat ukur panjang.
- Benda cair mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang rendah.
- Zat/Benda cair menekan ke segala arah
- Benda cair dapat meresap melalui celah-celah kecil atau yang dinamakan kapilaritas. Kapilaritas adalah fenomena naik atau turunnya permukaan zat cair dalam suatu pipa kapiler (pipa dengan luas penampang yang sempit). Dalam kegiatan/kejadian sehari-hari banyak yang memanfaatkan prinsip kapilaritas, misalnya peristiwa naiknya minyak tanah melalui sumbu kompor adalah peristiwa kapilaritas, pengisapan air dan unsur hara oleh tumbuhan melalui jaringan kapiler merupakan peristiwa kapilaritas, hal lainnya yaitu pengisapan air oleh kertas atau kain juga merupakan peristiwa kapilaritas
1). Contoh benda gas
Contoh gas : udara, oksigen ( O2 ), karbon dioksida ( CO2 ), gas argon, dan sebagainya. Zat gas juga dapat menempati ruang dan memiliki massa. Buktikan hal ini dengan cara meniup 2 balon yang berukuran sama, kemudian yang satu kempeskan. Timbanglah 2 balon tersebut dengan alat sederhana yakni dengan memasang 2 balon tersebut dengan cara mengikatnya di dua ujung lidi, kemudian ikat lah lidi itu di bagian tengahnya pakai benang. gantung lah benang itu. Apa yang terjadi?yang terjadi adalah balon tidak kempes akan turun posisinya. Contoh lain : ambil lah dua tabung gas yang berukuran sama, dengan syarat 1 tabung berisi gas dan tabung yang satunya lagi kosong. Pegang lah tabung berisi dengan tangan kanan dan tangan kiri memegang tabung gas yang kosong ( atau sebaliknya ), kemudian angkat lah kedua tabung tersebut secara bersamaan. Apa yang terjadi atau yang Anda rasakan?
2). Sifat-sifat Zat/Benda gas
- Zat gas mempunyai sifat bentuk berubah-ubah dan volume berubah-ubah. Bentuknya berubah-ubah dikarenakan jarak antarpartikel pada zat gas berjauhan, tersusun tidak teratur, gaya tarik antarpartikel sangat lemah. Volumenya berubah- ubah dikarenakan susunan partikel pada zat gas tidak teratur dan gaya tarik-menarik antarpartikel sangat lemah sehingga dapat bergerak bebas meninggalkan kelompoknya.
- Benda gas dapat mengisi seluruh/memenuhi ruangan yang ditempatinya. Misalnya balon yang ditiup, ban sepeda yang dipompa
- Benda gas menekan ke segala arah.
a. Sifat fisika
Sifat fisika adalah sifat fisik yang bisa diamati secara langsung. Contoh sifat fisika antara lain:
- batu itu keras
- kain dapat menyerap air
- karet bisa meregang
- alumunium panas setelah dipanaskan
- besi, tembaga dapat menghantarkan listrik ( konduktor )
- kayu kering tidak menghantarkan listrik ( isolator )
Sifat kimia adalah kemampuan zat dalam bereaksi dengan zat lain sehingga membentuk zat baru. Contoh sifat fisika antara lain:
- membusuk; contoh : daun, kayu, makanan yang membusuk. Benda yang membusuk tentunya sifatnya akan berbeda dengan sifatnya sebelum membusuk.
- terurai; contohnya sampah busuk dan terurai menjadi bahan baru
- bereaksi; contoh: oksigen memudahkan pembakaran
- merusak; contoh: air aki dapat merusak kulit dan pakaian
a. Perubahan fisika
Perubahan fisika adalah perubahan zat yang tidak menghasilkan zat yang jenisnya baru. Contohnya antara lain :
- perubahan wujud; misalnya mencair/melebur, membeku, menguap, mengembun, menyublim
- perubahan bentuk; misalnya: beras digiling menjadi tepung, beras dimasak menjadi bubur
- pemuaian; misalnya pemuaian pada rel kereta api
- melarut; misalnya gula atau garam dilarutkan ke dalam air menjadi larutan gula atau larutan garam
- perubahan warna; misalnya besi dipanaskan menjadi besi berpijar berwarna kemerah-merahan
Perubahan kimia adalah perubahan zat yang menghasilkan zat yang jenisnya baru. Contohnya antara lain:
- pembakaran; misalnya kayu dan kertas dibakar menjadi abu
- peragian; misalnya kedelai diberi ragi menjadi tempe, ketela pohon/singkong rebus diberi ragi menjadi tape
- perkaratan; misalnya besi berkarat
- pemuaian; misalnya kayu lapuk; sampah membusuk