Ciri Khusus pada Tumbuhan/Tanaman Teratai dan Fungsinya- Teratai (Nymphaea) adalah nama genus untuk tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water-lily atau waterlily.Di Indonesia, teratai juga digunakan untuk menyebut tanaman dari genus Nelumbo (lotus). Pada zaman dulu, orang memang sering mencampuradukkan antara tanaman genus Nelumbo seperti seroja dengan genus Nymphaea (teratai). Pada Nelumbo, bunga terdapat di atas permukaan air (tidak mengapung), kelopak bersemu merah (teratai berwarna putih hingga kuning), daun berbentuk lingkaran penuh dan rimpangnya biasa dikonsumsi.Lima (5) ciri tumbuhan teratai dan fungsinya:1. Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai berongga yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Fungsi ciri khusus ini adalah memudahkan zat makanan yang diserap oleh akar ditransfer ke batang dan daun serta memudahkan transfer oksigen dari daun ke tangkai dan akar.2. Tumbuhan teratai memiliki batang berongga yang fungsinya sebagai tempat menyimpan oksigen untuk bernafas dan memudahkan teratai mengapung di air 3. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun yang berfungsi menjaga keseimbangan tanaman ini jika terkena goyangan ( walaupun teratai hidup di air yang tenang ), atau misal tumbuhan ini tenggelam maka daunnya akan dengan mudah menyembul lagi ke permukaan air. 4. Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar dan tipis yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Daun teratai yang bundar, lebar, dan tipis berfungsi memudahkan proses fotosintesis dan mengurangi penguapan.5. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.Spesies terataiTeratai terdiri dari sekitar 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropis hingga daerah subtropis seluruh dunia. Teratai yang tumbuh di daerah tropis berasal dari Mesir.Demikian tentang Ciri Khusus Teratai dan Fungsinya. Semoga bermanfaat
Di Indonesia, teratai juga digunakan untuk menyebut tanaman dari genus Nelumbo (lotus). Pada zaman dulu, orang memang sering mencampuradukkan antara tanaman genus Nelumbo seperti seroja dengan genus Nymphaea (teratai). Pada Nelumbo, bunga terdapat di atas permukaan air (tidak mengapung), kelopak bersemu merah (teratai berwarna putih hingga kuning), daun berbentuk lingkaran penuh dan rimpangnya biasa dikonsumsi.
Lima (5) ciri tumbuhan teratai dan fungsinya:
1. Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai berongga yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Fungsi ciri khusus ini adalah memudahkan zat makanan yang diserap oleh akar ditransfer ke batang dan daun serta memudahkan transfer oksigen dari daun ke tangkai dan akar.
2. Tumbuhan teratai memiliki batang berongga yang fungsinya sebagai tempat menyimpan oksigen untuk bernafas dan memudahkan teratai mengapung di air
3. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun yang berfungsi menjaga keseimbangan tanaman ini jika terkena goyangan ( walaupun teratai hidup di air yang tenang ), atau misal tumbuhan ini tenggelam maka daunnya akan dengan mudah menyembul lagi ke permukaan air.
Baca Juga
- Soal IPA Kelas 6 SD BAB Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Lingkungan Hidupnya dan Kunci Jawaban
- Soal IPA Kelas 5 SD Bab Organ Tubuh Manusia dan Hewan dan Kunci Jawaban
- Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas IV (Empat) Kurikulum 2013_KI dan KD kurikulum 2013 ini berdasarkan lampiran ke-5 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Dasar Pelajaran pada K13 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Download KI dan KD IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 sesuai Isi Lampiran kelima Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.I. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermainB. Kompetensi Dasar 3.1. Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya3.3. Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar3.5. Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran3.7. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannyaII. Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) dan Kompetensi DasarnyaA. Kompetensi Inti4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muliaB. Kompetensi Dasar4.1. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.4.3. Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.4.4. Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.4.7. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.4.8. Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.Demikian tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar IPA SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
5. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.
Spesies teratai
Teratai terdiri dari sekitar 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropis hingga daerah subtropis seluruh dunia. Teratai yang tumbuh di daerah tropis berasal dari Mesir.
Demikian tentang Ciri Khusus Teratai dan Fungsinya. Semoga bermanfaat